First Drive Honda Civic Turbo Sedan: Tak Hanya Kencang Sedan ini Juga Irit

12/09/2020

Mobil baru

7 menit

Share this post:
First Drive Honda Civic Turbo Sedan: Tak Hanya Kencang Sedan ini Juga Irit
Pada kesempatan kali ini, Cintamobil.com melakukan First Drive Honda Civic Turbo Sedan, sebuah sedan kencang namun irit dan asyik diajak plesiran ke luar kota

Honda Civic di Indonesia punya arti tersendiri bagi PT Honda Prospect Motor. Sebab, Civic merupakan salah satu produk yang dijagokan Honda Indonesia pada saat pertama kali berjualan di Tanah Air di tahun 1976. Dari mulai Civic CVCC atau lebih dikenal Civic 'koper', Civic Wonder, Grand Civic, Civic 'GenTilo' (Genio Estilo), Civic Ferio, Civic VTi, Civic FD, Civic FB, hingga Civic Turbo Sedan yang menjadi Civic generasi kesepuluh yang Cintamobil.com tes kali ini.

Foto bagian belakang Honda Civic Turbo Sedan

Honda Civic Turbo Sedan mengalami facelift di tahun 2019

Tak lupa, yang menjadi ciri khas dari produk-produk lansiran Honda selain fun to drive, adalah mesin yang kencang namun tetap irit BBM. Hal itu kami temui nyaris pada setiap mengetes produk Honda dari yang dulu hingga sekarang. Lantas, apakah Honda Civic Turbo model Sedan ini juga sama? Mari simak first drive Honda Civic Turbo Sedan ini hingga tuntas. 

Eksterior Elegan

Foto tampilan depan Honda Civic Turbo Sedan 2019

Eksterior depan lebih elegan

Sebelum membahas tentang rasa berkendara, izinkan kami mengulas sedikit bagian eksteriornya. Berbeda dengan saudaranya yang baru saja mendapat penyegaran di awal tahun 2020, Civic Turbo model Sedan ini tampil lebih 'kalem' dari Civic Turbo Hatchback RS. Kendati demikian, versi facelift yang kami gunakan ini tetap tampil elegan, contohnya pada bagian depan bumpernya yang dibuat lebih mewah dengan penambahan ornamen krom menyiku di atas housing foglamp.

Foto tampilan belakang Honda Civic Turbo Sedan 2019

Ujung knalpot ganda seakan menyiratkan performanya

Selebihnya sama saja dengan sebelum facelift, baik dari headlamp, tampilan samping, desain velg, hingga tarikan garis dan bagian buritan. Uniknya meski seluruh bohlam di bagian depan termasuk lampu kabut sudah full LED (Light Emitting Diode), namun pada lampu sein bagian belakang masih menganut jenis bohlam halogen biasa. Tapi, performa garang dari sedan medium ini seakan sudah tercuat dari luar, berkat penggunaan ujung knalpot ganda di bawah bumper belakang.

Posisi Duduk Rileks

Foto tombol pengatur kursi pengemudi Honda Civic Turbo Sedan 2019

Kursi diatur secara elektris

Kunci sudah menganut model smart key, jadi Anda tinggal kantungi saja kuncinya dan sentuh gagang pintu untuk membuka, serta tekan tombol berwarna hitam di gagang untuk mengunci. Kami pun masuk ke dalam kabin. Langsung terlihat bahwa Honda tidak mengubah layout dashboard Honda Civic Turbo Sedan ini. Kursi sudah dibalut kulit yang menambah kesan mewah, posisi duduk dapat diatur secara elektris ke delapan arah.

Foto kursi depan Honda Civic Turbo Sedan 2019

Posisi mengemudi ideal mudah dicapai

Satu hal yang kami suka dari Honda Civic Turbo Sedan ini adalah posisi duduk pengemudinya yang rileks dan ergonomis. Rasanya tak sulit menemukan posisi duduk ideal bagi postur tubuh seperti apapun. Hal tersebut dapat dicapai bukan hanya karena pengaturan kursinya fleksibel, namun posisi setir juga dapat diatur secara tilt and telescopic. Tidak ada komplain mengenai posisi duduk di mobil ini.

Akomodasi Cukup Lega

Foto kursi belakang Honda Civic Turbo Sedan 2019

Kursi belakang cukup nyaman

Jika posisi duduk kursi pengemudi nyaman, lantas bagaimana dengan penumpang dan bagasinya? Kursi penumpang depan juga dapat diatur secara elektris namun hanya enam arah saja. Sementara kursi belakang meski posisinya fixed, namun kerebahan sandarannya sudah cukup rileks, jadi penumpang belakang tidak merasa cepat lelah ketike menempuh perjalanan jauh. Bagasinya juga luas, tercatat kapasitas bagasi 427 liter dan jika kurang kursi belakang dapat dilipat 60:40.

Tenaga Mesin Berlimpah Namun Irit BBM

Foto emblem Earth Dreams Honda Civic Turbo Sedan 2019

Tenaga mesin lebih dari cukup untuk rute dalam dan luar kota

Honda Civic Turbo seakan tak terasa kehilangan tenaga di putaran mesin berapapun. Turbo lag memang terasa, tapi cukup minim, kemampuan akselerasinya yang baik membantu saat mobil diajak plesiran ke luar kota. Mendahului di jalur non tol juga terasa mudah, tak perlu sampai kickdown mobil sudah berhasil mendahului 3 sampai 5 mobil dalam sekali injakan gas bila kondisi lalu lintas aman. Di jalan tol? Jangan ditanya, speedometer mudah saja melewati angka 180 km/jam.

Foto posisi duduk pengemudi Honda Civic Turbo Sedan 2019

Mobil ini asyik dikemudikan

Mesin berkode L15B7 di Civic Sedan ini menggunakan sistem induksi udara paksa guna mendongkrak performanya. Tak heran, tenaga sebesar 173 PS atau sekitar 171,5 Hp serta torsi 220 NM mudah saja dimuntahkan oleh mesin ini. Hebatnya, meski tekanan turbocharged yang mencapai 1,14 bar tergolong tinggi untuk sebuah mesin harian, namun diklaim mesin ini tetap mampu mengkonsumsi bensin beroktan rendah, bahkan jika terpaksa ia mampu menenggak BBM yang setara premium (RON 88).

Foto tombol cruise control Honda Civic Turbo Sedan 2019

Tersedia fitur cruise control dan paddle shift

Tenaga dan torsi yang besar tidak serta merta menciderai konsumsi BBM mobil ini. Bahkan menjadi hal yang dapat dibanggakan pada Honda Civic Turbo model Sedan ini. Di kepadatan dalam kota ia dengan percaya diri mampu mencatat angka 12,5 kilometer per liter pada sampel kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan saat melaju di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam satu liter BBM oktan 92 yang kami isi mampu membawanya sejauh 19,8 kilometer. Jelas angka yang fantastis untuk sedan yang akselerasi 0-100 nya dikisaran 7,8 detik saja.

Handling Mantab

Foto ban dan velg Honda Civic Turbo Sedan 2019

Cengkraman ban terasa baik

Sektor pengendalian juga menjadi salah satu kelebihan utama mobil-mobil keluaran Honda tak terkecuali Civic Turbo Sedan ini. Setir yang tajam akan memudahkan Anda mengendalikan mobil di tikungan. Meski ia menggunakan electronic power steering yang kurang menunjang feedback kemudi, tapi di Honda Civic Turbo Sedan ini Anda masih dapat merasakan permukaan jalan dengan cukup baik dari setir. Apalagi ia mengusung ban Bridgestone Turanza berukuran 215/50 R17 yang punya grip dan traksi mumpuni. Sayangnya, untuk ukuran mobil seharga Rp 533 jutaan, road noise masih seikit menyusup ke kabin.

Kesimpulan

Foto ilustrasi kesimpulan first drive Honda Civic Turbo Sedan 2019

Ia layak untuk dimiliki sebab...

Bila Anda mencari sebuah sedan yang nikmat dikendarai sehari-hari maupun menemani perjalanan Anda ke luar kota, maka Honda Civic Turbo Sedan adalah mobil yang pas untuk Anda miliki. Didukung dengan nama besar Honda di Tanah Air membuat Anda tak perlu risau dalam hal layanan purna jual, belum lagi resale value produk Honda yang punya kredibilitas baik di mata pedagang mobil bekas. Civic mampu memadukan kenyamanan dengan keasyikan mengemudi yang pas.

>>> Civic model sedan sudah ini model hatchbacknya

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Kencang Serta Irit, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Turbo Sedan

04/09/2020

Jual beli

5 menit

Sedan lansiran PT Honda Prospect Motor ini cukup menggemparkan di awal kemunculannya tahun 2016 silam, inilah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Turbo Sedan

Lihat juga

Tips Honda Civic Turbo: Jangan Asal Ngebut, Sesuaikan Tekanan Ban!

05/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Punya mobil Honda Civic Turbo memang menyenangkan, mesinnya kencang dan juga irit, tapi jangan asal ngebut ya, simak tips Honda Civic Turbo berikut ini dulu...

Lihat juga

Honda Civic Turbo Jadi Official Car ISSOM 2020

31/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Honda Civic Hatchback RS Turbo & Honda Civic Turbo Sedan dipersembahkan Honda Indonesia sebagai official car Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2020

Lihat juga

Keluarga RS Honda Semakin Lengkap Dengan Kehadiran Honda Civic Turbo Hatchback RS 2020

06/02/2020

Mobil baru

3 menit

Bertempat di Atrium Mall Kota Kasablanka, Honda Civic Hatchback RS Meluncur Di Indonesia Hari ini. Persis seperti prediksi Tim Cintamobil

Lihat juga

First Drive New Honda Civic Hatchback RS, Mempertegas Karakter Sporty Civic Semakin Seksi

26/02/2020

Mobil baru

5 menit

Lahir dengan garis tangan sporty, Honda Civic Hatchback RS meneruskan warisan karakter sporty khas Honda sejak 1976 dengan tampilan yang disebut semakin seksi

Lihat juga