CintaMobil TV: 1.000 HP Siap Mengaspal di Indonesia, Ferrari SF90 Stradale 2021

15/04/2021

Mobil baru

3 menit

CintaMobil TV: 1.000 HP Siap Mengaspal di Indonesia, Ferrari SF90 Stradale 2021
Menjadi mobil sport hybrid pertama milik Ferrari, Ferrari SF90 Stradale bisa menjadi mobil sport tercepat dengan tenaga 1.000 horsepower yang bisa Anda gunakan di jalan

Pada Maret 2021, PT Eurokars Prima Utama selaku Agen Pemegang Merek Ferrari resmi di Indonesia merilis dua produk terbarunya yaitu Ferrari SF90 Stradale 2021 dan Ferrari Roma. 

Ferrari SF90 sendiri bukan jenis produk varian bawah namun varian yang full option dengan nama Assetto Fiorano. Mobil ini didukung oleh teknologi tercanggih Maranello yang dikembangkan untuk Formula 1. Ferrari SF90 Stradale sendiri merupakan mobil yang bisa Anda gunakan di jalan dengan tenaga sangat besar yaitu 1.000 hp. Mobil ini juga dinobatkan sebagai mobil Ferrari terkencang yang bisa Anda gunakan di jalan.

Arti Ferrari SF90 Stradale

Nama Ferrari SF90 Stradale ini merupakan singkatan dari Scuderia Ferrari dan 90 merupakan tahun ke 90 Scuderia Ferrari itu sendiri. Bisa dibilang jika mobil ini memang diciptakan sebagai tanda pencapaian Ferrari yang sudah menginjak usia ke-90. Kemudian Stradale ini jika diartikan ke dalam bahasa Inggris merupakan arti dari kata jalan.

Ferrari Merah

Desain Ferrarri warna merah yang terlihat mewah 

Berbicara soal teknologi, teknologi mesin Ferrari SF90 Stradale ini merupakan Ferrari pertama dengan plug-in hybrid. Anda bisa mengisi daya baterai mobil ini menggunakan listrik. Tetapi, mobil ini bukan untuk dibandingkan kehematannya ataupun keefisienannya. Hybrid di mobil ini berguna untuk membantu putaran bawah mesin, sehingga mobil ini bisa sangat kencang di putaran bawah.

Kelebihan dari 3 Motor Listrik dan Mesin V8

Mobil sport ini mempunyai performa terbaik karena tenaga sebesar 780 horsepower. Ditambah 3 motor listrik yang menghasilkan sekitar 200 hp. Untuk lebih detailnya, mari simak ulasan berikut.

Untuk motor listrik di mobil Ferrari SF90 Stradale ini total ada 3, yaitu 2 di depan dan 1 di belakang. Motor listrik ini bisa menghasilkan sekitar 200 hp. Ada keunikan di dalam mobil Ferrari satu ini, yaitu mobil ini mempunyai 2 motor listrik di depan. Jadi, jika Anda memundurkan mobil ini, bukan transmisi yang menggerakan melainkan 2 motor listrik tersebut yang melakukan gerakan mundur.

Ferrari SF90 Stradale 2021

Ferrari SF90 memiliki tenaga yang gahar 

Selain ada hal unik yang ada pada motor listrik mobil sport Ferrari ini, mesin Ferrari SF90 Stradale ini menggunakan V8 twin turbo dengan kapasitas 4.000 cc yang menghasilkan tenaga 1.000 hp jika digabungkan dengan motor listriknya. Uniknya lagi, mesin yang ada di mobil ini diletakkan jauh bagian bawah hal itu diciptakan untuk memaksimalkan center of gravity, di mana hal itu berfungsi ketika mobil ini melakukan manuver di sirkuit. Jadi, ketika mobil ini melakukan manuver maka mobil sport ini akan menjadi lebih stabil dan lebih mudah dikendalikan.

Ferrari SF90 Stradale 2021 menggunakan transmisi 8 percepatan otomatis dual clutch, sehingga perpindahannya sangat cepat. Sementara itu, untuk akselerasi mobil, Ferrari SF90 Stradale satu ini bisa melakukan akselerasi dari 0-100 hanya dengan waktu 2,5 detik. Kemudian untuk akselerasi dari 0-200 hanya butuh waktu 6,7 detik. Namun karena di sini mempunyai aturan untuk top speed, maka top speed dari Ferrari SF90 Stradale ini dibatasi hanya 340 km/jam.

>>> Percaya Tidak? Modifikasi Ferrari 458 Speciale ini Dibuat Anti Peluru

Desain Ferrari SF90 Stradale

Berbicara soal desain luar, Ferrari SF90 Stradale 2021 memang agak mengubah konsepnya. Sehingga desain mobil ini terlihat lebih atraktif dan menjadi lebih modern. Perubahan desain ini diciptakan untuk meneruskan misi mobil sport ekstrim dan merupakan produksi supercar yang pertama dari Ferrari. Dengan desain seperti ini, mobil ini memiliki downforce ketika Anda berjalan di kecepatan 250 km/jam keatas. 

Ferrari SF90 Stradale 2021

Tampilan Ferrari SF90 yang mampu memikat hati 

Downforce yang dimiliki Ferrari SF90 Stradale ini mencapai 380 kg, sehingga ketika mobil ini melaju dengan cepat maka bisa mendapatkan grid yang maksimal. Selain itu dengan varian full option, mobil ini banyak menambahkan part carbon mulai dari bumper, velg, splitter, dan bagian lainnya. Ferrari SF90 Stradale ini memakai ukuran 255/35 R20 untuk bagian ban depan dan 315/30 R20 untuk bagian ban belakang.

Dari sisi interior, mobil ini juga sudah full carbon, seperti door trim mobil ini yang sudah ditutupi full carbon. Selain itu layout mobil ini masih sama dengan generasi sebelumnya hanya berbeda dari segi teknologi dan lebih memodernisasi. Ferrari sebelumnya masih menggunakan tombol-tombol. Sedangkan tipe SF90 Stradale ini sudah full digital sampai bagian setirnya yang bisa Anda sentuh. Hanya tampilannya masih klasik Ferrari tapi dalam bentuk yang lebih modern.

Ferrari SF90

Desain dari mobil Ferrari selalu memiliki tempat di hati para penggemarnya

Di bagian penumpang, mobil Ferrari SF90 Stradale 2021 juga memiliki layar sentuh yang bisa digunakan untuk melihat performa mobil, mengganti audio, dan melihat navigasi pada mobil. Dan tidak lupa untuk bagian jok mobil ini juga bahannya menggunakan full carbon.

Dalam mobil sport Ferrari SF90 Stradale, Ferrari menyediakan empat drive unit yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti eDrive, Hybrid, Performance, dan Qualify. Selain itu ada juga 5 mode berkendara yang bisa Anda pilih, yaitu Sport, Race, Wet, CT-Off, dan ESC Off.

Bagi Anda yang mempunyai hobi mobil sport, Ferrari SF90 Stradale mungkin bisa masuk garasi mobil Anda karena merupakan mobil hybrid Ferrari pertama dan yang pertama menggunakan 3 motor listrik yang bisa digabungkan dengan mesin konvensional.

Soal harga, Ferrari mengklaim bahwa harga jual Ferrari SF90 Stradale 2021 tidak lebih mahal dari mobil keluaran merek lain yang mempunyai jenis sama seperti Aston Martin AM-RB 003, McLaren Speedtail, dan McLarena Senna.

>>> Susul Roma dan SF90 Stradale, Ferrari Boyong F8 Spider ke Indonesia

 

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top