Ada Suzuki Jimny Versi Kekar dari Korea Selatan, Begini Wujudnya

28/07/2021

Mobil baru

3 menit

SsangYong Motor tidak mau melewatkan gelombang SUV boxy yang sedang naik daun. Mereka mengumumkan sketsa desain yang disebut X200 yang mirip Suzuki Jimny.

Desember tahun lalu, SsangYong Motor menjalani restrukturisasi setelah gagal membayar kembali kreditur. Beralih ke hari ini, nampaknya perusahaan yang dikenal dengan SUV ini berusaha untuk bangkit setelah perusahaan induknya, Mahindra & Mahindra sedang mencari pembeli saham mayoritas.

Sebelumnya mereka memperkenalkan tampilan SUV listrik J100, kini mereka membocorkan sketsa SUV dengan jejak desain boxy yang familiar bertajuk X200.

Gambar SsangYong J100

J100 didapuk menjadi SUV masa depan yang melanjutkan sejarah panjang pabrikan SUV Korea Selatan ini

Calon SUV Populer

Desain SUV terbaru ini turut mempertegas filosofi desain terbaru mereka yang dijuluki 'Powered by Toughness' yang diperkenalkan pada J100. Filosofi desain tersebut memiliki empat elemen kunci yakni Robust Architecture, Unexpected Delight, Vibrant Contrast, dan Communion with Nature.

>>> 12 Momen Bersejarah Selama 80 tahun Jeep  

"Dengan desain terbaru ini, SsangYong menunjukkan identitas produk terbaru untuk mengomunikasikan sebuah SUV kekar dan modern," ujar seorang juru bicara SsangYong Motor.

Gambar SsangYong X200

Desain grille dan lampu depan mirip dengan Jeep Wrangler dan Suzuki Jimny

Jika dilihat sekilas, desain X200 mengingatkan kami pada SUV populer seperti Suzuki Jimny atau Jeep Wrangler. Terutama dengan postur kekar serta fascia depannya yang mengusung grille berdesain slot yang diapit oleh dua lampu bulat.

Beralih ke samping, SsangYong X200 mengikuti garis desain mengotak seperti J100 yang digabungkan dengan beberapa elemen SUV populer lainnya. Misalnya garis bingkai kaca samping ketiga X200 terlihat mirip seperti Toyota Land Cruiser 300.

Sementara di bagian buritan, X200 memiliki desain yang mirip seperti Ford Bronco atau Suzuki Jimny minus ban serep yang biasanya jadi ciri khas SUV tangguh.

>>> Hyundai Casper, Si 'Hantu Baik Hati' Saingan Toyota Raize dan Rocky

Seperti Apa Spesifikasinya?

Gambar Sketsa X200

Saat ini SsangYong X200 masih berbentuk sketsa saja

Sayangnya, pihak SsangYong Motor masih enggan detail terkait spesifikasi atau tanggal peluncuran versi utuh dari SsangYong X200. Kalau kami bisa beropini, kami akan sangat tertarik jika mobil ini menggunakan motor listrik murni atau bahkan sistem hybrid. Itu bukan sesuatu yang mustahil mengingat J100 diluncurkan sebagai mobil listrik.

Kalaupun mereka memilih mesin konvensional sebagai dapur pacu X200, kami percaya bahwa mobil ini akan menggunakan mesin kecil seperti Suzuki Jimny. Mungkin di kisaran 1.500 cc atau bahkan dengan kubikasi lebih kecil yang dibantu perangkat turbocharger.

Daripada berspekulasi, mari kita tunggu saja sepak terjang SUV yang nampaknya akan menjadi volume maker pabrikan asal Korea Selatan ini. Tunggu, bagaimana dengan mesin diesel? Torsi besar, apalagi jika dibekali dengan penggerak 4x4.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top