First Drive Daihatsu Rocky 1.2L X Manual 2021: (Potensi) Lebih Irit Dari Turbo

06/10/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kali ini kami mendapatkan kesempatan istimewa dari PT Astra Daihatsu Motor untuk melakukan First Drive Daihatsu Rocky 1.2L X Manual 2021, seperti apa rasanya?

Kami kembali diberikan kesempatan istimewa oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mencoba langsung Daihatsu Rocky 1.2L di trek Research & Development (R&D) Test Course milik Daihatsu Indonesia yang terletak di bilangan Karawang Assembly Plant (KAP), Karawang Timur, Kabupaten Bekasi Selasa (5/10) lalu.

Tampilan Tak Kalah Memikat

Tentu sebelum membahas mengenai performa mesin mobil ini, ada baiknya kita highlight dulu sedikit mengenai tampilan eksteriornya. Mobil Daihatsu Rocky 1.2L yang kami tes ini adalah tipe X ADS (Astra Daihatsu Styling) varian bertransmisi manual 5-percepatan.

Daihatsu Rocky 1.2L X ADS CVT 2021

Eksterior tetap memikat, apalagi di tipe X ADS ini

Trim ADS ini ada beberapa perbedaan bila dibandingkan dengan non ADS. Di Rocky ADS mendapat sentuhan body kit 'ringan', seperti aksen merah pada grille serta housing berkelir silver yang menambah kesan sporty, lalu ada underguard yang warnanya senada dengan housing grille tadi.

Tampilan eksterior belakang Daihatsu Rocky 1.2L X ADS 2021

Tampilan eksterior mudah diterima orang Indonesia

Beralih ke bagian samping, Anda bisa lihat masih terdapat overfender di sepatbor depan dan belakang seperti di varian bermesin turbo. Demikian pula dengan door guard plastik berwarna hitam yang menambah kesan macho dari mobil, untuk bagian belakangnya sama saja seperti versi turbo. Ia tetap tak kalah memikat. 

Getaran Mesin Minimal

Tampilan hanya berbeda sedikit dibandingkan versi mahalnya, namun apa yang ada di balik kap mesin sama sekali berbeda. Bila Rocky 1.0 Turbo tipe R mengusung mesin 3-silinder 1.000 cc turbo berkode 1KR-VET, maka Rocky 1.2L menggendong unit berkode WA-VE berkonvigurasi 3-silinder 1.200 cc naturally aspirated.

Mesin WA-VE Daihatsu Rocky 1.2L

Getaran mesin yang minim membuat kami takjub

Mesin WA-VE ini adalah mesin yang total baru dan hasil buah karya pengembangan tim R&D PT ADM berkerja sama dengan para engineer di Jepang. Di atas kertas ia punya output tenaga 88,4 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi 11,5 Kgm di 4.500 rpm.

Mesin WA-VE Daihatsu tanpa balancer shaft

Tanpa balancer di crankshaft membuat bobot mesin kian ringan

Ada banyak sekali hal baru pada mesin ini, terutama yang berhubungan dengan peredaman getaran mesin. Seperti, ia dirancang tanpa balancer shaft namun fokus pada hal lain, seperti bobot piston yang dibuat lebih ringan dan dilapis campuran khusus agar minim friksi. Dan ada sejumlah kecanggihan lainnya yang telah kami bahas di sini.

Dual Port Injection WA-VE Daihatsu Rocky 1.2L

Piston ringan dikombinasi dengan Dual Port Injection bikin pembakaran kian sempurna

Alhasil getaran mesin saat idle menjadi sangat minimal, bahkan ketika Anda berada di luar namun dekat mobil sekalipun. Kalau dibandingkan dengan mesin 4-silinder lainnya, Anda tak akan menyangka bila tidak diberi tahu jika mesin Rocky ini menganut jumlah silinder ganjil (3-silinder).

Daihatsu Rocky 1.2L X ADS Manual 2021

Dari luar mobil Anda pun suara mesinnya halus plus minim getaran

Enggak sampai di situ, bila Anda membuka kap mesin langsung terlihat bila mesin WA-VE ini begitu kompak. Enggak heran, ukuran lebar (melintang) mesin ini hanya 360 mm alias 36 cm dan tingginya cuma 54 cm atawa 540 mm. Demikian juga dengan berat keringnya yang hanya 65 kilogram tanpa alternator dan cell motor.

Engine Mounting Daihatsu Rocky 1.2L

Engine mounting desain baru

Mesin yang presisi tersebut semakin sempurna meredam getaran dengan penerapan engine mounting yang seolah dipasang agak miring (menjorok) ke depan. Para insinyur Daihatsu melakukan ini agar getaran teredam lebih baik. kami berani bilang, kalau mesin WA-VE ini jadi salah satu mesin 3-silinder terhalus yang pernah kami coba.

Akselerasi Effortless

Saat presentasi di event media drive ini, Daihatsu sempat bilang bila karakter mesin WA-VE ini lebih ke arah efisiensi bahan bakar bila dibandingkan dengan unit 1KR-VET. Dan hal itulah yang coba kami buktikan di sirkuit dengan panjang total 2,7 kilometer tersebut.

