Daihatsu Rocky-Toyota Raize Meluncur di Indonesia 5 April?

30/03/2021

Mobil baru

4 menit

Daihatsu Rocky-Toyota Raize dikabarkan meluncur tanggal 5 April. Sayang baik Daihatsu maupun Toyota belum memberikan jawaban gamblangnya terkait peluncuran.

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Toyota Raize

 

Daihatsu Rocky-Toyota Raize dikabarkan bakal mengaspal pekan depan tepatnya pada 5 April 2021.

Kabar itu santer beredar di sosial media, disertai dengan adanya pembukaan pemesanan untuk keduanya di masing-masing dealer Toyota maupun Daihatsu. Bagi Anda yang telah menanti kehadiran Daihatsu Rocky ataupun Toyota Raize tampaknya harap sedikit bersabar.

Mengenal Fitur Canggih yang Tersemat pada Daihatsu Rocky

Rocky perdana meluncur di Jepang tahun 2019

>>> Dapat Diskon PPnBM, Daihatsu Rocky-Toyota Raize Bakal Diproduksi Lokal

Peluncuran Masih Dirahasiakan

Pasalnya, baik Toyota dan Daihatsu kompak untuk menutup rapat informasi peluncuran duo SUV kembar tersebut. 

"Nggak bener. Nanti pada waktunya saya info ya," jelas Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra ketika dikonfirmasi Cintamobil, Selasa (30/3/2021). 

Senada dengan Daihatsu, Toyota pun enggan buka-bukaan terkait peluncuran dari Raize. Padahal, menurut informasi yang Cintamobil dapat dari pramuniaga Toyota, Raize disebut sudah bisa dipesan dan mengamini peluncurannya pada April. 

Tampilan Toyota Raize 2021

Raize dikabarkan sudah bisa dipesan di dealer

Mereka yang berminat meminang Toyota Raize pun diminta untuk menyiapkan uang booking sebesar Rp 5 juta. Sayang kepastian harga Raize belum diketahui. Namun diperkirakan harganya berada di kisaran Rp 160-250 jutaan. 

"Saya belum bisa komen untuk mobil baru ini," tutur Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy di kesempatan terpisah. 

Sekadar mengingatkan, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize memang sudah berkali-kali tertangkap kamera awak media maupun warganet. Peluncurannya seolah makin dekat karena Daihatsu sendiri cukup rajin menguliti kecanggihan yang ada di dalam Rocky. Mulai dari mesin, fitur, dan hal lainnya. Sedangkan Toyota justru terlihat lebih tertutup soal Raize.

>>> Ini Daftar Mobil Baru yang Dapatkan Insentif Pajak, ada Raize–Rocky

Belum Meluncur Tapi Sudah Dapat PPnBM

Kepastian peluncuran makin kuat usai pemerintah melalui Kementerian Perindustrian merilis daftar 21 mobil yang boleh mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mulai Maret-Desember 2021. Dalam daftar itu, ada nama Toyota Raize dan Daihatsu Rocky serta tertulis keduanya akan diproduksi di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor. 

pajak mobil baru dari Kementerian Perindustrian Indonesia

Daftar 21 yang dapat diskon PPnBM

Di sampin itu, nama Rocky dan juga Raize diduga sudah tercantum dalam laman lampiran Peraturan Menteri dalam Negeri tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor tahun 2021. 

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Daihatsu Rocky

 

Rocky diisyaratkan dengan tipe A250RS-GMVVJ 1.0, kemudian ada juga A251RS-GBLFJ 1.2, dan A251RS-GMXFJ 1.2. Untuk mobil yang diisyaratkan sebagai Rocky itu memiliki NJKB mulai dari Rp 130 juta hingga Rp 168 juta. Kode serupa juga terdapat pada tipe mobil yang diduga sebagai Toyota Raize. Dalam daftar itu tertulis A250RA-GBVVJ 1.0T, A250RA-GMXVJ 1.0T, A251RA-GBXFJ 1.2, dan A251RA-GMXFJ 1.2. NJKB Raize tertulis Rp 146 juta sampai yang tertinggi Rp 198 juta. 

>>> Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Toyota Raize

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top