Dijual Tahun Depan, Toyota Prius PHEV Dibandrol di Bawah 1 Miliar

06/12/2019

Mobil baru

3 menit

 Dijual Tahun Depan, Toyota Prius PHEV Dibandrol di Bawah 1 Miliar
Hingga Desember 2019, Toyota Astra Motor (TAM) telah perkenalkan 3 mobil ramah lingkungan, Camry Hybrid, Toyota C-HR Hybrid dan Toyota Corolla Altis Hybrid. Kira-kira model apa lagi yang akan segera menyusul tahun depan?

Toyota Astra Motor (TAM) terus berupaya memperkenalkan produk ramah lingkungan di Indonesia. Sedan Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang kabarnya akan dikomersialkan akhir tahun ini harus tertunda karena proses homologasi.

>>> Review Dan Test Drive Toyota Prius PHV 2018

Gambar menunjukan Toyota Prius PHEV 2019

Tampilan depan Toyota Prius PHEV menggunakan lampu canggih yakni Quad-LED Projector

Kabar ini disampaikan langsung oleh Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT. TAM seusai peluncuran aplikasi mToyota di Jakarta (5/12). “Kelihatanya kemungkinan besar Prius PHEV akan diperkenalkan tahun depan, karena masih dalam proses homologasi. Tidak ada masalah, hanya tinggal registrasi saja.” katanya.

Anton menambahkan bahwa sedan ramah lingkungan ini sudah ditunggu oleh pelanggan Toyota. “Kalau soal minat, ada beberapa yang sudah menanyakan, baik itu fleet dan retail, bahkan diler kita sendiri banyak yang mau beli, karena ini (Prius) menggunakan teknologi terbaru.” tambahnya.

Toyota Prius PHEV sendiri menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE dengan spesifikasi 1.8-liter 4-cylinder Hybrid Synergy Drive dengan double-overhead cam (DOHC) 16-valve dan VVT-i, yang mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 95 HP setara 5.200 Rpm. Mesin ini dipadukan Motor Generator DC600V yang terkoneksikan dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 8.8 kWh yang ditempatkan di belakang kursi baris kedua.

>>> Mencari Mobil Toyota? Dapatkan berbagai penawaran menarik di sini

Gambar menunjukan tampilan mesin Prius Phev 2019

Mesin yang digunakan Toyota Prius PHEV 

Secara total kombinasi teknologi jantung pacu Toyota Prius PHEV bisa menghasilkan tenaga 121 hp dan torsi 249 Nm. Semua tenaga didistribusikan ke roda depan melalui sistem transmisi Electronically Controlled continuously Variable Transmission (ECVT).

Jika benar TAM jadi komersialkan Prius tahun depan, sedan ini diatur untuk di jual di bawah Rp1 miliar mengikuti  Bea Balik Nama (BBN) tahun depan. “Seperti yang kita jelaskan kemarin, kita targetkan kalau bisa di bawah Rp1 miliar. Hal itu tentunya dilihat juga dari BBN dan kenaikan BBN tahun depan bagaimana.” tandasnya.

Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) sendiri tahun ini sudah buat debut publiknya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di BSD, Tangerang Selatan. Saat peluncurannya sedan ini mendapatkan animo yang cukup bagus dari masyarakat.

>>> Simak juga berita terkini dunia otomotif lainnya di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top