Debut Tahun Ini, BMW M3 Punya Opsi Transmisi Manual

21/01/2020
Menyusul BMW 3 Series sudah hadir sejak pertengahan tahun lalu, dan varian coupe 4 Series akan hadir. BMW mengonfirmasi bahwa BMW M3 dan M4 akan diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun 2020, seperti apa detailnya?

Dalam rilis menyusul rekor penjualan yang ditorehkan BMW M sepanjang 2019, BMW mengonfirmasi bahwa BMW M3 dan BMW M4 akan diperkenalkan tahun ini, serta diproduksi akhir tahun ini untuk dipasarkan mulai 2021 mendatang.

Hal ini didukung foto bagian belakang BMW M3 pra-produksi yang bocor di jejaring sosial Facebook Oktober lalu, yang juga sudah dikonfirmasi oleh bos divisi M BMW, Markus Flasch. Belum lagi serangkaian tes industri di Nurburgring sepanjang 2019, yang sudah menunjukkan bagaimana bentuk dan desain mobil meski masih dibalut livery kamuflase.

Gambar menunjukkan sebuah mobil BMW M3 2021 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Seperti ini penampakan bagian belakang M3 2021 yang sudah dikonfirmasi bos BMW M

>>> BMW M cetak rekor penjualan, penjualan BMW Group Indonesia naik 11%

Dan sama seperti pendahulunya, M3 dan M4 akan memakai mesin twin-turbo 3.000cc inline-6. Namun ini bukanlah mesin yang sama, melainkan mesin S58 yang digunakan X3 dan X4 M. Pada kedua SUV BMW tersebut, S58 menghasilkan tenaga 473 HP dan torsi 600 Nm, bahkan sampai 503 HP pada trim competition. Rasanya, BMW M3 akan memiliki tenaga serupa.

Yang menarik, Klaus Frolich selaku bos R&D BMW menjanjikan bahwa M3 serta M4 akan menghadirkan transmisi manual dengan penggerak roda belakang yang akan jadi trim terendah. BMW juga menghadirkan sistem penggerak empat roda seperti yang digunakan M5 dan M8, meski sifatnya opsional.

Gambar menunjukkan BMW M3 Evo bertransmisi manual

BMW akan menghadirkan M3 dengan transmisi manual dan penggerak roda belakang sebagai varian paling rendah

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Untuk varian bertransmisi otomatis, BMW akan memakai formula sama seperti M2 dan M4 yang masih diproduksi saat ini, yakni transmisi otomatis konvensional torque converter delapan percepatan. Yang berarti M3 G80 akan jadi yang pertama dengan transmisi matic konvensional setelah E36, karena E46 memakai sequential manual, sementara E90 dan F80 memakai transmisi matic kopling ganda.

Dan seperti generasi sebelumnya, BMW M3 akan dijual sebagai sedan empat pintu. Sedangkan untuk M4 hadir dalam dua bentuk, yakni coupe dan convertible. Namun berdasarkan video spy terbaru di mana BMW yang mengganti hardtop yang dari 4 Series sebelumnya menjadi softop, M4 Convertible juga akan memakai softop yang membuat bobot mobil sedikit terpangkas.

>>> Berita mobil baru lain yang tak kalah menariknya dapat Anda lihat di sini

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain