Daihatsu Xenia Kembaran Avanza TNGA Siap Meluncur Akhir Tahun Ini?

27/05/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Daihatsu Xenia dikabarkan akan dirombak bersamaan dengan Avanza TNGA. Kabarnya Daihatsu Xenia generasi terbaru itu siap meluncur pada akhir tahun ini.

Rumor kehadiran Avanza TNGA di Tanah Air makin kuat belakangan ini. Kabarnya mobil sejuta umat itu bakal dirombak habis hingga bagian platformnya. Tapi Avanza TNGA tak sendirian. Sang kembaran Daihatsu Xenia juga disebut-sebut akan memiliki tampilan baru serta menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). 

Diberitakan Paultan, Kamis (27/5/2021), rumor kehadiran Daihatsu Xenia atau kalau di Malaysia lebih dikenal dengan Perodua Alza sudah menyeruak beberapa tahun belakangan.

Konsep DN Multisix

DN Multisix perdana unjuk gigi di GIIAS 2017

>>> Avanza-Xenia 2019 Bukan DN Multisix 2017, Kemana Mobil Konsep Cantik Ini?

Daihatsu Xenia Terbaru Siap Meluncur Akhir Tahun Ini?

Kali ini kehadiran kembaran Avanza TNGA itu justru makin jelas usai vendor penyuplai komponen Perodua menyebut akan mengembangkan MPV dengan kode nama D27A. Kabarnya lagi, mobil itu akan meluncur akhir tahun ini. 

"Kami saat ini dalam tahap pengembangan penggantian komponen pengganti Alza (D27A) yang direncanakan meluncur akhir 2021. Kami juga mendapat tugas untuk menyuplai Case Differential Assembly oleh Kikai Industri Malaysia yang merupakan vendor Tier-1 untuk modul transmisi Perodua. Diperkirakan akan diproduksi massal pada Desember 2021," jelas perusahaan bernama Sapura Industrial Berhad (SIB) dalam laporan tahunan. 

Kalau diperhatikan, perlahan tapi pasti mobil konsep yang dihadirkan Daihatsu dalam sejumlah pameran menjadi nyata. Sebelumnya ada Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize yang hadir dari konsep DN Trec pada Tokyo Motor Show tahun 2017. Praduga yang sama juga muncul saat Daihatsu memamerkan mobil konsep DN Multisix pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Banyak yang menduga bahwa DN Multisix merupakan generasi terbaru dari Avanza-Xenia. 

Foto kabin DN Multisix

Tampilan interior DN Multisix

Perlu diketahui, sesuai dengan namanya mobil konsep DN Multisix memang dirancang hanya untuk 6 penumpang termasuk sopir. Dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder, transmisi CVT dan berpenggerak roda depan hampir bisa dipastikan mobil ini punya performa mumpuni. 

Kemunculan generasi terbaru Avanza maupun Xenia ini memang makin kuat. Tim Cintamobil belum lama ini mendapat perkembangan terkini soal kehadiran Avanza TNGA.

Namun kabarnya berbeda lantaran Avanza TNGA disebut baru bisa mengaspal tahun depan. Kabar terbaru yang tim kami dapat, saat ini sang Avanza TNGA masih trial and error perihal bodywork mobilnya. 

"Avanza TNGA masih (dalam tahap) trial stage, (direncanakan) mass production tahun depan," ujar salah satu narasumber kami. 

Dipakai Daihatsu Rocky, Platform DNGA Bisa Bikin Harga Mobil Terjangkau

Platform DNGA sudah digunakan pada Daihatsu Rocky

Platform DNGA Sudah Digunakan pada Daihatsu Rocky

Kehadiran Avanza dan Xenia generasi terbaru dengan platform DNGA ini pastinya akan membuat dua mobil terlaris di Indonesia itu tampil berbeda dan bisa naik kelas. Tak menutup kemungkinan bahwa keduanya akan 'disetrum' dengan penyematan teknologi hybrid. Platform ini memiliki konsep  (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.

Angka ini memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetilnya, mulai pada ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien. Saat ini, platform DNGA sudah tersemat pada sejumlah model Daihatsu seperti Tanto, Taft, dan yang terbaru meluncur di Indonesia adalah Rocky. 

>>> Ini Sebabnya Penjualan Daihatsu Xenia Tahun 2020 Keok

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top