Die Sonderklasse: Sejarah Mercedes-Benz S-Class dari Masa ke Masa

08/09/2020

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Die Sonderklasse: Sejarah Mercedes-Benz S-Class dari Masa ke Masa
Mercedes-Benz S-Class adalah sebuah sedan mewah dengan teknologi dan fitur revolusioner yang belum ada di model lain. Sejarah panjang itu berlanjut di generasi ketujuh, yang baru saja melakukan debut globalnya.

Sonderklasse, kalau diartikan ke bahasa Indonesia menjadi Kelas Pertama. Hal ini menegaskan status S-Class sebagai kasta tertinggi Mercedes-Benz dengan berbagai inovasi revolusioner yang belum pernah ada. Apalagi untuk kenyamanan dan keamanan, pokoknya tanpa kompromi deh!

>>> Sematkan teknologi otonom level 3, Mercedes-Benz S-Class 2021 bisa dikendarai tanpa setir di 60 km/jam!

Line-up mobil flagship Mercedes-Benz

Line-up flagship Mercedes-Benz dari masa ke masa

Sejak era awal mobil, varian tertinggi Mercedes-Benz telah menjadi mobil yang sangat populer, dan jadi penggambaran sempurna kecanggihan industri otomotif Jerman. Identik dengan nama Sonderklasse, Mercedes-Benz S-Class adalah kasta tertinggi dari line up sedan Mercedes sejak 1972.

Namun, asal usul model satu ini jauh lebih panjang dari itu. Bagaimana sih seluk beluknya? Simak sejarah Mercedes-Benz S-Class yang telah disusun oleh redaksi Cintamobil.com berikut ini.

Sejarah Mercedes-Benz S-Class: Era Sonderklasse

Asal-usul dari Mercedes-Benz S-Class bisa ditelusuri jauh ke awal abad ke-20, tepatnya pada tahun 1903 saat Willhelm Maybach, Chief Designer di Daimler-Motoren-Gesellschaft, mendevelop Mercedes Simplex 60 HP, model flagship yang didesain sebagai sebuah sedan super mewah. 

>>> Jual beli mobil bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di seluruh Indonesia

Semua kalimat superlatif pantas disematkan ke mobil ini, elegan, ekslusif, megah, dan cepat. Simplex 60 HP berhasil diterima dalam masyarakat kasta atas seperti raja, pelaku industri, dan selebritis. 

Mercedes Simplex 60 HP

Simplex 60HP jadi membentuk reputasi Mercedes sebagai pembuat mobil mewah

Lebih dari itu, mobil ini juga mengasosiasikan Mercedes dengan kemewahan dan kenyamanan di atas empat roda. Selain Simplex 60 HP, hadir juga model lain yang cukup ikonik seperti Nurburg W08, Grand-Mercedes W07, dan banyak lagi.

Sempat terhenti akibat perang dunia, Mercedes-Benz hadirkan kembali line-up mobil mewah pada 1951. Mercedes merilis dua model yang cukup elegan, W187 220 dan W186 300 dalam bentuk saloon, coupe, dan cabriolet, salah satu highlights model ini adalah model 300 Grosser yang jadi mobil pertama di Jerman dengan kecepatan puncak 160 km/jam.

Mercedes-Benz W180 Ponton

Model ini cukup terkenal di Indonesia dengan sebutan "Mercy Kentang"

Tiga tahun berselang, lahirlah Mercedes-Benz Ponton W180 yang dirilis tahun 1954 yang dikenal di sini dengan sebutan Mercy Kentang. Generasi ini hadir dengan swing-axle tunggal revolusioner, dan juga teknologi lain seperti kopling otomatis, dan pemanas terpisah untuk pengemudi dan penumpang.

Mercedes-Benz W111 Fintail

Mercedes W11 Fintail adalah mobil pertama yang memperkenalkan crumple zone depan dan belakang

Lima tahun berselang, Mercedes-Benz Fintail W111/112 lahir dengan inovasi keselamatan mulai dari crumple zone depan dan belakang yang baru pertama dipakai di mobil, rem cakram di keempat roda, dan banyak lagi. Seperti Ponton, model Fintail punya nama yang unik juga di Indonesia yaitu Batman, mungkin karena model belakang bersirip khas Batmobile.

Salah satu model paling terkenal di sini adalah limosin W100 600 yang hadir dalam bentuk short-wheelbase dan model LWB Pullman yang diproduksi sebanyak 2677 unit antara tahun 1963 sampai 1981. Salah satu inovasi menarik di sini adalah penggunaan air-suspension yang membuat bantingan suspensi mobil jauh lebih nyaman.

