DFSK Perkenalkan Mobil Listrik Pesaing Wuling GSEV

05/01/2022

Mobil baru

4 menit

Share this post:
DFSK Perkenalkan Mobil Listrik Pesaing Wuling GSEV
Tak mau ketinggalan dengan pesaingnya, DongFeng memperkenalkan mobil listrik mungil bernama FengGuang Mini EV yang akan menjadi pesaing utama Wuling GSEV.

Wuling HongGuang Mini EV atau dikenal sebagai GSEV di Tanah Air merupakan salah satu mobil listrik yang terbilang sukses di China. Mobil listrik mungil yang akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat itu cukup digemari di negara asalnya.

Tak mau ketinggalan tren, Dongfeng yang merupakan induk perusahaan dari DFSK ikut memasarkan mobil yang serupa dengan nama FengGuang Mini EV. Anda merasa ada kemiripan?

Serupa Tapi Tak Sama

Meski sama-sama mungil dengan desain serupa dan diberi nama yang sama, kedua mobil tersebut tidak terkait satu sama lain. Bagaimana dengan spesifikasi keduanya?

>>> Review DFSK Glory i-Auto 2020: SUV Kaya Fitur Terbaru DFSK

Gambar Wuling GSEV

FengGuang Mini EV memiliki banyak kesamaan dengan Wuling GSEV

Bicara dimensi, FengGuang Mini EV memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.640 mm dengan jarak sumbu roda 1.960 mm. Dimensi itu sedikit lebih besar dari sang rival dengan panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm dengan jarak sumbu roda 1.940 mm.

Secara tampilan mobil listrik milik Dongfeng grille lebih lebar, trim hitam di bumper depan, serta pintu, garis jendela dan lampu belakang yang menyatu dengan potongan trim hitam memanjang.

Gambar FengGuang Mini EV

Tampilan FengGuang Mini EV

Untuk rangkaian tenaga, FengGuang Mini EV mengusung motor listrik tunggal bertenaga 34 HP. Meski terkesan kecil, tenaga tersebut sudah terbilang cukup untuk kendaraan ringan yang akan didesain untuk mobilitas perkotaan. Wuling GSEV sendiri memiliki tenaga lebih kecil yaitu 27 HP.

>>> Surprise! DFSK Perkenalkan Mobil Listrik Seres SF5 di Surabaya

Akankah Dipasarkan di Indonesia?

Saat ini, Dongfeng FengGuang Mini EV baru akan diluncurkan di Tiongkok pada kuartal pertama 2022, dengan perkiraan harga $ 5.000 (sekitar Rp 72 juta), sedikit lebih mahal dari Wuling GSEV.

Apakah mobil ini akan dipasarkan di Indonesia nantinya? Well, kami belum mendapatkan informasi secara pasti mengenai kehadiran mobil ini untuk konsumen di Tanah Air.

Gambar DFSK Gelora-e

Saat ini DFSK baru memasarkan satu mobil listrik, yaitu Gelora E

Namun, melihat tren yang terjadi di Indonesia dan melihat DFSK cukup serius untuk menggarap mobil elektrifikasi, potensi mobil ini untuk dipasarkan di sini sebenarnya cukup besar. Apalagi, pesaingnya saat ini praktis baru Wuling GSEV saja.

Memang belum terbukti bahwa mobil mungil ini bisa digemari di Indonesia. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa mobil tersebut hanya akan menarik bagi untuk segmentasi yang sangat niche. Tetapi kalau harganya memang menarik, kenapa tidak?

>>> Temukan Mobil Bekas Idaman Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top