Detail Konsep Mercedes-Benz Vision AVTR yang Terinspirasi dari Avatar

09/01/2020

Mobil baru

2 menit

Detail Konsep Mercedes-Benz Vision AVTR yang Terinspirasi dari Avatar
Menggandeng sutradara kenamaan James Cameron, Mercedes-Benz Vision AVTR menghadirkan konsep bergaya futuristik yang terinspirasi dari film fiksi ilmiah Avatar.

Pada Consumer Electronic Summit (CES) 2020, Mercedes-benz mengandeng sutradara James Cameron untuk membuat mobil konsep bergaya futuristik yang ramah lingkungan. Disebut dengan nama Mercedes-Benz Vision AVTR, mobil ini memiliki desain yang terinspirasi dari film fiksi ilmiah Avatar yang disutradarai oleh James Cameron sendiri.

 mobil konsep Mercedes-Benz Vision AVTR berwarna putih
Mobil baru Mercedes-Benz Vision AVTR yang futuristik

>>> Perkenalkan Lawan Baru TESLA Motors Dari China: BYTON M-Byte Yang Siap Dijual 2020

“Kami mulai dari kondisi perkembangan saat ini dan menggunakan imajinasi kami untuk meningkatkan pandangan kami saat ini tentang "inovasi yang berpusat pada manusia" menjadi proyeksi dunia di mana manusia tertanam di seluruh biosfer. Semakin cepat kita mengatasi ini, semakin baik,” jelas Alexander Mankowsky, futurology Mercedes-Benz.

Eksterior dari mobil konsep Mercedes-Benz Vision AVTR menggunakan desain mobil sport empat pintu yang dibuat rendah. Lampu yang menyala dengan tampilan neon layaknya desain kendaraan dalam film TRON menghiasi fasia depan dan belakang. Tanpa grille, mengisyaratkan mobil ini tak menggunakan mesin bensin yang terkesan ‘kuno’.

Dilansir dari berbagai sumber, roda yang ringan dan berbentuk seperti bola yang disebut terinspirasi oleh “biji Pohon Jiwa” yang terdapat pada film Avatar (2009). Roda khusus ini tidak hanya membuat Vision AVTR bisa bergerak ke samping, tapi juga secara diagonal.

 bagian belakang Mercedes-Benz Vision AVTR berwarna hitam
Ada 33 ‘bionic flap’ yang digunakan untuk menambah aerodinamika

>>> Review Mercedes-Benz A200 Sedan 2019: The Reincarnation of Baby Benz

Pada bagian belakang, ada 33 ‘kepakan bionik’ untuk memberikan kesan sisik yang bisa membuka dan menutup dengan sempurna. Tak hanya untuk tampilan saja, semuanya bisa bergerak dalam sinkronisasi dan membantu aerodinamika saat berkendara.

Interiornya tertata rapi dengan kesan pesawat luar angkasa pada film fiksi ilmiah. Elemen pencahayaan di dalam mobil pun terlihat mengesankan. Kursi, dashboard, dan lantai dibuat dari bahan daur ulang kulit imitasi “Dinamca” dan “Karoon”, material kayu yang dipanen dari akar pohon yang ditemukan di hutan hujan Amazon.

kontrol tengah Mercedes-Benz Vision AVTR berwarna putih 
Kontrol tengah terlihat seperti tampilan pesawat di film fiksi ilmiah

>>> Cek informasi terkini seputar Mobil Baru 2020 di sini

Dan seperti yang terlihat, tidak ada setir. Sehingga Anda bisa bersantai dengan kursi seperti bucket seat namun lebih mulus, ketika mobil berkendara di jalanan. Letakkan tangan pada sistem kontrol di tengah, kendaraan akan membaca denyut nadi pengemudinya. Sementara itu, layar pusat yang besar memberikan kesan futuristik pada mobil ini.

Mercedes mengatakan bahwa mobil ini menggunakan baterai berbasis graphene yang dapat terurai dan tidak menggunakan unsur yang langka. Baterai Graphene saat ini sedang dikembangkan, tapi masih dalam tahap penelitian. Jadi tampaknya masih lama untuk graphene bisa digunakan secara massal.

interior Mercedes-Benz Vision AVTR berwarna putih
Interior yang unik dengan ambience light dan tanpa setir

Kerjasama dengan James Cameron membuat konsep desain yang unik dari Vision AVTR. Walaupun belum ada kejelasan tentang produksi mobil ini, tapi desainnya yang unik dan futuristik terkesan menyatu dengan film Avatar yang akan mendapatkan sekuelnya pada 2021 mendatang.

>>> Klik sini untuk lanjut update news lainnya

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top