Mercedes-Benz 600 Pullman

600 Pullman juga dipakai sebagai mobil kepresidenan Indonesia

Bisa dibilang, mobil dengan mesin V8 6.3L bertenaga 250 HP dengan bobot 2.600 kg ini cukup populer di kalangan elit politik dan selebritis, salah satu pemakai mobil satu ini adalah bapak Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno.

Kemudian, Mercedes-Benz meluncurkan W108 yang jadi model terakhir dengan penamaan model S yang ditaruh di belakang dengan line-up yang terdiri dari 250S, 250SE, 280S, 280SE, dan 280SEL yang punya dimensi lebih besar dibandingkan model Fintail. Karena ukurannya yang besar, model ini dijuluki sebagai Mercy Kebo di Indonesia.

Mercedes-Benz W108 500SEL yang dijuluki Red Pig

Jangan salah, S-Class juga pernah hidup sebagai mobil balap

Hadir juga model W109, yang secara model sangat identik namun dengan wheelbase yang lebih panjang 115 mm, dan self-leveling air suspension. Kesuksesannya sebagai varian premium Sonderklasse diteruskan dengan kehadiran varian LWB di generasi selanjutnya.

Eksperimen gila dilakukan engineer Mercedes, Erich Waxenberger, yang menaruh mesin V8 6.3L milik Pullman 600 ke W109 yang menghasilkan 300SEL 6.3. Sebuah saloon performa yang mengalahkan sportscar seperti Porsche 911S mati kutu.

Bagaimana tidak, akselerasi 0-100 km/jam bisa tuntas dalam waktu 5,7 detik dengan kecepatan puncak 230 km/jam. Mobil ini juga yang jadi proyek awal dari AMG yang meningkatkan tenaga mesin jadi 425 HP yang dijuluki Rote Sau, atau Red Pig, dan finis kedua di Spa 24 Jam 1971.

Sejarah Mercedes-Benz S-Class: Kelahiran S-Class

Setelah lama menggunakan term Sonderklasse sebagai line-up mobil mewahnya, nama Mercedes-Benz S-Class mulai generasi W116 yang rilis tahun 1972, yang dikenal di Indonesia dengan sebutan Mercy Barong.

Mercedes-Benz W116 S-Class

W116 jadi model pertama yang diberi nama S-Class

Di generasi ini, Mercedes-Benz S-Class sudah jauh lebih maju dari mobil mewah pabrikan lain dengan teknologi seperti Anti-lock Braking System pada tahun 1978, cruise control, sampai tangki bahan bakar tahan benturan di model 300SD, yang merupakan spesies sedan mewah pertama dengan mesin diesel.

>>> Informasi seputar model mobil baru 2020 bisa Anda lihat di sini

Satu tahun berselang, Mercedes-Benz S-Class W126 diperkenalkan tahun 1979 yang dikenal dengan Mercy Eagle di Indonesia. Dibanding generasi sebelumnya, S-Class W126 jadi yang paling lama masa produksinya sampai tahun 1991 dengan total 890 ribu unit terjual. Presiden Soeharto menggunakan model 500SEL sebagai mobil dinasnya sampai awal 1990-an.

Mercedes-Benz S-Class generasi W126

Generasi W126 jadi pencetus airbag depan

Teknologi mutakhir yang ada di generasi ini adalah airbag penumpang tahun 1981, disusul airbag penumpang tahun 1985, yang baru pertama diterapkan di mobil produksi. Selain itu, fitur seperti seat belt tensioner juga hadir.

Menggantikan model Eagle yang cukup populer, Mercedes-Benz S-Class hadir dengan generasi W140 tahun 1991. Seperti para pendahulunya, S-Class W140 memiliki teknologi revolusioner seperti Electronic Stability Programme (ESP), adaptive damping, brake-assist, sampai pintu dan bagasi yang bisa menutup sendiri.

Mercedes-Benz S-Class generasi W140

S-Class W140 jadi mobil jalanan pertama Mercedes dengan mesin V12

S-Class W140 juga jadi mobil Mercedes-Benz pertama dengan mesin 12-Silinder. Saat itu, varian paling bertenaga memakai mesin 6.0L dengan tenaga 410 HP.

Indonesia menggunakan model 300SEL untuk kendaraan para tamu di KTT Non-Blok 1992, model 600SEL dipakai presiden Soeharto mulai 1995, yang juga diwariskan ke penerusnya yakni BJ. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, sampai Susilo Bambang Yudhoyono.

Jelang pergantian milenium, tepatnya tahun 1998, generasi W140 digantikan Mercedes-Benz S-Class W220 dengan model yang benar-benar baru di mana body mobil lebih mungil dan ringan dibandingkan pendahulunya.

