First Drive Daihatsu Rocky 1.2L X CVT 2021: Calon Varian Terpopuler Rocky

14/10/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Setelah puas mencoba Daihatsu Rocky 1.2L tipe X bertransmisi manual, kini kami menyempatkan diri untuk mencoba varian CVT-nya, apakah ia sesuai ekspektasi kami?

Mobil bertransmisi otomatis sejak 10 tahun silam semakin digemari oleh konsumen di Indonesia. Lalu lintas yang kian padat membuat pengoprasian dua pedal (matik) jelas jadi favorit. Nah, menurut kami, Daihatsu Rocky 1.2L tipe X varian bertransmisi manual ini pas jadi mobil pilihan Anda, kenapa demikian?

Tuas transmisi Daihatsu Rocky

Transmisi matik kian diminati

Tentu sebagai media yang kredibel kami tak asal cuap, banderolnya yang 'hanya' Rp 215 juta (harga diskon PPnBM) dan fitur yang diusungnya membuat mobil ini 'nyaris' tidak ada lawan berarti. Sebab Rocky 1.2L trim ini menawarkan value for money yang begitu baik. Lalu bagaimana rasa mengemudinya? Ikuti ulasan kami sampai tuntas.

Calon Varian Terlaris?

Daihatsu Rocky sejak meluncur di Tanah Air 30 April 2021 lalu kini memiliki total 26 tipe yang terdiri dari dua opsi mesin serta dua pilihan transmisi. Range hargaya pun begitu luas, dari mulai Rp Rp 178 jutaan sampai Rp 236 jutaan untuk varian termahalnya.

Tampilan eksterior belakang Daihatsu Rocky 1.2L

Rocky total punya 26 pilihan yang terdiri dari trim, warna hingga transmisi

Daihatsu Rocky 1.2L tipe M dengan transmisi manual menjadi model termurah Rocky dan Daihatsu Rocky 1.0T tipe R Advance Safety Assist (A.S.A) adalah yang termahal. Sementara trim yang kami tes ini merupakan varian bermesin 1.200 cc yang termahal, pakai body kit Astra Daihatsu Styling (ADS) dan tentunya bertransmisi D-CVT.

Eksterior depan Daihatsu Rocky 1.2L X ADS CVT 2021

Rasanya ia bakal jadi backbone penjualan Rocky di Indonesia

Tak pelak, ia menjadi calon varian terlaris dari Daihatsu Rocky. Desain yang keren tersebut mudah diterima orang Indonesia, fiturnya pun masih tetap lengkap semisal audio dengan koneksi Apple CarPlay & Android Auto serta subwofer aktif 8 inci (khusus tipe ADS) yang menurut kami bakal disukai konsumen muda.

Bagasi Daihatsu Rocky 1.2L X ADS

Bagasi luas dan bisa diatur 'ketinggian' lantainya

Para konsumen keluarga muda pun tak perlu khawatir menggunakan Daihatsu Rocky 1.2L ini, kepraktisannya tetap baik dengan kapasitas bagasi 369 liter yang membuatnya leluasa membawa barang bawaan hingga stroler (kereta) bayi sekalipun.

Transmisi Dukung Kehematan

Lantas bagaimana dengan performanya? Harus diakui, kesempatan yang diberikan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini sangat terbatas, hanya sekitar 40 menit dan memutari sirkuit 2,7 kilometer saja. Jadi kami tak bisa melakukan tes proper seperti yang biasa kami lakukan dalam menguji mobil baru.

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2L CVT 2021

Mobil kami tes di fasilitas R&D milik Daihatsu Indonesia

Tapi jangan khawatir, waktu yang singkat tersebut berusaha tim tester Cintamobil.com optimalkan agar bisa menceritakan impresi mobil ini kepada Anda. Sama seperti di trim X, kuncinya sudah Keyfree jadi hanya perlu dikantungi. Untuk menyalakan mesin tinggal injak pedal rem sembari tekan tombol START.

Foto Mesin WA-VE Daihatsu

Getarannya minim untuk sebuah mesin 3-silinder

Seperti yang kami bilang sebelumnya saat menguji varian manualnya, kami sangat takjub dengan halusnya getaran mesin 3-silinder 1.200 cc yang diusung Rocky. Kami berani bilang, ini merupakan salah satu mesin 3-silinder paling tenang yang pernah kami coba, sepanjang kami mengetes mobil baru.

Integrated Exhaust Port di mesin Daihatsu WA-VE

'Header' knalpot menyatu membuat mesin kian ringkas, konfigurasinya 3-1-1

Akselerasi putaran bawah mobil ini begitu positif, ia tak akan kesulitan beradaptasi dengan lalu lintas ibu kota yang padat. Maklum saja, saat putaran mesin menunjukkan di 2.000 rpm, mesin ini sudah mampu memuntahkan torsi sebesar 107 NM. Hal tersebut jelas membantu sekali, injak pedal gas sedikit saja mobil dengan mudah berjalan.

