Dianggap Tiru Tesla, Ini Jawaban Wuling Soal Head Unit Almaz

04/03/2019

Mobil baru
Share this post:
Dianggap Tiru Tesla, Ini Jawaban Wuling Soal Head Unit Almaz
Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari model baru SUV Wuling Almaz adalah adanya head unit berukuran besar yang ditata secara vertikal. Banyak yang menganggap desain head unit Wuling Almaz ini meniru Tesla Model X dan Tesla Model S dimana keduanya lebih dulu menyematkan head unit vertikal berukuran besar. Bagaimana tanggapan Wuling Motor?

Foto Wuling Almaz tampak samping depan

Wuling Almaz resmi diluncurkan di Indonesia, hanya ada satu varian

Saat dimunculkan versi konsepnya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 Agustus tahun lalu, banyak pengunjung merasa kagum melihat tampilan Wuling SUV yang beda dari dua model sebelumnya, Confero dan Cortez. Namun kebanyakan juga maklum dengan model Wuling SUV yang tampak kekar dan gagah karena dia adalah SUV, bukan mobil keluarga biasa.

SUV Wuling Almaz yang resmi diluncurkan di Indonesia pada 27 Februari 2019 lalu baru jadi benar-benar jadi pemberitaan setelah bentuk aslinya diperkenalkan ke media di Sirkuit Balap Sentul Bogor pada 23 Januari 2019 dimana para awak media dipersilahkan menjajal sensasi berkendara di sepanjang sirkuit serta menjajal semua fitur yang tersedia. Tidak hanya itu, media diberi kesempatan untuk mengeksplorasi seluruh bagian mobil mulai dari eksterior, interior dan juga mesin.

Salah satu yang menarik dari Wuling Almaz dan terus menjadi sorotan yaitu adanya head unit yang terpasang di bagian tengah dashboard secara vertikal. Dimensinya 10,4 inchi sangat tidak umum buat mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia yang rata-rata hanya berukuran 7 inchi atau 8 inchi. Banyak yang bilang kalau desain head unit Wuling Almaz ini mirip dengan head unit Tesla Model X dan Tesla Model S, mobil listrik asal Amerika Serikat. Sebagian lagi menganggap Wuling Motor sengaja meniru Tesla demi mendapatkan popularitas.

>>> Review Wuling Almaz 2019: SUV Pertama Dari Wuling Yang Diluar Ekspektasi

Foto head unit Wuling Almaz berukuran besar

Head unit Wuling Almaz berukuran 10,4 inchi menjadi daya tarik tersendiri

Terkait hal ini Wuling Motors tidak menampik, penyematan head unit berukuran besar secara vertikal pada Wuling Almaz memang terinspirasi oleh Tesla. "Almaz memiliki fitur monitor layar sentuh besar yang mirip punya Tesla," ujar Brand and Marketing Director Wuling Motors, Yin Yi belum lama ini.

Selain menunjukkan kesan mewah, beberapa fitur kendaraan juga di operasikan dan ditampilkan melalui head unit layar sentuh ini seperti pengaturan AC, pengaturan sensor mobil, visual camera 360 derajat, fitur tekanan ban Tire Pressure Monitoring System (TPMS), mirroring Wuling Link dan yang lain.

>>> Apa yang ada di dalam Head Unit Wuling Almaz Layar 10,4 Inci, silahkan baca di sini!

Meski demikian, terlalu jauh jika membandingkan kualitas dan fungsional head unit Wuling Almaz dengan Tesla. Head unit Tesla Model X dan Tesla Model S berukuran sangat besar 17 inchi, menampilkan hampir semua fungsi fitur dan sistem operasi kendaraan yang meliputi Media, Navigasi, Control, dan Energy dengan resolusi yang sangat tinggi.

Foto head unit Tesla Model S berukuran sangat besar

Head unit Tesla Model S berukuran 17 inchi dengan resolusi tinggi

Dari sisi harga juga jauh berbeda. Wuling Almaz dijual dengan harga Rp 318,8 juta. Sedangkan Tesla Model S dijual dengan harga paling murah $69,750 untuk pasar AS atau setara Rp 980 jutaan, dan Tesla Model X dijual dengan harga paling murah $78,950 atau setara Rp 1,1 miliar.

Seperti apa fitur dan rasa berkendara Wuling Almaz, Anda bisa menyimak review test drive yang dilakukan tim Cintamobil.com di Sirkuit Sentul Bogor berikut:

>>> Berita informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top