Daihatsu Taft Concept Bangkitkan Era Sukses Jip Daihatsu

27/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Daihatsu Taft Concept Bangkitkan Era Sukses Jip Daihatsu
Daihatsu Taft Concept menjadi highlight penting dari Daihatsu pada saat Tokyo Auto Salon 2020. Bagaimana caranya Daihatsu bisa menghidupkan sang ikon SUV?

Jika menarik istilah produksi musik, Daihatsu bisa dibilang sedang gemar-gemarnya untuk remake model lama mereka dengan nafas modern. Terbukti tahun 2019 menjadi tahun Daihatsu me-remake model Daihatsu Rocky yang kini tampil sebagai compact SUV dan satu basis dengan Toyota Raize.

Sosok Daihatsu Taft Concept

Penampilan Daihatsu Taft Concept yang akan tampil di Tokyo Auto Salon 2020

Dan untuk tahun 2020, Daihatsu siap membawa nama model SUV mereka, Daihatsu Taft, ke era modern lewat Daihatsu Taft Concept. Ya, pengembangan lanjutan dari Daihatsu WakuWaku Concept di Tokyo Motor Show 2020 ini siap hadir di Tokyo Auto Salon 2020, Januari 2020 nanti.

Secara dimensi, Daihatsu Taft Concept masuk ke dalam fisik kei car yang memiliki nafas SUV tangguh. Memiliki dimensi 3.395 mm x 1.475 mm x 1.630 mm (P x L x T). Mobil konsep Daihatsu ini didukung ban berukuran 165/65 R15. Dari segi eksterior pun ia dirancang menampilkan sisi ketangguhan. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan overfender plastik di sisi fender roda, kemudian bumper tegak berpadukan front underguard, serta frame grille horizontal bertuliskan TAFT dengan lubang grille berbentuk vertikal.

Sosok Daihatsu Taft Concept dari sisi interior

Penampilan Daihatsu Taft Concept yang akan tampil di Tokyo Auto Salon 2020

Masuk ke dalam kabin, Daihatsu Taft Concept berdasarkan foto resmi dari Daihatsu sudah menggunakan fitur menarik seperti panoramic sunroof, sistem audio bergaya floating, serta kisi-kisi AC berbentuk kotak. 

Karena mobil ini akan masuk sebagai kei car di Jepang, diperkirakan mesin yang digunakan mobil ini adalah mesin 660 cc dengan pilihan naturally aspirated dan atau turbocharged yang dipadukan transmisi CVT. 

>>> Tertarik memiliki mobil Daihatsu Taft? Jika tertarik, klik di sini untuk melihat daftar semua mobil Daihatsu Taft dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Kisah Hidup Daihatsu Taft

Sebelum membahas akan seperti apa versi produksi dari Daihatsu Taft Concept nantinya, kami akan ajak Anda kembali sejenak melihat sejarah Daihatsu Taft secara global maupun di Tanah Air.

Daihatsu Taft F10 dirilis di Jepang pada tahun 1974

Sosok Daihatsu Taft F10 

Nama Daihatsu Taft yang memiliki arti "Tough and Almighty Four-wheel Touring Vehicle" lahir di tahun 1974. Generasi pertama Daihatsu Taft berkode F10 lahir dengan mesin bensin 4 silinder 954 cc berpenggerak 4x4. Masuk ke Indonesia di tahun 1976, mobil yang dikenal sebagai "Taft Kancil" ini dipergunakan sebagai kendaraan instansi pemerintah. 

>>> KIA Seltos Elektrik Hadir untuk Pasar Asia Tahun Depan

Daihatsu Taft F50 akhirnya beralih dari bensin menjadi mesin diesel

Penampilan Daihatsu Taft F50 alias "Taft Kebo"

Tepat di tahun 1979, Astra Daihatsu Motor merilis generasi terbaru Daihatsu Taft dengan kode bodi F50, yang sejatinya memiliki basis dan sasis F10. Menggunakan mesin indirect injection diesel 4-silinder 2.530 cc berpenggerak 4x4, "Taft Kebo" ini diproduksi sampai tahun 1985 dengan dua pilihan atap logam dan atap resin (Taft Hunter).

