Debutnya Sangat Ditunggu, Chevrolet Corvette C8 2020 Masih Diselimuti Banyak Masalah

14/03/2019
Sosok Chevrolet Corvette C8 2020 terlihat beberapa kali sedang menjalani pengetesan. Namun sayang, rumor mengatakan masih banyak masalah teknis yang menyelumuti supercar terbaru kebanggan General Motors ini

Hingga kini General Motors (GM) tetap bungkam tentang Chevrolet Corvette C8 2020. Namun ada beberapa rumor terbaru yang mengatakan bahwa debut Chevrolet Corvette C8 2020 di hadapan publik akan ditunda karena tiga masalah besar. Meski sosoknya beberapa kali bocor di media dan terlihat sedang melakukan test. Salah satu yang paling hangat ketika tertangkap kamera sedang melakukan test jalan di California beberapa waktu lalu. Saat itu, rumor bahwa Chevrolet Corvette C8 2020 yang menggunakan platform mesin tengah atau mid engine semakin jelas terlihat.

Chevrolet Corvette C8 sedang lakukan test jalan dengan bodi kamuflase

Beberapa unit Chevrolet Corvette C8 2020 ketika tertangkap kamera sedan lakukan test di California, Februari 2019 lalu

>>> Mungkin Anda tertarik:

Menurut Hagerty, rumor pertama mengenai masalah yang menyelimuti Chevrolet Corvette C8 2020 adalah penggunakan platform komponen elektrikal terbaru, lebih jelasnya pada komponen Controller Area Network (CAN) Bus. Namun ironisnya, para insinyur GM dilaporkan mengalami masalah dengan beberapa komponen elektrikal, termasuk CAN Bus dan butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk mengatasi masalah elektrikal.

Masalah kedua adalah rumor berhembus pada varian Chevrolet Corvette C8 2020 paling bertenaga yang akan dilengkapi dengan mesin V8 twin-turbo terbaru. Performa maksimal diklaim menghasilkan antara 900 hingga 1.000 hp. Namun mesin bertenaga brutal tersebut ternyata membawa (lagi-lagi) masalah. Penyebabnya adalah struktur sasis alumunium yang digunakan Chevrolet Corvette C8 2020 tak kuat untuk menahan entakan tenaga yang begitu besar dan mengalami kerusakan struktural pada sasisnya. Konon entakan tenaga super besar tersebut mampu membuat kaca di lubang palka yang menutupi mesin pecah.

Chevrolet Corvette C8 2020 sedang lakukan test di trek tertutup

Konstruksi sasis lightweight dari alumunium konon masih bermasalah dengan kekuatannya

>>> Baca juga: Review Chevrolet Camaro 2019: Punya Transmisi Baru dan Tampilan Makin Sangar

Masalah terakhir sedikit lebih misterius, tetapi publikasi mengatakan desainer dan insinyur memiliki ketidak-cocokan tentang desain atau konstruksi pada Chevrolet Corvette C8 2020. Memang masih belum jelas tentang rumor ini, namun Hagerty mengira bahwa kemungkinan besar, ketidak-cocokan tersebut mencakup visibilitas hingga masalah ergonomis pada bagian interior Chevrolet Corvette C8 2020 yang memang berubah drastis dari model terdahulunya. Terlebih rumor paling panas adalah persetujuan General Motors untuk memuluskan rencana adopsi konstruksi mesin tengah atau mid engine.

Chevrolet Corvette C8 2020 difoto dari depan

Chevrolet Corvette C8 2020 kabarnya akan ditawarkan dengan beberapa pilihan mesin V8

Terlepas dari masalah, banyak kalangan berspekulasi Corvette Corvette C8 2020 bisa saja diluncurkan pada tahun ini. Rumornya, saat yang tepat untuk memperkenalkannya ke publik untuk pertama kalinya lewat acara peringatan 25 tahun National Corvette Museum yang dimulai pada 28 hingga 31 Agustus 2019 kelak.

>>> Simak deretan informasi mobil terbaru 2019 di sini

Chevvrolet Corvette C8 2020 difoto dari belakang

Chevrolet Corvette C8 2020 mendapatkan beberapa ubahan radikal, salah satunya kini menganut lay-out mesin tengah atau mid engine

Terlepas dari kapan dan di mana Chevrolet Corvette C8 2020 akan diluncurkan, begitu juga masalah yang menyelimutinya, di mata pecinta Chevrolet Corvette dan beberapa kalangan justru juga menyoroti satu rumor lagi. Rumor tersebut tak lain adalah dugaan bahwa kemungkinan paling masuk akal untuk GM adalah dengan menggunakan mesin V8 6.200 cc naturally aspirated yang diupgrade untuk menghasilkan tenaga setidaknya 500 hp. Mesin V8 tersebut rumornya akan ditawarkan sebagai varian entry level dengan menggunakan nama legendaris Stingray. Sementara kemungkinan untuk menggunakan mesin V6 dengan turbo ganda masih sebatas rumor.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Pratomo FJ

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain