Diprediksi Rilis Tahun 2025, Inikah Bocoran Spesifikasi Apple Car?

03/02/2021

Mobil baru

2 menit

Diprediksi Rilis Tahun 2025, Inikah Bocoran Spesifikasi Apple Car?
Seorang analis Apple menyebutkan bahwa mobil listrik Apple Car akan dinaungi oleh platform E-GMP Hyundai dengan jadwal perilisan diprediksi pada tahun 2025.

Sebuah laporan baru dari analis Apple ternama, Ming-Chi Kuo, memberikan banyak informasi mengenai bocoran spesifikasi Apple Car. Mobil listrik yang kabarnya dikembangkan bersama Hyundai ini disebut akan menggunakan sasis E-GMP. Sebelumnya sasis E-GMP ini sudah lebih dulu digunakan pada mobil listrik Hyundai terbaru, Ioniq 5.

Isi baterai 80% dalam 18 menit

Sasis E-GMP menawarkan spesifikasi yang mengesankan. Dengan jangkauan lebih dari 482 kilometer ketika dalam pengisian penuh, platform ini memiliki pengisian cepat 80% hanya dalam 18 menit. Anda juga bisa berkendara sejauh 96 kilometer hanya dengan pengisian cepat selama lima menit. Lembar spesifikasi Hyundai menyebutkan kecepatan tertinggi 257 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam kurang dari 3,5 detik.

platform E-GMP milik Hyundai untuk Apple Car
Platform E-GMP yang digunakan pada Hyundai Ioniq 5

Tapi perlu dicatat bahwa angka-angka ini merupakan spesifikasi untuk model performa tinggi. Sementara Apple Car belum diketahui spesifikasi mengenai bobot serta performa aerodinamika mobil yang sedang dikembangkan. Bisa jadi angka-angka tersebut lebih tinggi dengan bodi yang sangat ramping dan ringan.

>>> Teaser Hyundai IONIQ 5 Terkuak Jelang Peluncuran

Dirilis tahun 2025?

Dengan pengembangan yang masih dilakukan, Apple Car masih lama untuk masuk ke pasaran. Dari 9To5Mac, Kuo menyebutkan bahwa perlu beberapa tahun sebelum mobil ini bisa dirilis. Ia memperkirakan bahwa Apple akan meluncurkan mobil listrik pertamanya pada tahun 2025 paling cepat.

“iPhone baru membutuhkan waktu sekitar 18-24 bulan dari definisi spesifikasi awal hingga produksi massal berdasarkan pengalaman,” jelasnya. “Kami percaya bahwa Apple, yang tidak memiliki pengalaman membangun mobil, sudah berada pada jadwal yang ketat jika diinginkan. untuk meluncurkan Apple Car pada tahun 2025.

>>> Kia Ambil Alih Proyek Mobil Listrik Apple

pabrik Hyundai yang sedang memproduksi mobil
Apple diprediksi akan menggunakan sumber daya milik Hyundai dan Kia

Hal lain yang mempengaruhi perkembangan mobil ini adalah pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan. Apple diprediksi akan memanfaatkan sumber daya Hyundai untuk sistem swakemudi, teknologi terkait baterai, faktor bentuk, dan nantinya diintegrasikan dengan ekosistem Apple yang sudah ada.

“Setiap EV memiliki komponen sekitar 40-50 kali lebih banyak daripada setiap smartphone, jadi jika Apple ingin membangun rantai pasokan otomotif lengkap sendiri, Apple Car akan dirilis secara signifikan setelah tahun 2025 dan merugikan keunggulan (dibandingkan pabrikan penghasil mobil listrik lainnya),” tutup Kuo.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top