Dipasarkan Musim Panas, Konsumsi BBM Honda Jazz Hybrid Tembus 22 Kilometer Per Liter

14/02/2020
Mulai dipasarkan pada musim panas ini untuk pasar Eropa, spesifikasi teknis Honda Jazz Hybrid sudah mulai beredar. Hal paling penting tentu soal efisiensi, di mana konsumsi bahan bakarnya bisa sampai 22 kilometer per liter.

Diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019, generasi keempat Honda Jazz mulai dipasarkan tahun ini ke berbagai pasar. Salah satunya Eropa, yang hanya mendapatkan varian Hybrid musim panas mendatang. Jelang peluncuran, Honda membocorkan spesifikasi teknis Honda Jazz hybrid yang mengadopsi sistem hybrid e:HEV tersebut.

>>> Review Honda Jazz 2020: Makin modern, makin ramah lingkungan

Merupakan teknologi yang baru dikembangkan untuk mobil sub-kompak, teknologi e:HEV yang digunakan varian hybrid Honda Jazz memakai dua motor listrik berukuran kompak (satu sebagai generator, lainnya sebagai penggerak), yang dikoneksikan dengan mesin bensin i-VTEC 1.500cc, baterai lithium-ion, dan transmisi gigi tetap.

Honda Jazz 2020 spesifikasi pasar Eropa

Jazz Hybrid memakai dua motor listrik dengan fungsi berbeda

Honda memang belum memaparkan keluaran dari tenaga motor dan mesin, namun mereka mengklaim total tenaga yang dihasilkan sistem powertrain e:HEV mencapai 107 HP dan torsi 253 Nm, performa ini dapat melesatkan mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 9,4 detik demgam kecepatan puncak 174 km/jam.

>>> Sedang cari mobil? Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di Cintamobil

Untuk konsumsi bahan bakar, Honda Jazz hybrid model standar mendapatkan rating 4,5 l/100 km (22 km/l) dengan emisi CO2 102 g/km. Sementara itu, varian tertinggi Crosstrar sedikit lebih rendah dengan 4,8 l/100 km (21 km/l) dengan emisi C02 110 g/km.

Honda Jazz Crosstar 2020 untuk pasar Eropa

Crosstar merupakan varian tertinggi dari line-up Honda Jazz di Eropa

Sistem powertrain e:HEV Jazz Hybrid menawarkan tiga pilihan mode berkendara yang bisa diganti, yakni EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive. Pada mode EV Drive, baterai lithium-ion mengalirkan daya secara langsung menuju motor penggerak.

>>> Selalu update kabar seputar mobil baru di sini

Untuk mode Hybrid Drive, motor menggerakkan electric generator untuk mengisi daya baterai yang pada akhirnya digunakan untuk motor penggerak. Sementara itu, Engine Drive langsung dihubungkan pada roda depan melalui lock-up clutch.

Honda mengklaim EV Drive dan Hybrid Drive adalah mode paling efisien untuk digunakan di lalu-lintas perkotaan. Sementara itu, Engine Drive cocok digunakan saat berkendara di jalan tol, di mana motor penggerak juga berperan untuk menambah tenaga saat diperlukan.

Infografis teknologi Honda Jazz Hybrid 2020 untuk pasar Eropa

Detail teknologi e:HEV pada Jazz Hybrid 2020

Pada mode hybrid, tenaga berlebih dari mesin bisa dialihkan untuk mengisi baterai menggunakan generator berupa mtor listrik, dan juga regenerative braking. Honda mengatakan pemakaian transmisi fixed-gear mempengaruhi koneksi yang lebih direct antara berbagai komponen, alhasil peralihan torsi lebih lembut yang berdampak pada akselerasi lebih linear.

Lebih jauh, teknologi e:HEV Honda Jazz Hybrid juga memegang peranan penting dalam pengembangan powertrain untuk semua mobil Honda pada 2022 mendatang.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain