Debut Porsche Mission R Concept, Calon Mobil Balap Masa Depan

07/09/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Porsche memperkenalkan mobil balap listrik Mission R Concept pada ajang IAA Mobility 2021. Mobil ini akan meramaikan sirkuit-sirkuit di dunia pada tahun 2025.

Porsche memiliki sejarah panjang di dunia motorsport. Selama tiga dekade terakhir, divisi motorsport mereka telah memproduksi dan mendistribusikan lebih dari 4.400 mobil balap yang berlaga dalam 30 seri one-make race di seluruh dunia.

Selaras dengan misi elektrifikasi mereka, Porsche memperkenalkan konsep Porsche Mission R, sebuah mobil balap konsep yang mengisyaratkan arah perusahaan menjadi pabrikan listrik sepenuhnya di masa depan.

Gambar Porsche Mission R

Calon mobil balap masa depan Porsche

Seukuran Cayman dengan Tenaga GT2 RS

Porsche Mission R punya panjang 4.326 milimeter, lebar 1.990 mm, dan tinggi 1.190 mm. Artinya mobil ini punya dimensi yang cukup mirip dengan 718 Cayman.

Mobil ini dibekali dengan dua motor listrik, dengan unit 429 HP di gandar depan dan 644 HP yang menggerakkan roda belakang.

Dalam mode Race, Mission R menghasilkan tenaga 671 HP secara konsisten. Tetapi dalam mode Qualifying, kombinasi motor listrik mobil balap ini mampu menghasilkan tenaga hingga 1.073 HP.

>>> Porsche Bocorkan Mobil Konsep Baru, Bakal Jadi Pengganti 918 Spyder?

Gambar Porsche Mission R

Motor listrik yang lebih bertenaga di gandar belakang mengisyaratkan sensasi berkendara mobil RWD

Tenaga tersebut dikirim dari baterai 80 kWh yang menurut klaim Porsche, dapat bertahan selama 30 hingga 45 menit saat mobil dipacu di sirkuit. Sebagai perbandingan, mobil GT Porsche terkencang, 911 GT2 RS memiliki tenaga 691 HP.

Sistem All Wheel Drive Mission R bisa melesatkan mobil ini dari 0 - 100 km/jam hanya dalam 2,5 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 300 km/jam. Perusahaan asal Jerman ini juga mengatakan Mission R bisa menyamai catatan lap mobil balap Porsche 911 GT3 Cup.

>>> Porsche Taycan 2022 Dibekali Android Auto dan Bisa Parkir Sendiri

Sistem kelistrikan 800 volt Porsche Taycan menjadikan mobil listrik ini menjadi salah satu dengan pengisian tercepat yang saat ini dijual. Porsche meningkatkan sistem tersebut menjadi 900 volt pada Mission R yang dapat diisi ulang dari 5 hingga 80 persen hanya dalam 15 menit.

Gambar Porsche Mission R

Diklaim punya performa yang serupa dengan GT3 Cup di lintasan balap

Bukan Mobil Jalanan Yang Dimodifikasi

Biasanya, divisi motorsport Porsche mengambil mobil jalanan dari jajaran produk mereka dan memodifikasinya menjadi mobil balap untuk sirkuit. Tetapi, Mission R merupakan hasil kolaborasi dari desainer dan insinyur balap Porsche yang dikerjakan dari nol.

Alih-alih menempelkan roll cage seperti mobil-mobil GT mereka yang lainnya, cage serat karbon komposit Mission R diintegrasikan ke dalam struktur mobil itu sendiri. Cage tersebut bisa Anda lihat pada atap mobil yang dideskripsikan oleh Porsche sebagai exoskeleton.

Gambar Porsche Mission R

Selain faktor keselamatan, exoskeleton di atap ini juga menambah nilai estetika

Sistem pendinginan mobil ini juga dipikirkan matang-matang dan diintegrasikan ke desain eksterior dan aerodinamika aktif. Mobil ini membutuhkan banyak udara untuk mempertahankan suhu baterai yang relatif stabil di lintasan balap.

Salah satu elemen desain tersebut terlihat pada kisi-kisi di saluran udara depan yang dapat membuka dan menutup tergantung pada kebutuhan pendinginan. Kisi-kisi tersebut juga bekerja dengan sayap belakang mobil yang dapat disetel.

>>> Rayakan 25 Tahun Manthey Racing, Porsche Luncurkan 911 GT2 RS Spesial

Bicara soal bodi, Porsche mengatakan mobil ini terbuat dari plastik yang diperkuat serat alami (NFRP). Pemilihan bahan tersebut mempertimbangkan faktor keberlanjutan lingkungan yang menjadi fokus perusahaan untuk masa depan.

Gambar Interior Porsche Mission R

Jika tidak ada waktu ke sirkuit, Anda bisa menggunakan kabin Porsche Mission R sebagai simulator balap

Sedangkan di dalam kabin, Anda tak akan menemukan banyak fitur dan kemewahan karena mobil ini memang diciptakan untuk balap sirkuit. Uniknya, modul pengemudi di dalam kabin juga bisa digunakan sebagai simulator balap esport.

Saat ini Porsche Mission R adalah prototipe yang berjalan, tetapi Porsche mengatakan mobil ini masih butuh pengembangan dan baru bisa diproduksi pada tahun 2025 atau 2026.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top