Ditengah Persiapan Launching Suzuki XL7, Suzuki Persiapkan SUV Baru, Apakah Itu Vitara Brezza?

28/01/2020

Mobil baru

3 menit

Ditengah Persiapan Launching Suzuki XL7, Suzuki Persiapkan SUV Baru, Apakah Itu Vitara Brezza?
Tahun lalu kami sempat memprediksi Suzuki Vitara Brezza akan masuk Indonesia, dan baru-baru ini SUV kompak ini "ditemukan" tim Cintamobil. Indikasi dijual?

Saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales sedang giat-giatnya mempersiapkan calon LSUV (Low Sport Utility Vehicle) terbaru mereka yakni Suzuki XL7. Namun, ditengah-tengah kesibukan persiapan launching Suzuki XL7, ternyata Suzuki juga tengah mempersiapkan SUV baru lainnya, dan baru-baru ini SUV kompak tersebut kami temukan terparkir di salah satu gudang milik Suzuki. Apakah itu adalah Suzuki Vitara Brezza?

Gambar menunjukkan Suzuki Vitara Brezza

Apakah mobil yang tertutup selubung itu adalah Suzuki Vitara Brezza?

>>> Review Suzuki Vitara 2019, Spesifikasi dan Harganya

Kami sempat mendekati SUV kompak tersebut, tapi tidak diperkenankan membuka selubungnya dan hanya dapat melihatnya tertutup dengan sarung mobil berwarna abu-abu itu. Jika diterka secara dimensi, SUV mungil ini posturnya lebih kecil dari Suzuki Grand Vitara yang pernah dijual di Tanah Air. SUV kecil ini besar kemungkinan sedang dipelajari lebih lanjut untuk mengetahui potensinya di pasar Indonesia. 

Gambar menunjukkan Suzuki Carry Pick Up Diesel

Suzuki butuh waktu agar intens pelajari pasar Indonesia, contohnya adalah Carry yang sekarang jadi the best in it class

Seperti yang diketahui Suzuki Indonesia biasanya membutuhkan waktu agak lama untuk mempelajari pasar Tanah Air. Contohnya sebelum All New Carry meluncur tahun lalu, Suzuki telah melakukan studi terhadap keinginan konsumen Indonesia jauh-jauh hari sebelumnya. Beberapa tahun sebelum munculnya mobil pick-up yang kini jadi yang terbaik dikelasnya tersebut, Suzuki Indonesia bahkan sempat mempelajari Suzuki Carry Pick-Up Diesel asal India.

Gambar menunjukkan Suzuki Vitara Brezza di GIIAS 2016

SUV mungil ini juga sempat dipajang di GIIAS 2016

>>> Review Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019: Tipe Termahal New Carry Pick Up

Sebenarnya Suzuki Vitara Brezza ini sekitar 5 tahun lalu sempat mejeng di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016. Sayangnya, mobil tersebut belum juga dijual hingga hari ini. Dan sampai berita ini diturunkan, pihak Suzuki Indonesia masih enggan untuk memberikan komentar terhadap foto ini, "hahahaha rahasia dong," sahut Dony Saputra, selaku Direktur Pemasaran PT SIS 4W ketika kami hubungi melalui pesan singkat berbasis aplikasi.

Gambar menunjukkan mesin DDiS 200 Suzuki Vitara Brezza

Meski mesin diesel Suzuki hemat dan bertorsi besar, namun kurang pas untuk Indonesia

Pilihan mesin juga menjadi salah satu kendala mobil ini jika akan dijual di Tanah Air. Meskipun kami sangat kagum dengan kehematan mesin diesel DDiS 200 berkapasitas1.248 cc milik mobil ini yang juga dipasang di Suzuki Ertiga diesel, namun pada kenyataannya penjualan mobil diesel buatan pabrikan berlogo S ini kurang menggembirakan. Dan kemungkinan SUV ini akan pakai mesin K series seperti K15B atau K14 apabila jadi masuk Indonesia. 

Gambar menujukkan Suzuki Vitara Brezza India

Suzuki Vitara Brezza dapat menjadi obat rindu penyuka SUV Suzuki di Tanah Air

Dan jika mobil ini jadi dijual di Indonesia dalam waktu dekat, tentunya Vitara Brezza dapat muncul sebagai obat rindu bagi para pecinta SUV Suzuki di Tanah Air. SUV "macho" terakhir yang dijual Suzuki adalah Grand Vitara. Ia pertama kali muncul di Indonesia dengan mesin 2000 cc di 2006. Bentuknya saat itu out of the box dan kekar langsung membuat para penyuka SUV di Indonesia jatuh hati. Semoga saja mobil ini dapat dijual di Indonesia tahun ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update berita otomotif yang hot lainnya

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top