Dapat Diskon PPnBM, Daihatsu Rocky-Toyota Raize Bakal Diproduksi Lokal

02/03/2021

Mobil baru

4 menit

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menjadi model mobil yang mendapat diskon PPnBM. Itu juga sekaligus menandakan keduanya bakal diproduksi di dalam negeri.

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Toyota Raize

 

Kehadiran duo mobil baru berwajah kembar garapan Daihatsu dan Toyota kian dekat. Ya, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize dipastikan meluncur tahun ini. Hal itu diketahui usai nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ikut tercantum dalam daftar kendaraan yang mendapat relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). 

Perlu diketahui, aturan diskon PPnBM itu berlaku selama sembilan bulan ke depan hingga Desember 2021 dalam tiga tahap yakni pengurangan 100% untuk tiga bulan tahap pertama, pengurangan 50% untuk tiga bulan tahap kedua, dan pengurangan 25% untuk tiga bulan tahap ketiga. Ini sekaligus menandakan bahwa Rocky dan Raize akan meluncur tidak lebih dari Desember 2021. 

Toyota Raize

Raize bakal diproduksi lokal

>>> Intip Kisi-kisi Harga Rocky-Toyota Raize

Daihatsu Rocky-Toyota Raize Diproduksi Lokal

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Diahatsu Rocky

 

Selain kepastian meluncur tahun ini, Rocky dan Raize juga diketahui bakal diproduksi dalam negeri. Sebab, dalam aturan diskon PPnBM yang tertuang dalam Kepmenperin No.169 tahun 2021 itu disebutkan bahwa hanya mobil segmen Sedan dan 4x2 dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc dan diproduksi di dalam negeri berhak mendapat keringanan tersebut. 

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa baik Rocky maupun Raize akan diproduksi di dalam negeri. Dari yang sudah-sudah, mobil kembar garapan hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Tercatat hingga saat ini sudah ada empat mobil kembar yang lahir dari pabrik Daihatsu itu antara lain Xenia-Avanza, Sigra-Calya, Agya-Ayla, dan Rush-Terios.

Mengenal Fitur Canggih yang Tersemat pada Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky

Sinyal akan peluncuran Rocky pun tampak semakin jelas. Daihatsu beberapa bulan belakangan kerap mengumbar teknologi yang tersemat di dalam Rocky salah satunya pembahasan soal mesin turbo. Namun sayang, Daihatsu masih ogah mengungkap waktu peluncuran SUV sub-4 meter tersebut. 

Berbeda dengan Daihatsu, Toyota justru terlihat lebih kalem. Toyota memilih untuk tak memberikan komentar soal Raize dan terkesan lebih tertutup. 

>>> 5 Alasan Toyota Raize dan Rocky Juga Cocok Pakai Mesin 1.200 cc

NJKB Rocky-Raize Muncul di Permendagri

Belum lama ini, nama Rocky dan juga Raize diduga sudah tercantum dalam laman lampiran Peraturan Menteri dalam Negeri tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor tahun 2021. 

Rocky diisyaratkan dengan tipe A250RS-GMVVJ 1.0, kemudian ada juga A251RS-GBLFJ 1.2, dan A251RS-GMXFJ 1.2. Untuk mobil yang diisyaratkan sebagai Rocky itu memiliki NJKB mulai dari Rp 130 juta hingga Rp 168 juta. 

Daihatsu Rocky

NJKB Rocky di lampiran Permedagri

Kode serupa juga terdapat pada tipe mobil yang diduga sebagai Toyota Raize. Dalam daftar itu tertulis A250RA-GBVVJ 1.0T, A250RA-GMXVJ 1.0T, A251RA-GBXFJ 1.2, dan A251RA-GMXFJ 1.2. NJKB Raize tertulis Rp 146 juta sampai yang tertinggi Rp 198 juta. 

Tapi NJKB ini tak bisa menjadi patokan harga Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize. Tentunya ada sederet pajak lain yang membebani dan membuat harganya lebih mahal ketika meluncur nantinya.

>>> Daihatsu Rocky Hybrid Siap Mengaspal 2021, Pakai Teknologi Toyota

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top