Mercedes-AMG S65 generasi W220

W220 jadi generasi S-Class pertama dengan varian AMG

Di generasi ini, Mercedes menghadirkan varian AMG pertama berbasis S-Class, S65 AMG jadi model paling bertenaga dengan 604 HP dan torsi 950 HP dari mesin V12 6.0L. 

Mengikuti siklus tujuh tahunan model, Mercedes-Benz S-Class W221 di Frankfurt International 2005 dengan model yang lebih besar dan agresif serta mesin dengan peningkatan tenaga 26%. Di generasi ini juga hadir model hybrid S400 hybrid untuk model besin, dan S300 BlueTech di mesin Diesel.

Mercedes-Benz S-Class generasi W221

Generasi W221 jadi model pertama dengan powertrain hybrid

Fitur teknologi baru yang disematkan di S-Class W221 cukup beragam seperti infrared Night View Assist, Blind Spot Assist, Park Assist, Lane Keeping Assist, dan Proximity Control termasuk Automatic Braking System. Dan pada facelift tahun 2010, performa pengereman dibuat lebih baik menggunakan Brake Assist Plus System yang bisa memonitor potensi kecelakaan dan meningkatkan pengereman.

Generasi W222 melanjutkan hegemoni Mercedes-Benz S-Class saat diperkenalkan secara massal tahun 2013. Namanya juga Sonderklasse, pasti ada teknologi yang pertama diterapkan di otomotif.

Mercedes-Benz S-Class generasi W222

S-Class W222 dapat menyesuaikan kondisi jalan secara visual dengan kamera stereo

Untuk model satu ini, lampu depan dan belakangnya sudah sepenuhnya LED. Selain itu, S-Class W222 juga memperkenalkan fitur seperti Magic Body Control berupa kamera stereo yang bisa memonitor kondisi jalan di depan dan menyesuaikan set-up suspensi dan damper sesuai dengan keadaan jalanan.

Dan pada awal September 2020, Mercedes-Benz S-Class generasi W223 diperkenalkan dengan segudang teknologi baru yang revolusioner. Salah satunya airbag untuk kursi belakang dengan bagian sisi yang membentuk struktur airbag, bukan gas seperti airbag pada umumnya.

Mercedes-Benz S-Class generasi W223

Lanjutkan tradisi, S-Class W223 memiliki segudang fitur revolusioner 

Selain itu, hadir juga teknologi Pre-Safe Impulse Side yang mengurangi dampak benturan samping ke dalam kabin dengan menaikkan sasis mobil. Sampai sistem otonom level tiga yang bisa melaju hingga keceptan 60 km/jam.

Dengan berbagai teknologi canggih, Mercedes-Benz S-Class menetapkan standar untuk pengembangan mobil penumpang. Tradisi ini masih terjaga sampai saat ini, apalagi dengan kehadiran S-Class W223 yang belum lama rilis.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Kerap Selimuti Mobil Prototype, Begini Sejarah Livery Kamuflase

29/08/2020

Mobil baru

4 menit

Tak jarang kita melihat prototype mobil baru yang sedang dites memakai livery kamuflase. Apa sih sejarah di balik corak tersebut, dan bagaimana penerapannya?

Lihat juga

Tengah Diuji Coba! SUV Terbaru Mercedes-Benz Indonesia Segera Diluncurkan

05/09/2020

Mobil baru

3 menit

Mercedes-Benz Indonesia baru saja memulai uji coba kendaraan terbarunya. SUV terbaru Mercedes-Benz ini sangat ditunggu-tunggu untuk bersaing di segmen SUV.

Lihat juga

Konsep Mercedes-Benz VRC yang Terlupakan, 4 Bodi dalam 1 Mobil

31/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Mobil konsep Mercedes-Benz VRC merupakan model yang terlupakan. Beberapa versi bodi dipasangkan dalam satu mobil lengkap dengan teknologi canggih Mercedes.

Lihat juga

Mercedes-AMG G63 Limo 2020 Racikan Inkas Sanggup Tahan Granat

26/08/2020

Mobil baru

5 menit

Inkas baru saja memperkenalkan sebuah Mercedes-AMG G63 Limo 2020 dengan kemampuan khusus. Selain jauh lebih panjang, mobil ini juga tahan serangan berbagai peluru.

Lihat juga

Bocoran Mesin Mercedes-Benz S-Class 2021, Maybach Pakai V12 6.0L

25/08/2020

Mobil baru

3 menit

Seiring dengan tanggal peluncuran yang semakin dekat, detail mesin Mercedes-Benz S-Class 2021 mulai terungkap. Mesin V12 masih dipertahankan, meski khusus untuk model Maybach saja.

Lihat juga