Era Awal Mobil Listrik Maserati Siap Dimulai Generasi Terbaru GranTurismo & GranCabrio

26/01/2020

Mobil baru

4 menit

Era Awal Mobil Listrik Maserati Siap Dimulai Generasi Terbaru GranTurismo & GranCabrio
Era mobil listrik Maserati segera hadir ke muka bumi, dan akan disematkan kepada generasi terbaru sportscar Maserati GranTurismo & Maserati GranCabrio

Tak terasa Maserati GranTurismo dan Maserati GranCabrio menyelesaikan masa bakti sebagai model sportscar Maserati sepanjang tahun 2007 sampai 2019. Adapun total 28,805 unit GranTurismo dan 11.715 unit GranCabrio sukses diproduksi oleh brand berlogo trisula ini.

Terhentinya produksi GranTurismo & GranCabrio, tentu tidak menghilangkan Maserati dalam kancah persaingan sportcar dunia. Justru Maserati sedang menyiapkan sosok penerus mobil mereka, yang akan hadir dalam "format" baru.

Foto Maserati GranCabrio dan Maserati GranTurismo

Sosok Maserati GranCabrio & Maserati GranTurismo

>>> Review Maserati Ghibli 2019

Ya, Maserati merencanakan generasi terbaru Maserati GranTurismo bersama Maserati GranCabrio sebagai model perdana mereka yang mengusung teknologi 100% mobil listrik. Selain kedua model yang nantinya akan dibangun di Turin, Italia, Maserati juga berencana menggunakan teknologi tersebut pada model-model masa depan mereka.

Saat ini Maserati sedang intens melakukan ujicoba dan eksperimen terkait teknologi powertrain elektrik mereka. Bukan hanya pengujian kekuatan mesin listrik saja yang menjadi fokus utama, tapi terkait suara mesin listrik juga termasuk salah satu hal krusial.

Mengapa krusial? Sudah menjadi ciri khas turut temurun, Maserati merepresentasikan diri sebagai brand mobil premium dengan line-up mobil sport bertenaga impresif dan ciri khas suara mesin yang merdu di telinga. Hanya saja jika mengacu pada tren mobil listrik masa kini, justru suara mesin malah menghilang dan digantikan suara artificial yang tidak menggugah indera pendengaran.

Foto teaser mobil listrik Maserati

Mobil listrik Maserati diperkirakan hadir di 2021 nanti

>>> Berencana mencari dan membeli mobil Maserati bekas? Cek di sini informasi selengkapnya

Untuk itu powertrain elektrik yang diciptakan Maserati mengusung prinsip "100% Electric with 100% Maserati Technology". Harapannya selain konsumen bisa merasakan karakter kenikmatan berkendara dan performa khas Maserati, tapi juga bisa merasakan semangat ramah lingkungan dan respon tenaga instan khas mesin listrik, tanpa menghilangkan identitas suara mesin merdu khas Maserati. 

Proses eksperimen mobil listrik Maserati sudah mulai dilakukan saat ini di Maserati Innovation Lab di Modena, Italia. Semua pengujian dilakukan menggunakan sportscar "eksperimen" Maserati, yang mengikuti serangkaian test di jalan raya maupun trek balap. Karakter suara powertrain elektrik yang Maserati gunakan untuk generasi terbaru GranTurismo maupun GranCabrio pun turut dikembangkan oleh para engineer Maserati selama proses berlangsung. 

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

 
back to top