Mobil Listrik VW ID.6 Crozz Siap Mengaspal, Sayang Tak Masuk Indonesia

19/04/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Volkswagen menyatakan dua varian SUV listrik terbarunya yang segera debut, VW ID.6 Crozz dan ID.6 X hanya akan dijual di China. Bagaimana untuk para global?

Peluncuran VW ID.6 semakin dekat. SUV listrik 7 penumpang ini bakal menjalani debut perdana di Shanghai National Convention and Exhibition Center, 21-28 April 2021 mendatang. Tentu menarik, seperti apa gambaran mobil listrik terbaru Volkswagen (VW) tersebut?

Sebelumnya VW telah merilis teaser ID.6 untuk dua bagian kendaraan. Satu menampakkan bagian samping, sedang satunya lagi menampakkan bagian depan untuk 2 varian ID.6 Crozz dan ID,6 X. Nah, dalam rilis terbarunya, (17/4/2021) Volkswagen memberikan informasi lebih detail tentang VW ID.6.

>>> Bakal Debut di Shanghai, Volkswagen Rilis Teaser VW ID.6

Spesifikasi Teknis

Sebagai bagian dari mobil listrik full electric ID Family, ID.6 menggunakan platform yang sama digunakan pada ID.3 dan ID.4, yaitu Modular Electric Drive Kit (Modularer E-Antriebs-Baukasten/MEB). Adapun perbedaan terletak pada beberapa hal seperti dimensi, spesifikasi baterai, fitur yang disematkan serta konfigurasi interior.

ID.6 dilengkapi lebih banyak inovasi. Dimensinya yang lebih panjang menciptakan ruang interior yang lebih luas dengan kapasitas hingga 7 seater. Pemilik bisa memilih 4 konfigurasi yang ditawarkan.

Foto mobil listrik VW ID.3 tampak samping belakang

SUV listrik VW ID.6 siap diluncurkan

Kedua baterai yang tersedia memiliki kapasitas penyimpanan 58 kWh dan kapasitas baterai bersih 77 kWh. Untuk jarak tempuh bisa mencapai 588 km (365 mil) dalam sekali pengisian penuh (berdasarkan standar China NEDC). Sedangkan motor listrik dari versi 4MOTION menghasilkan output 225 kW (301 Hp) mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km / jam dalam 6,6 detik dengan kecepatan tertinggi 160 km / jam.

Operasional masa kini khas VW ID ditunjukkan dengan tidak adanya tombol dan saklar fisik. Seluruh operasional dilakukan dengan sentuhan pada layar 12 inchi dan menggunakan perintah suara Hello ID.

Hanya dijual di China

Secara status VW ID.6 berada di atas VW ID.3 dan ID.4. Namun Volkswagen menyatakan tidak akan menjualnya secara global. Dua varian yang akan diluncurkan, yakni ID.6 Crozz dan ID.6 X hanya akan tersedia di pasar China.

“ID.6 akan diproduksi di dua pabrik Anting dan Foshan di China, dan hanya akan tersedia di pasar China dalam dua varian ini.” tulis Volkswagen di laman resminya.

>>> Harga VW ID.4 Crozz di China Lebih Murah dari Tesla Model 3

Foto VW ID.6 tampak samping depan atas

Dimensi lebih besar VW ID.6 mengakomodasi 7 penumpang

Sebagai informasi, Volkswagen telah merilis strategi terbarunya dengan tema ACCELERATE. Strategi ini fokus pada percepatan elektrifikasi kendaraan dengan tujuan menjadi yang nomor satu di dunia. Landasan utamanya adalah peluncuran model baru mobil listrik dengan platform andalannya, MEB. VW menargetkan setidaknya 70 persen dari mobil yang dijual di Eropa pada 2030 adalah mobil listrik; dan setidaknya 50 persen di Amerika Utara dan Cina.

Adapun langkah dimulai dari China karena negara ini merupakan pasar terbesar VW di dunia dengan dominasi yang sangat kuat.

>>> Cari dan temukan mobil VW favoritmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top