Daihatsu Taft F70 yang populer disebut Taft GT

Penampilan Daihatsu Taft F70 alias "Taft GT"

>>> Review Daihatsu Taft 1996 

Sejak tahun 1985 Daihatsu Taft hadir dengan "Taft GT" yang menggunakan mesin 2.765 cc dengan timing gear sebagai penggerak katup dengan pompa injeksi in-line (DL41) atau pompa injeksi rotari (DL42), dan masih berpenggerak 4x4. Berkode sasis F70, ia tersedia dalam versi SWB dan LWB (Single Cabin & Double Cabin). Hanya versi LWB yang bertahan dengan kode sasis F70 sampai tahun 2007. Sedangkan versi SWB makin bercabang dengan generasi-generasi lain, termasuk dengan cikal bakal Daihatsu Rocky.

Daihatsu Taft F70 yang populer disebut Taft hi-line

Penampilan Daihatsu Taft F69 versi "Taft Hiline GTL"

Tepat di tahun 1986, Astra Daihatsu Motor merilis "Taft Hiline" berkode F69. Singkat kata inilah generasi Taft paling ramai, termasuk lebih terjangkau karena menggunakan penggerak roda 4x2 sekalipun berbasis sama dengan Taft GT. Saat itu mobil ini terdiri dari versi Hiline GTS, GTX, dan GTL (Hiline Ranger & Family Wagon).

Daihatsu Rocky F75 dengan atap resin

Penampilan Daihatsu Rocky berkode basis F75

Per tahun 1988, Nama Daihatsu Rocky lahir sebagai versi "reinkarnasi" Taft Hunter karena beratap resin dan bisa dibuka pasang. Ia menggunakan kode basis F75, dan menggunakan wheelbase serupa seperti Hi-Line GTX (F69), tapi mesin dan transmisi ikut Taft GT (F70).

>>> Berita mobil baru lainnya dapat Anda lihat di sini

Daihatsu Taft F73 adalah generasi terakhir Taft yang dijual di Indonesia

Inilah sosok Daihatsu Taft F73 yang populer disebut Taft Independent

Untuk Daihatsu Taft sendiri akhirnya di tahun 1996 berganti sasis menjadi F73 (Taft Independent) dan F78 (Rocky Independent). Untuk Taft Independent merupakan lanjutan dari Taft GT (F70) versi SWB, dimana perubahan dari generasi tersebut ialah dalam hal suspensi Independent Front Suspension (lFS) di roda depan, dan gardan solid dengan per keong di roda belakang. Inilah generasi terakhir Daihatsu Taft sebelum akhirnya pensiun total di tahun 2007.

>>> Temukan berita otomotif lainnya di link ini

Share this post:

Berita lain

Review Daihatsu Rocky 2019: Reinkarnasi Daihatsu Taft Rocky?

08/11/2019

Editor rate:

Daihatsu Rocky lahir kembali. Tapi kini bentuknya bukan General Purpose Vehicle (GPV) seperti Daihatsu Taft Rocky lawas, namun tampil modern layaknya SUV modern. Lantas, apakah layak disebut sebagai reinkarnasi dari Daihatsu Taft Rocky?

Lihat juga

Review Daihatsu Taft 1996: Mobil ‘Pekerja Keras’ Paling Terjangkau

23/05/2019

Editor rate:

Bagi para pecinta Off-Road tentu tak asing dengan sosok mobil bernama Daihatsu Taft. Mobil kelahiran tahun 1996 ini merupakan model terakhir yang pernah dijual oleh Daihatsu, berakhir pada tahun 2007 lalu. Meski sudah tak lagi diproduksi lagi, Daihatsu Taft masih menjadi bahan pembicaraan orang-orang hingga era modern ini. Nah, apakah Anda ada rencana membeli mobil ini? Simak dulu penjelasan kami dalam review Daihatsu Taft 1996.

Lihat juga

Daihatsu Rocky Siap Masuk Indonesia 2020, Ini 5 Alasan Terkuatnya

10/12/2019

Mobil baru

3 menit

Daihatsu Rocky belum lama ini diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2019, dan kini Daihatsu Rocky siap masuk Indonesia 2020. Dan inilah 5 alasan terkuatnya.

Lihat juga

Baru Debut, Daihatsu Rocky Sudah Siap Dipasarkan?

30/10/2019

Mobil baru

4 menit

Jadi salah satu mobil yang mencuri perhatian di Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu sudah siap memasarkan mini-SUV Rocky ke pasar Jepang?

Lihat juga

Adu Kuat Mesin 1.000 cc Turbo Daihatsu Rocky vs All New Honda City / Jazz

11/12/2019

Mobil baru

3 menit

Kali ini tim Cintamobil.com akan melakukan komparasi teknik mengenai mesin 1.000 cc Turbo Daihatsu Rocky vs All New Honda City / Jazz. Mana mesin yang terbaik?

Lihat juga