Daihatsu Terios Facelift Siap Ramaikan Jalanan Indonesia?

13/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Daihatsu Terios tampaknya akan mendapatkan sejumlah ubahan. Hal tersebut terungkap dalam undangan konferensi pers bertajuk 'Daihatsu Terios Improvement'.

Daihatsu Terios sepertinya bakal hadir dengan versi baru. Ya, setidaknya hal itu dapat terungkap dari sebuah undangan yang diterima tim Cintamobil.com. Dalam undangan tersebut, PT Astra Daihatsu Motor mengagendakan konferensi pers secara virtual bertajuk 'Daihatsu Terios Improvement' yang digelar pada Jumat 17 September 2021. 

Agenda tersebut bisa diartikan bahwa Terios bakal mendapat sejumlah ubahan. Sayang, hingga saat ini detail perubahan belum dapat diketahui dengan pasti apakah itu dari sisi eksterior, interior, ataupun penambahan fitur. 

Daihatsu Terios

Belum diketahui dengan pasti ubahan apa yang bakal tersemat pada Terios facelift

>>> Komparasi Terios vs Honda BR-V, Siapa Lebih Value for Money?

Daihatsu Terios Generasi Kedua Sudah Butuh Ubahan?

Penyegaran tampaknya memang dibutuhkan bagi Daihatsu Terios. Terlebih Terios merupakan salah satu andalan bagi Daihatsu di Tanah Air. Penjualannya juga memberikan kontribusi yang cukup signifikan kepada seluruh penjualan Daihatsu. Maklum, sejak meluncur tahun 2017, Terios generasi kedua ini belum mendapatkan ubahan lagi. 

Sebelum Terios mengalami ubahan, kembarannya Toyota Rush sudah lebih dulu menghadirkan tampilan baru lewat Rush GR Sport. Rush GR Sport hadir lebih sporty dengan nuansa khas Gazoo Racing. Adapun ubahan pada Rush GR Sport ini antara lain emblem GR di bagian belakang dan bodykit lebih sporty. 

Toyota Rush GR Sport juga mendapat fitur Android Auto dan Apple Car Play untuk sistem infotainmentnya. Kemudian ada juga Idling Stop yang memungkinkan mesin mati secara otomatis jika mobil idle.

Toyota Rush GR Sport

Tampilan Toyota Rush GR Sport

Bisa jadi ubahan yang nanti disajikan pada Terios ini tak beda jauh dari sang kembaran, yakni fokus pada bagian kosmetik sehingga tampilannya lebih sporty. Namun umumnya ada perubahan akan diikuti dengan kenaikan harga. 

Sebagai gambaran, Daihatsu Terios saat ini paling murah dibanderol Rp 210,9 juta. Sedangkan versi termahalnya ada pada tipe R AT Custom, Rp 264,8 juta. 

>>> 97.290 Unit Mobil Daihatsu Kena Recall Fuel Pump, Ini Permasalahannya

Sekilas tentang Terios Generasi Kedua

Sekadar kilas balik, Terios generasi kedua ini hadir perdana pada akhir 2017. Kala itu, Daihatsu mengubah total tampilan Terios. Ciri khas ban serep yang sangat identik dengan Terios tak ada lagi pada generasi kedua.

Terios generasi kedua dibuat lebih modern, sehingga ban serep yang semula menempel di pintu bagasi belakang dipindahkan ke bawah. 

Daihatsu Terios

Ciri khas ban serep di pintu bagasi belakang tak ada lagi di Terios generasi kedua

Desainnya pun tak lagi kotak seperti pendahulunya melainkan terlihat lebih aerodinamis. Di balik kapnya, Daihatsu menyematkan mesin 2NR-VE 1.500 yang dikenal dikenal irit, namun tetap memiliki performa yang optimal. Mesin itu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 13,9 Kg.m pada 4.200 rpm. 

Kira-kira ubahan apa yang pantas disematkan pada Terios ini? 

>>> Bedah Fitur Toyota Fortuner dan Rush GR Sport Terbaru

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top