Daihatsu Terios Disempurnakan, Sedikit Namun Menggigit

17/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
PT Astra Daihatsu Motor merilis Daihatsu Terios dengan fitur baru yakni idle stop dan fitur keselamatan agar tetap kompetitif dalam segmen pasar low SUV.

Menjadi produk unggulan di segmen pasar low SUV dengan penjualan rata-rata 1.500 unit per  bulan, wajar kalau PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selalu memberikan beragam penyempurnaan untuk Daihatsu Terios. Memang tidak serta merta menjadikan Terios sebagai yang terdepan di antara para kompetitornya. Tetapi paling tidak, kehadiran Terios versi improvement ini berperan penting untuk  menjaga loyalitas konsumen setia Daihatsu. 

>>> Tips Modifikasi Terios Tampil Gagah Bergaya Ala ALTO atau Rally Look

Efisiensi Bahan Bakar  

gambar hemat bensin

Eco Idle System dapat menghemat konsumsi bensin antara 5% - 10% saat stop and go 

Berangkat dari kesadaran tersebut,  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada hari Jumat, 17 September 2021, merilis Daihatsu Terios Facelift secara daring (online). Secara teknis, improvement yang diberikan oleh ADM untuk Daihatsu Terios terfokus pada aspek efisiebnsi (konsumsi bahan bakar) dan keselamatan.  

Demi meningkatkan efisiensi bahan bakar (mengurangi konsumsi bahan bakar), Daihatsu Terios improvement terbaru ini mendapatkan fitur Eco Idle System. Fitur ini akan mematikan mesin ketika Terios berada dalam kondisi kecepatan 0 km/jam, posisi transmisi (otomatis) di D (Drive) dan posisi rem (rem kaki dan rem tangan) sedang aktif. Jadi begitu kaki kanan tidak menekan pedal rem dan tangan kiri melepas rem tangan, mesin kembali hidup.   

gambar sashi daihatsu

Yasuo Sashi, test validator dan expert Daihatsu dengan pengalaman lebih dari 40 tahun 

Menurut  Yasuo Sashi yang sudah berpengalaman selaku test validator dan expert untuk Daihatsu, penerapan fitur Eco Idle System dapat menghemat konsumsi bahan bakar antara 5%-10%.

“Sekalipun mesin mati, AC (blower) tetap berfungsi. Kami telah memasang sensor untuk menjaga suhu kabin tetap 22oC. Jadi kalau suhu kabin menjadi lebih panas, mesin akan hidup untuk mengoperasikan kompresor AC,” jelas Sashi-san yang sudah  tinggal 10 tahun di Indonesia.    

gambar eco idle

Fitur Eco Idle System bisa dimatikan secara manual 

Pada sisi lain, Sashi-san juga menambahkan kalau fitur Eco Idle System dilengkapi fasilitas manual override sehingga bisa di-non-aktifkan secara manual oleh pengemudi. Sebab ada kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskan mesin untuk hidup terus semisal stop and go yang “rapat”. Terkait Eco Idle System, tim engineering ADM menyiapkan baterai dengan spesifikasi khusus—45 Ampere, quick charge & deep charge—agar tidak tekor ketika harus menghidupkan mesin berulang-ulang.  

Keselamatan Aktif

gambar keselamatan aktif

Fitur VSC-TCS bisa diaktifkan atau dimatikan oleh pengemudi 

10 tahun meneliti beragam macam jalan dan kondisi operasional Daihatsu Terios di Indonesia mendorong Yasuo Sashi untuk merekomendasikan ADM agar menambahkan fitur keselamatan aktif berupa HSA (hill start assist) dan VSC-TCS (vehicle stability control-traction control system). Fitur HSA sangat membantu pengemudi saat mobil berada dalam kondisi stop and go di jalan menanjak yang cukup  terjal. Sedangkan fitur VSC-TCS menjaga  stabilitas dari kemungkikan selip di jalan licin. 

Harga

Dengan tambahan fitur-fitur tersebut, berapa harga Terios versi improvement ini? Silakan simak tabel berikut 

Model 25% relaksasi PPn-BM 100% relaksasi PPn-BM
R Custom MT Rp 259,1 juta Rp 246,4 juta
R Custom AT  Rp 268,9 juta Rp 255,6 juta
R MT Rp 247,2 juta Rp 234,5 juta
R AT Rp 257 juta Rp 243,7 juta
X MT Rp 216,4 juta Rp 205,1 juta
X AT Rp 236,2 juta Rp 224,3 juta

>>> Daihatsu Terios Facelift Siap Ramaikan Jalanan Indonesia?

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top