Tentu saja, karena keterbatasan waktu pengetesan kami belum bisa tes secara proper Daihatsu Rocky 1.2L ini, baik itu untuk figur performa akselerasi 0-100 km/jam maupun angka performa konsumsi bahan bakar (BBM)-nya baik rute dalam kota maupun tol. Tapi dari karakter mesin, kami bisa sedikit membeberkannya ke Anda.

Oke langsung saja, pertama untuk masuk ke dalam kabin masih sama dengan trim diatasnya Anda tinggal kantungi kunci pintar, injak pedal kopling dan tekan tombol START guna menyalakan mesinnya. Seperti yang kami bilang di awal, bahwa getaran mesin mobil ini begitu minim.

Tuas transmisi Daihatsu Rocky 1.2L manual

Pergerakan tuas transmisi presisi

Injak pedal kopling, dan masukkan ke gigi 1, setelah kopling dilepas terasa sekali mobil begitu mudah untuk melaju. Perpindahan tuas persneling juga mudah dan halus, tak seperti tuas mobil-mobil Daihatsu lainnya yang belum mengusung basis Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Memang, torsinya tidak segalak varian turbo yang sudah terasa sejak 2.000 rpm, di Daihatsu Rocky 1.2L ini butuh 2.500 rpm lebih tinggi untuk mencapai torsi maksimumnya di angka 113 NM (11,5 Kgm). Tapi, yang perlu disorot sebenarnya adalah semburan torsi pada putaran rendahnya.

Saat angka putaran mesin menunjukkan 2.000 rpm, mesin ini sudah mampu memuntahkan torsi sebesar 107 NM. Bandingkan deh dengan mesin 3NR-VE di Sigra dan Ayla berkonvigurasi 4-silinder 1.200 cc yang hanya mengeluarkan torsi sebesar 94 NM di putaran mesin yang sama.

Speedometer Daihatsu Rocky 1.2L Manual

Rasio gigi di sesuaikan, jadi saat melaju 100 km/jam di gear 5 putaran mesin hanya 3.000 rpm

Berkat karakter mesin yang 'kaya' torsi di putaran rendah ini, otomatis mobil jadi mudah menyesuaikan diri dengan arus lalu lintas. Injak pedal gas sedikit saja, mobil langsung melaju. Akselerasinya juga tak kalah sigap, meski di putaran atas harus mengakui keunggulan Rocky Turbo.

Sebagai gambaran perbandingan, di trek lurus sepanjang 825 meter, dengan Daihatsu Rocky Turbo kami mampu mencapai kecepatan tertinggi 165 km/jam, sedangkan di Daihatsu Rocky 1.2L hanya mampu di 150 km/jam sebelum mengerem keras ke kecepatan 60 km/jam 50 meter menjelang tikungan.

Tapi, Daihatsu Rocky 1.2L ini berpotensi lebih hemat BBM dibandingkan varian turbo, sebab saat melaju konstan 100 km/jam, putaran mesinnya ada di angka 3.000 rpm sama persis dengan varian turbo. Hanya saja dengan karakter mesin yang bertenaga di putaran bawah, ia kami prediksi lebih hemat BBM terutama di rute dalam kota.

>>> Segini Akselerasi & Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Turbo Manual

Mobil Ini Bisa Lebih Baik Jika...

Di balik segala keunggulan mobil ini, tetap saja ada beberapa celah yang bisa diperhatikan oleh pabrikan untuk kemudian dibenahi agar lebih baik lagi. Contohnya celah antar panel bodi yang kurang konsisten presisinya, bahkan ini bisa ditemui di bagian interiornya.

Layout interior Daihatsu Rocky 1.2L

Beberapa detail di dasbor kurang rapi

Lalu, menurut tim Cintamobil.com akan lebih baik lagi posisi mengemudinya jika terdapat pengaturan setir telescopic, serta posisi jok dan seatbelt yang dilengkapi dengan pengatur ketinggian. Sehingga pengemudi dengan postur tubuh sekitar 160 cm tidak akan merasa kesulitan mencapai posisi duduk yang ideal.

Foto mesin WA-VE Daihatsu Rocky 1.2L

Mungkin bisa ditambah peredam...

Di sisi teknis sebenarnya sudah baik, getaran mesin minim saat idle maupun berjalan di kecepatan rendah. Namun, saat putaran tinggi raungan mesin masih sedikit menyusup ke kabin. Tentu akan lebih baik apabila PT ADM sedikit merevisi peredaman kabin di mobil ini.

>>> Daihatsu Rocky Hybrid Segera Diluncurkan, Intip Bocoran Mesinnya

Kesimpulan

Kalau Anda bunya budget di bawah Rp 220 juta, ingin mobil kompak yang mampu bermanuver lincah serta irit konsumsi BBM, maka jangan lepaskan pandangan Anda dari Daihatsu Rocky 1.2L tipe X berbody kit ADS dan pakai transmisi manual ini.

Daihatsu Rocky 1.2L X ADS CVT 2021

Mobil ini sangat hebat di rentang harganya

Terlebih hingga bulan Desember 2021 ini, pemerintah masih mengadakan diskon PPnBM yang membuat harga jual mobil yang memiliki local purchase (tingkat kandungan lokal) tinggi semakin terjangkau. Saran kami, Anda harus bergegas ke diler Daihatsu terdekat untuk memboyong mobil ini pulang.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top