First Drive Ford Ranger 2.2 XLT 2021: Mobil Pekerja yang Mewah

17/03/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive Ford Ranger 2.2 XLT 2021: Mobil Pekerja yang Mewah
Ford Ranger 2.2 XLT 2021 ini layak disebut mobil pekerja dengan kemewahan maksimum, ketangguhannya tak mengurangi kenyamanannya, seperti apa rasanya mobil ini?

Kami mendapat kesempatan istimewa dari RMA Indonesia selaku agen pemegang merek dagang Ford dan Mahindra di Indonesia untuk mencicipi Ford Ranger 2.2 XLT 2021. Mobil ini menjadi salah satu andalan Ford untuk bertarung di kelas pick-up double cabin di Tanah Air. Tim tester Cintamobil.com pun lompat ke balik kemudi untuk merasakan impresi mengemudi pick-up yang satu ini. Apakah ia layak menjadi mobil pekerja yang mewah dan nyaman? Simak terus ulasannya.

Bantingan Suspensi Nyaman!

Oke, kunci Ford Ranger trim XLT lansiran 2021 yang bermodel flip key sudah ada di tangan kami, kini saatnya masuk ke kabin dan memutar kunci kontak untuk menyalakan mesin. Kami cukup terkesima dengan mesin Duratorq 'Puma' dengan kode ZSD-422 ini karena suaranya halus dan minim getaran bahkan saat pintu dalam kondisi terbuka, saat pintu kami tutup suara tersebut terasa lebih halus lagi.

Foto setir Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Power steering elektris satu-satunya di kelasnya

Saat mobil dijalankan, kami lebih kagum lagi terutama dengan kenyamanan suspensi yang disajikan oleh mobil ini. Rasanya seperti lupa sedang mengemudikan sebuah kendaraan pick up double cabin dengan dimensi panjang nyaris 5,5 meter. Putaran setir ringan berkat penerapan Electronic Power Steering alias EPS yang jadi satu-satunya di kelasnya dikombinasi dengan bantingan suspensi yang nyaman membuatnya serasa naik sedan.

Foto tampak belakang Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Bantingan suspensi lembut untuk sebuah mobil double cabin

Ya, kami tidak hiperbola, memang hal tersebut yang kami rasakan saat tes jalan mobil ini. Di antara para rivalnya seperti Toyota Hilux bahkan Mitsubishi Triton kami merasa bahwa Ford Ranger bermesin 2.200 cc tipe XLT ini memiliki bantingan suspensi yang terbaik di kelasnya. Saat dipacu dengan kecepatan tinggi ia mampu memberikan stabilitas yang mantap, tapi tak membuat perut mual ketika melewati permukaan jalan tidak rata atau bahkan rusak. Sayangnya karena keterbatasan waktu yang diberikan kami belum sempat membawanya turun di trek off-road seperti halnya habitat asli mobil ini.

Fitur Lengkap

Citra Ford sebagai mobil yang mampu menyenangkan pemiliknya dengan fitur melimpah juga dipertahankan oleh Ford Ranger XLT 2021 ini. Ada beberapa fitur yang memudahkan dan menghibur pengendara mobil ini disematkan pada Ranger trim XLT ini. Seperti panel instrumen dan MID (Multi Information Display) yang diusung Ford Ranger XLT 2021 yang menurut kami jadi yang tercanggih dan terbaik di kelasnya.

Foto panel instrumen Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Panel instrumen jadi salah satu yang tercanggih di kelasnya

Sebab semua rivalnya tak ada yang punya informasi selengkap ini di panel instrumennya. Kita mulai dari layar LCD di sebelah kiri yang mampu menampilkan informasi seputar audio hingga bluetooth telephone. Sementara untuk LCD sebelah kanan berfungsi untuk menampilkan informasi seputar mobil, seperti jarak tempuh, info konsumsi BBM, hingga putaran mesin.

Foto head unit Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Konektivitas terbatas tapi suara audio terdengar baik

Belum lagi untuk audio yang diusung. Tata suara yang dihasilkan oleh sistem audionya terasa mengagumkan untuk sebuah mobil double cabin. Reproduksi suara yang keluar dari empat speaker plus, satu mid bass, dan sepasang tweeternya terasa kuat di semua frekuensi suara. Memang untuk infotaiment system, Ford Ranger 2.2 XLT 2021 ini masih agak ketinggalan zaman dari rival-rivalnya. Karena belum bisa terkoneksi konektivitas kekinian seperti Apple CarPlay dan Android Auto. 

Tenaga Mesin Cukup

Kendati kapasitas mesinnya hanya 2.200 cc alias defisit antara 200 hingga 300 cc dibandingkan para pesaingnya di kelas ini, tapi ia mampu memberikan performa yang memadai. Tak perlu menunggu waktu lama untuk mencapai kecepatan jelajah di 80 hingga 100 km/jam. Respon perpindahan gigi dari transmisi otomatis 6-percerpatan yang diusungnya juga cukup sigap.

Foto mesin Ford Ranger 2.200 cc

Mesin bertenaga 160 PS dan torsi 385 NM

Sayangnya, lagi-lagi karena keterbatasan waktu yang diberikan saat pengetesan kami tak sempat mengukur seberapa cepat ia berlari dengan alat Racelogic milik kami dan tentu konsumsi BBM-nya. Tapi merasakan mesinnya yang cukup effortless saat menggerakkan mobil dari diam, kami menduga jika konsumsi BBM di Ford Ranger XLT 2021 ini akan cukup hemat BBM terutama di rute dalam kota.

>>> Simak juga rasa mengemudi rival Ford Ranger ini dari kubu Jepang

Kekurangan Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Foto tampilan depan Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Harga jadi salah satu kekurangan mobil ini

Harga on-the road DKI Jakarta yang mencapai Rp 585.000.000 jadi salah satu kekurangan mobil ini. Ia dibanderol lebih mahal hampir Rp 100 juta dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya. Lalu jaringan servis Ford yang belum sekuat rival-rivalnya juga jadi penghalang mobil ini jadi yang terbaik di kelasnya. Belum lagi varian Ranger RAPTOR dan trim WILDTRACK tidak masuk Indonesia membuat pilihan konsumen akan mobil ini menjadi terbatas.

Kesimpulan

Foto Tes Jalan Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Jika Anda mencari mobil double cabin yang nyaman dan mewah ini mobilnya

Ford Ranger 2.2 XLT 2021 ini sangat layak untuk Anda miliki bagi Anda yang mencari pick-up double cabin mewah dan nyaman. Kendati demikian Anda harus rela keluar kocek lebih tebal untuk memboyongnya ke garasi Anda. Tetapi, meski harganya jadi yang termahal di antara para rivalnya sesama mobil double cabin yang dijual di Indonesia, ia jadi yang paling canggih. Bahkan sudah mengadopsi EPS, sementara rival lainnya masih Hydraulic Power Steering. Berminat?

>>> Ford Ranger baru kemahalan? Kenapa tidak coba lirik bekasnya di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top