Elation Freedom, Hypercar Listrik yang Sanggup Dipacu 644 Kpj

21/11/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Elation Freedom, Hypercar Listrik yang Sanggup Dipacu 644 Kpj
Elation Freedom merupakan mobil buatan perusahaan startup otomotif dengan kekuatan hampir 2.000 hp dan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam cuma dalam 1,8 detik.

Perubahan era di industri otomotif memang sudah terjadi. Apabila beberapa dekade sebelumnya pabrikan berlomba untuk bisa membuat mobil dengan kapasitas silinder mesin paling besar guna menggapai tenaga yang semakin kuat, maka hal itu tidak terjadi lagi dalam 5 tahun belakangan ini.

Mesin-mesin bensin maupun diesel peminum bahan bakar sudah diganti dengan baterai listrik sel yang bertugas menggerakkan motor listrik untuk membuat mobil tersebut meluncur cepat tanpa suara dan asap knalpot. Dengan teknologi yang terus bergerak maju, mobil-mobil tanpa bahan bakar minyak ini juga sudah sanggup melesat hingga ratusan kilometer per jam (km/jam) dengan jarak ratusan kilometer dalam sekali isi daya baterai.

Sebutlah misalnya Tesla yang mampu menciptakan beragam mobil listrik tapi kekuatannya hamoir setara mobil-mobil bermesin turbocharged atau supercharger. Tak heran berbagai hypercar listrik pun akhirnya semakin marak bermunculan. Bahkan mobil-mobil ini dilahirkan dari perusahaan muda, contohnya bisa dilihat dari kehadiran Elation Freedom.

>>> Versi Produksi Mercedes-AMG One Dirumorkan Punya Tenaga 1.200 HP

Ciptaan Perusahaan yang Baru Berdiri 6 Tahun

Elation Freedom Hypercar

Pakai pintu model gullwing

Elation Freedom merupakan model pertama yang berhasil dibuat Elation Hypercars California. Menariknya, perusahaan yang didirikan oleh Carlos Satulovsky, Mauro Saravia, dan Pablo Barragan itu baru resmi terbentuk enam tahun yang lalu.

Namun apa yang mereka lakukan memang tidak main-main, kerena perusahaan ini kabarnya dibantu oleh banyak teknisi berpengalaman di dunia balap Formula Satu (F1) serta beberapa tim balap di Eropa. Sehingga rasanya bukan hal sulit bagi Elation untuk bisa membuat sebuah hypercar dalam waktu singkat.

Dikutip dari Autoevolution, Jumat (20/11/202), visi perusahaan ini cukup sederhana, yaitu bagaimana menciptakan sebuah hypercar yang bisa memberikan rasa senang kepada setiap yang mengemudikannya. Dan 6 tahun berselang, mimpi itu pun jadi kenyataan.

>>> Hennessey Venom F5, Hypercar Modifikasi Bertenaga 1.817 Hp!

Sanggup Melesat 0-100 Km/jam Hanya dalam 1,8 Detik

Elation Freedom Hypercar interior

Mobil ini disuguhkan untuk memberikan kesenangan bagi yang mengendarainya

>>> Review Aston Martin AM-RB 003 Valhalla 2021

Pihak perusahaan menjelaskan, kalau Elation Freedom merupakan hasil pengembangan secara internal antara Elation Hypercars dengan anak perusahaan mereka, Elation Innovation. Sebagian besar dari material yang ada di mobil ini menggunakan serat karbon Italia. Bodinya dibentuk dengan amat memperhatikan perhitungan aerodinamika agar Elation Freedom tak kesulitan membelah hambatan angin saat melaju kencang.

Sumber tenaganya sendiri berasal dari baterai listrik berbentuk T dnegan pilihan kapasitas antara 100 kWh hingga 120 kWh. Baterai ini sanggup membuat mobil melaju sejauh 483-644 kilometer sebelum akhirnya baterai harus diisi ulang dayanya. Sementara itu motor listrik yang digunakan pada Elation Freedom bisa menghasilkan tenaga puncak 1.903 hp. Dengan tenaga luar biasa seperti ini, mobil tersebut bisa melesat dengan kecepatan 418 km/jam hingga 644 km/jam. Untuk akselerasinya dari kondisi diam sampai kecepatan 100 km/jam cuma butuh waktu 1,8 detik.

Hanya satu yang disayangkan dari Elation Freedom, hypercar ini baru sebatas desain konsep virtual, sehingga belum benar-benar bisa dibuktikan kekuatannya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bugatti Bolide, Konsep Hypercar Penakluk Le Mans

29/10/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah delapan bulan pengembangan Bugatti memperkenalkan Bolide, konsep hypercar khusus trek berbasis Chiron dengan power-to-weight ratio 0,67 kg/HP dan top speed di atas 500 km/jam.

Lihat juga

Inilah Perbedaan Sportcar, Supercar dan Hypercar Dalam Dunia Otomotif

09/03/2019

Pengemudian

4 menit

Mungkin bagi mereka yang bukan Car Enthusiast akan menyebut semua mobil seksi yang lewat di depannya adalah mobil Sport. Namun aslinya, mobil dengan performa tinggi dikategorikan menjadi tiga meliputi Sportcar, Supercar dan Hypercar. Lantas, apa perbedaan dari ketiganya?

Lihat juga

Duet Peugeot dan Total Hadirkan Le Mans Hypercar

09/10/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah sebelumnya bangun pabrik baterai mobil listrik, kini Peugeot dan Total bangun hypercar untuk lomba ketahanan 24 jam Le Mans. Seperti apakah wujudnya?

Lihat juga

Lotus Akhiri Kerjasama Pengembangan Hypercar Evija dengan Williams Advanced Engineering

04/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Williams Advanced Engineering telah melakukan tindakan hukum terhadap Lotus karena dengan secara sepihak memutuskan kerjasama pengembangan Hypercar Evija.

Lihat juga

GMA T.50, Hypercar Untuk Purist Dengan Bobot Super Ringan

05/08/2020

Mobil baru

7 menit

Gordon Murray Automotive meluncurkan sebuah hypercar bermesin V12 yang cukup fenomenal, GMA T.50. Ditujukan untuk pengemudi sejati, bobot mobil ini tak sampai 1.000 kg.

Lihat juga
 
back to top