Facelift BMW X3 Siap Debut Perdana di China

17/05/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Facelift BMW X3 dan iX3 yang tertangkap kamera mendapatkan ubahan lebih agresif beberapa waktu lalu akhirnya siap diperkenalkan di China untuk pertama kalinya.

BMW X3 terakhir kali mendapatkan ubahan ketika memasuki awal generasi ketiga yang diperkenalkan pada 2017 lalu. Setelah berbagai laporan kebocoran gambar dari tampang SUV kompak BMW tersebut, akhirnya facelift BMW X3 bersama dengan saudaranya BMW iX3 resmi debut di pasar China.

Siap debut di China

Berita ini terlampir di laporan kendaraan baru yang muncul di situs web Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China beberapa waktu lalu. Terlihat bagaimana BMW memperkenalkan edisi terbaru dari ubahan tengah generasi ketiga bagi BMW X3, serta saudaranya bertenaga listrik, BMW iX3 dengan tampilan yang tak jauh berbeda.

Menariknya, BMW sudah memberikan ubahan minim bagi iX3 yang baru saja diperkenalkan pada pertengahan 2020 lalu. Tapi dilansir dari Motor1, perubahan ini terbilang masuk akal, mengingat pabrikan Bavarian ingin menghadirkan desain yang kohesif dari lini produk X3, termasuk versi konvensionalnya.

berbagai perubahan yang diberikan pada facelift BMW X3
Beberapa ubahan di model facelift X3 2021

>>> Bocoran Tampang BMW X3 2021 LCI yang Akan Rilis Tahun Ini

Di bagian depan, desain ‘kidney grille’ khas pabrikan Jerman ini menawarkan ukuran yang relatif normal. Dua grille saling terhubung, senada dengan beragam model terbaru BMW yang diperkenalkan tahun lalu.

Baik SUV bertenaga konvensional maupun iX3 bertenaga listrik mendapatkan desain yang lebih sporty dari varian M Sport Package. Ubahan ini termasuk bumper depan yang lebih agresif, meskipun tak begitu jauh berbeda dibandingkan versi standar.

Lampu depan dan belakang diperbarui, sebagai bagian dari Life Cycle Impulse milik BMW. Termasuk pelapis knalpot ganda yang lebih tebal dipasang, menggantikan knalpot dengan ujung membulat yang lebih kecil dari versi pra-facelift. Tak ketinggalan ventilasi udara vertikal palsu yang disematkan di bumper belakang dari kedua model ini.

>>> Rakit Mobil Dalam Negeri, BMW Harap Juga Bisa Dapat Diskon PPnBM

Gunakan iDrive 8?

Facelift BMW X3 dan iX3 akan diluncurkan sekitar bulan Juni dengan berbagai perubahan di bagian dalam terdeteksi untuk kedua mobil ini. Namun belum jelas apakah sistem infotainment iDrive 8 nantinya diperkenalkan pada X3. Mengingat model saat ini masih memiliki sistem iDrive 6.0 keluaran 2017 silam.

sistem infotainment BMW iDrive 8
Model anyar BMW lainnya sudah mendapatkan sistem infotainment iDrive 8

Edisi tertinggi dari facelift X3 M diperkirakan menyusul pada akhir tahun 2021 atau awal 2022, dengan BMW X4 teranyar tak begitu jauh setelahnya. Di Indonesia, BMW mengungkapkan edisi teranyar X3 pada awal 2021 lalu dengan membawa X3 sDrive20i bersamaan dengan X1 sDrive18I dan X5 sDrive40i xLine.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru BMW hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top