Debut Tahun Ini, BMW M3 Punya Opsi Transmisi Manual

21/01/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Debut Tahun Ini, BMW M3 Punya Opsi Transmisi Manual
Menyusul BMW 3 Series sudah hadir sejak pertengahan tahun lalu, dan varian coupe 4 Series akan hadir. BMW mengonfirmasi bahwa BMW M3 dan M4 akan diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun 2020, seperti apa detailnya?

Dalam rilis menyusul rekor penjualan yang ditorehkan BMW M sepanjang 2019, BMW mengonfirmasi bahwa BMW M3 dan BMW M4 akan diperkenalkan tahun ini, serta diproduksi akhir tahun ini untuk dipasarkan mulai 2021 mendatang.

Hal ini didukung foto bagian belakang BMW M3 pra-produksi yang bocor di jejaring sosial Facebook Oktober lalu, yang juga sudah dikonfirmasi oleh bos divisi M BMW, Markus Flasch. Belum lagi serangkaian tes industri di Nurburgring sepanjang 2019, yang sudah menunjukkan bagaimana bentuk dan desain mobil meski masih dibalut livery kamuflase.

Gambar menunjukkan sebuah mobil BMW M3 2021 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Seperti ini penampakan bagian belakang M3 2021 yang sudah dikonfirmasi bos BMW M

>>> BMW M cetak rekor penjualan, penjualan BMW Group Indonesia naik 11%

Dan sama seperti pendahulunya, M3 dan M4 akan memakai mesin twin-turbo 3.000cc inline-6. Namun ini bukanlah mesin yang sama, melainkan mesin S58 yang digunakan X3 dan X4 M. Pada kedua SUV BMW tersebut, S58 menghasilkan tenaga 473 HP dan torsi 600 Nm, bahkan sampai 503 HP pada trim competition. Rasanya, BMW M3 akan memiliki tenaga serupa.

Yang menarik, Klaus Frolich selaku bos R&D BMW menjanjikan bahwa M3 serta M4 akan menghadirkan transmisi manual dengan penggerak roda belakang yang akan jadi trim terendah. BMW juga menghadirkan sistem penggerak empat roda seperti yang digunakan M5 dan M8, meski sifatnya opsional.

Gambar menunjukkan BMW M3 Evo bertransmisi manual

BMW akan menghadirkan M3 dengan transmisi manual dan penggerak roda belakang sebagai varian paling rendah

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Untuk varian bertransmisi otomatis, BMW akan memakai formula sama seperti M2 dan M4 yang masih diproduksi saat ini, yakni transmisi otomatis konvensional torque converter delapan percepatan. Yang berarti M3 G80 akan jadi yang pertama dengan transmisi matic konvensional setelah E36, karena E46 memakai sequential manual, sementara E90 dan F80 memakai transmisi matic kopling ganda.

Dan seperti generasi sebelumnya, BMW M3 akan dijual sebagai sedan empat pintu. Sedangkan untuk M4 hadir dalam dua bentuk, yakni coupe dan convertible. Namun berdasarkan video spy terbaru di mana BMW yang mengganti hardtop yang dari 4 Series sebelumnya menjadi softop, M4 Convertible juga akan memakai softop yang membuat bobot mobil sedikit terpangkas.

>>> Berita mobil baru lain yang tak kalah menariknya dapat Anda lihat di sini

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

BMW Seri 7 Kesayangan Rapper Tupac ini Bisa Jadi Milik Anda dengan Harga Rp 23,8 Milyar!

20/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Salah satu mobil kesayangan rapper legendaris Tupac, yakni BMW Seri 7 yang menemani hingga akhir hidupnya tersebut pun akhirnya siap berpindah tangan

Lihat juga

BMW M8 Gran Coupe dan MINI Clubman akan Menjadi Mobil Baru BMW Group Indonesia Tahun Ini

17/01/2020

Mobil baru

2 menit

Dua mobil baru BMW Group akan diperkenalkan di Indonesia tahun 2020. Keduanya akan mengusung nafas sporty dan special khas BMW dan MINI.

Lihat juga

Cintamobil TV: Razia Dealer ke BMW Premium Selection Certified Pre-Owned

18/01/2020

Event - Promosi

2 menit

Ingin membeli mobil bekas BMW dengan kondisi layaknya baru? Razia Dealer Cintamobil TV mengajak Anda bertandang ke BMW Premium Selection Certified Pre-Owned.

Lihat juga

BMW Hentikan Produksi BMW i8 Mulai April

14/01/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah enam tahun diproduksi sebagai flagship mobil listrik BMW i, BMW mengonfirmasi bahwa mulai April ini produksi BMW i8 hybrid sportscar resmi dihentikan. Dan akan digantikan dengan line-up BMW i terbaru.

Lihat juga

BMW X7 ZeroG Lounger Hadirkan Konsep Jok Paling Relaks & Nyaman dari BMW

11/01/2020

Mobil baru

3 menit

BMW merancang konsep jok BMW X7 ZeroG Lounger yang menawarkan kenyamanan terbaik, tanpa mengurangi unsur keselamatan pengguna. Seperti apa bentuk konsep joknya?

Lihat juga