First Drive Ford Ranger 3.2 XL 2021: Pekerja Berotot

23/03/2021

Mobil baru

5 menit

Setelah mencoba versi tertingginya Ford Ranger tipe XLT kini saatnya tester Cintamobil.com lompat ke balik kemudi versi pekerjanya yaitu Ford Ranger 3.2 XL 2021

Didaulat sebagai mobil pekerja keras, Ford Ranger 3.2 XL 2021 ini bisa dibilang berpotensi untuk mengungguli para rival-rival di kelasnya. Berbekal mesin berkapasitas besar, model gagah, dan fitur esensial yang diusung mampukah mobil ini merebut hati para pengusaha pertambangan untuk menjadikan mobil ini partner usaha mereka? Mari cari tahu lebih dalam dengan menyimak tes jalan yang dilakukan tim Cintamobil.com terhadap mobil ini.

Foto tampilan depan Ford Ranger 3.2 XL 2021

Cocok sebagai mobil pekerja di pertambangan?

Kenyamanan Kabin Terbaik Di Kelasnya

Meskipun berada di trim XL, yang mana satu tingkat lebih tinggi dari tipe Base namun masih di bawah trim XLT, tetapi Ford Ranger tipe XL ini tetap menyuguhkan kenyamanan kabin yang terbaik di kelasnya. Kursi mobil ini mampu menopang tubuh dengan baik, meski tak dilengkapi dengan height adjuster tapi ia menggunakan bahan jok yang mudah dibersihkan dan tetap durabel yang sangat cocok sebagai mobil pekerja.

Foto kursi pengemudi dan penumpang depan Ford Ranger 3.2 XL 2021

Posisi duduk tinggi dan commanding

Duduk di kursi belakang juga aman, karena bukan hanya tersedia headrest yang proper dan bisa diatur tinggi-rendahnya untuk tiga orang dewasa yang duduk di belakang. Tetapi kursi ini juga dilengkapi dengan seatbelt 3 titik yang mampu melindungi penumpang agar tidak terlempar keluar maupun mengalami benturan yang tak diinginkan saat terjadi kecelakaan.

Foto kursi penumpang belakang Ford Ranger 3.2 XL 2021

Duduk di belakang juga tak kalah nyaman

Peredaman mobil ini tergolong baik, hal itu bisa kami ketahui setelah mendengar deruman mesin 5-silinder 3.200 cc di balik kap mesin mobil ini yang terdengar tidak se-senyap unit mesin 2.200 cc yang dipakai Ranger XLT. Meski demikian, vibrasi yang dihasilkan sedikit lebih baik dari unit 2.200 cc, hal ini lantaran jumlah piston yang lebih banyak membuat getaran mesin jadi lebih halus.

Nyaman & Stabil

Kenyamanan Ford Ranger varian 3.2 tipe XL lansiran 2021 ini semakin terasa ketika mobil dijalankan, pedal kopling ringan saat diinjak ditambah pergerakan tuas transmisi yang presisi membuatnya makin nikmat saat dikemudikan. Terlebih saat melewati permukaan jalan yang tidak rata bantingan suspensi mobil ini terasa nyaman namun tetap mampu memberikan kepercayaan diri karena terasa stabil saat dikecepatan tinggi.

Foto kaki-kaki Ford Ranger 3.2 XL 2021

Meski mengusung kaki-kaki belakang solid axle tapi bantingannya tetap nyaman

Kelembutan 'bantingan' suspensi ini jelas menguntungkan bagi pengemudi maupun penumpang yang berada di kabin Ford Ranger XL ini, karena saat melewati jalan yang tidak rata Anda tak akan merasa mual berlebihan sebab perut tidak akan terasa dikocok-kocok. Tapi memang, lembutnya bantingan suspensi ini akan sedikit bermasalah apabila Anda membawa barang yang berat di bak angkut belakang, karena lebih mudah mentok stopper.

>>> First Drive Ford Ranger 2.2 XLT 2021: Mobil Pekerja yang Mewah

Respon Mesin Baik

Foto mesin Ford Ranger 3.2 XL 2021

Respon mesin terasa baik dan memudahkan proses overtaking

Salah satu hal yang kami suka dari Ford Ranger 3.2 XL 2021 ini adalah respon mesinnya yang baik. 'Nafas' pendek-pendek khas mobil dengan pembakaran tanpa busi alias diesel mampu dieliminasi dengan penggunaan transmisi berjumlah rasio 6-percepatan yang rasionya pas. Sayangnya, karena keterbatasan waktu pengetesan kami belum sempat tes akselerasi mobil ini secara proper dengan alat ukur yang kami miliki. Demikian juga dengan konsumsi BBMnya. Dan putaran setir di mobil ini lebih berat karena tak menggunakan Electronic Power Steering (EPS) seperti di trim XLT.

Kekurangan Ford Ranger Varian 3.2 Tipe XL

Foto layout dashboard Ford Ranger 3.2 XL 2021

Suara audio baik sayang tak bisa diatur dari setir

Beberapa kekurangan Ford Ranger trim XL ini antara lain adalah tampilan yang terlalu sederhana bila dibandingkan dengan trim di atasnya yakni XLT. Seharusnya Ford memberikan velg alloy yang lebih menarik dilihat ketimbang velg besi. Lalu, meski kualitas reproduksi suara audionya baik tapi tidak adanya tombol pengaturan audio di setir agak menyulitkan ketika hendak mengganti 'track' atau saluran radio.

Kesimpulan

Foto tampilan Ford Ranger 3.2 XL 2021

Sayang, saat ini stok varian bermesin 3.200 cc ini sudah habis

Bila Anda adalah pemilik usaha pertambangan yang hendak tampil beda, kami cukup menyarankan Anda untuk menggunakan Ford Ranger 3.2 XL 2021 ini sebagai mobil operasional Anda. Postur besar nan gagah dipadu dengan mesin bongsor membuat performa mobil ini di trek pertambangan tentunya tak perlu diragukan. Tapi Anda harus ingat, jaringan servis merek ini tidak sekuat rivalnya asal Jepang. Tapi jangan khawatir, durabilitas Ford soal mobil tangguh nyaris tak terbantahkan.

>>> Mau beli Ford Ranger bekas? Cari mobilnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Ford Ranger tipe XL varian 3.200 cc ini?
Harga mobil ini Rp 466.500.000
Siapa rival mobil ini?
Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Isuzu D-MAX, Mazda BT-50
Di mana dealer ford di wilayah Jabodetabek?
Diler Ford dan Mahindra Jabodetabek ada di Bintaro Jaya Sektor 7, Jalan Boulevard Raya CBD, Pondok Jaya, Pondok Aren, Pd. Pucung, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15220

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top