Speedometer Daihatsu Rocky

Sama persis dengan varian turbo, berlari 100 km/jam rpm-nya segini

Saat berjalan konstan di kecepatan 100 km/jam, transmisi D-CVT yang diusung Daihatsu Rocky 1.2L ini mampu 'menahan' putaran mesin di 2.200 rpm. Yang mana, putaran mesin tersebut sama persis dengan varian turbo dan dipastikan membantu menghemat konsumsi BBM mobil ini.

Gambar brosur Daihatsu Rocky 1.2L

Girboks sama dengan varian turbo, yang beda di transmisi manual

Sekadar info, transmisi yang digunakan di Rocky bermesin Naturally Aspirated (N/A) maupun Turbo adalah jenis penyalur tenaga yang sama, baik itu rasio gigi, rentang rasio gigi maju maupun mundur. Bebeda dengan transmisi manual yang ada sedikit perbedaan di gigi 2 dan gigi 5.

>>> Udah ada bekasnya, ternyata Daihatsu Rocky harga bekasnya segini...

Handling Cukup Baik

Untuk pengendalian di Daihatsu Rocky 1.2L ini sebenarnya agak berbeda sedikit dengan Daihatsu Rocky 1.0T. Di versi turbo respon setirnya sedikit lebih tajam dibanding versi N/A. Hal ini dikarenakan velg yang dipakai versi N/A lebih kecil 1 inci dari versi turbo, pun demikian dengan profil atau tebal bannya yang lebih tebal di versi N/A.

Mobil Daihatsu Rocky 1.2L X ADS CVT 2021

Profil ban lebih 'tebal' membuat bantingannya terasa lebih empuk

Sisi positifnya dengan penggunaan ban yang lebih tebal, adalah bantingan suspensi yang lebih empuk sedikit bila dibandingkan dengan varian turbo. Tak sampai di situ saja, radius putar juga menjadi lebih baik. Di varian N/A radius putarnya 4,9 meter yang mana lebih baik 0,2 meter dari varian turbocharger.

Mobil Daihatsu Rocky X 1.2L CVT 2021

Pengendalian mobil ini cukup baik

Namun Anda jangan khawatir, secara umum pengendalian Daihatsu Rocky 1.2L ini masih sama baiknya dengan varian di atasnya. Saat di tikungan, gerakan mobil tetap terprediksi walau untuk manuver ekstrim gejala body roll tetap terasa. Yah, seberapa sering sih kita bermanuver ekstrim layaknya mobil reli?

Kekurangan Daihatsu Rocky 1.2L X CVT 2021

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diperbaiki tim R&D Daihatsu terhadap Daihatsu Rocky 1.2L bertransmisi CVT. Pertama yang kami rasakan adalah respon dari transmisi D-CVTnya yang tidak sebaik produk Jepang lain semisal CVT milik Honda.

>>> First Drive Daihatsu Rocky 1.2L X Manual 2021: (Potensi) Lebih Irit Dari Turbo

Saat di putaran tinggi (antara 4.000 rpm hingga 5.000 rpm) dan gir 'engage' membantu menyalurkan tenaga, kami mendengar ada suara dari girboks sayup-sayup masuk ke dalam kabin. Jelas, ini akan mengganggu kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam Daihatsu Rocky 1.2L ini.

Eksterior belakang Daihatsu Rocky 1.2L X CVT 2021

Tetap saja, mobil ini punya beberapa kekurangan yang menurut kami agak mengganggu

Lantas, ketiadaan pengaturan jangkauan di kemudi (telescopic) dan kursi tanpa height adjuster (pengatur ketinggian) membuat pengemudi dengan tinggi badan di bawah 165 cm agak sulit menyesuaikan diri dengan mobil ini.

>>> DP Rendah Daihatsu Rocky, Hanya Rp13 Jutaan! Promo Terbatas

Belum lagi soal celah antar panel bodi yang beberapa kurang konsisten presisinya dan kami bisa temukan, contohnya di samping depan (atas sepatbor) dan beberapa sambungan bodi. Bahkan gap yang tidak konsisten ini bisa ditemui di bagian interiornya, terutama pada sektor head unit.

Kesimpulan

Emblem Rocky di Daihatsu Rocky 1.2L

Layak beli enggak? Sepertinya enggak usah ditanya deh... Hihihi

Harga yang ditawarkan Daihatsu Rocky 1.2L ini begitu menarik dan sulit dicari tandingannya dengan harga yang serupa. Bila Anda punya budget tak lebih dari Rp 220 juta, dan ingin mobil SUV yang keren, punya bagasi luas, interior praktis dan pastinya mesin yang kencang serta irit jangan sekalipun lepaskan pandangan Anda dari mobil ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top