Ferrari Rilis 812 Competizione, Penutup Keluarga GT Bermesin V12

06/05/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Ferrari memperkenalkan 812 Competizione dan Competizione Aperta, yang penutup line-up mobil bermesin V12 dengan performa lebih agresif dibanding Superfast.

Setelah memberikan cuplikan singkat bulan lalu, Ferrari akhirnya merilis dua model 812 Competizione dan Competizione Aperta sebagai penerus Superfast dan GTS. Keduanya memakai mesin 6.2L V12 dengan tenaga lebih besar dibandingkan pendahulunya.

>>> Ferrari 812 Superfast Versione Speciale Dibikin Menyerupai Batmobile?

Kasta tertinggi mesin F140, tenaga 818 HP

Berkat berbagai komponen yang sudah diupdate, termasuk cylinder heads dan cams dari mesin Formula 1, mesin V12 berkode F140 yang ikonik itu menghasilkan tenaga 818 HP, ini 30 HP lebih bertenaga dibandingkan 812 Superfast, dan 20 HP lebih kencang dibandingkan Monza SP.

Ferrari 812 Competizione dan Competizione Aperta

Ferrari menghadirkan dua varian 812 Competizione

Pada dasarnya Ferrari 812 Competizione merupakan salah satu model terkencang dengan mesin F140, setidaknya untuk model road-legal lantaran FXX-K, yang punya 848 HP merupakan sebuah mobil balap. Jika dibandingkan Enzo, model pertama dengan mesin F140, tenaga mobil meningkat sampai 168 HP.

Lebih dari sekadar mesin baru, mesin V12 dari 812 Competizione bisa digeber sampai 9.500 rpm, bertambah 500 rpm dari sebelumnya. Ferrari juga menyematkan girboks 7-percepatan dual-clutch yang dikalibrasi ulang, yang bisa shifting 5% lebih cepat. Cooling system juga ditingkatkan untuk mengakomodir panas tambahan dari mesin lebih bertenaga.

>>> Mobil Listrik Ferrari Terbaru Bakal Muncul Tahun 2025

Dua detik lebih cepat dari 812 Superfast

Secara performa, Ferrari 812 Competizione butuh waktu 2,85 detik untuk akselerasi dari 0-100 km/jam, dengan top speed mencapai 340 km/jam. Angka ini mirip 812 Superfast, namun dengan akselerasi 0-200 km/jam lebih cepat 0,4 detik. Hasilnya, mobil dapat mengitari Sirkuit Fiorano lebih cepat dua detik dari 812 Superfast.

Tampilan samping Ferrari 812 Competizione

812 Competizione dapat mengitari Fiorano 2 detik lebih cepat dibanding Superfast

Berbicara soal desain, 812 Competizione juga terlihat lebih agresif, terutama dengan perombakan aero di sisi depan. Meski kisi-kisi yang mengapit lampu depan hilang, intake mobil dibuat lebih besar, dan juga winglet di setiap sisi bumper,dan splitter spesifikasi balapan di bawah bumper.

Beralih ke belakang, diffuser yang telah direvisi kini dibuat sepanjang bumper, spoiler juga dibuat lebih besar. Bagian belakang diapit intake yang lebih besar, dengan layout twin-exhaust digantikan model persegi yang ada di tepian.

Selayaknya mobil track-spec proper, Ferrari 812 Competizione memiliki kaca belakang dengan kisi-kisi yang juga berfungsi sebagai generator vortex. Sementara untuk model atap terbuka, Ferrari menyisipkan semacam ornamen untuk mengalirkan udara menuju spoiler belakang.

Interior Ferrari 812 Competizione

Tidak ada ubahan terlalu banyak pada interior 812 Superfast

Tidak terlalu banyak ubahan penting di sisi interior yang bisa dibahas, kecuali panel pintu yang lebih ringan, dan konsol tengah yang disegarkan.

Belum diketahui berapa banyak Ferrari 812 Competizione yang akan dibuat, tapi besar kemungkinan itu menjadi grand tourer V12 terakhir dengan emblem The Prancing Horse.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top