Daihatsu Rocky Tipe Menengah, Hadirkan Value for Money Tinggi

03/09/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Setelah membahas tipe terendahnya, kali ini kami akan membahas Daihatsu Rocky tipe menengah yang memiliki value for money tinggi. Mari kita kenal lebih dekat.

Meski memiliki dua varian mesin, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meyakini bahwa Daihatsu Rocky 1.2 akan menjadi 'tulang punggung' penjualan mereka. Wajar saja, mobil tersebut menawarkan paket lengkap dengan harga yang cukup terjangkau.

Rocky bermesin 1.200 cc memiliki dua tipe, yaitu tipe M dan X. Sebelumnya kami telah membahas mengapa Rocky tipe M sebagai tipe terendah menjadi mobil yang paling rasional untuk dibeli. Meski begitu, Daihatsu Rocky tipe M justru menjadi mobil dengan value for money yang tinggi di antara keduanya.

Gambar Daihatsu Rocky tipe termurah

Bagi sebagian orang, mungkin fitur dan tampilan Rocky tipe M masih terlalu basic

Jika Rocky 1.2 M dibanderol mulai dari Rp 189,3 juta, Rocky 1.2 X dihargai mulai dari Rp 202,4 juta. Lantas, apa yang Anda dapatkan dengan selisih Rp 13 juta tersebut? Apakah layak tipe menengah ini dibawa pulang? Simak ulasan tim Cintamobil.com berikut ini.

>>> Daihatsu Rocky Tipe Termurah, Mobil Paling Rasional Untuk Dibeli

Peningkatan Kosmetik Yang Mengusir Kesan Murah

Meski menjadi mobil yang paling rasional untuk dibeli, tak bisa dipungkiri bahwa beberapa bagian dari Daihatsu Rocky tipe M membuatnya terkesan murah. Karena itu, Daihatsu memberikan beberapa peningkatan kosmetik yang signifikan pada Rocky X sebagai tipe menengah.

Salah satu yang paling terlihat adalah penggunaan velg alloy 16 inci yang menggantikan velg kaleng pada tipe M. Handel pintu juga tak lagi dilengkapi dengan lubang kunci karena mobil ini sudah menggunakan keyless entry.

Gambar Velg Alloy Rocky

Tipe X sudah dibekali dengan velg alloy 16 inci

Selanjutnya ada aksen piano black pada grille depan dan pintu bagasi yang menggantikan material plastik polos yang menghadirkan kesan mewah pada eksterior. Lampu utama juga sudah menggunakan LED yang memiliki penerangan lebih baik.

Rocky tipe X sudah dibekali dengan fog lamp yang dapat membantu visibilitas pengemudi saat menghadapi kabut. Anda juga mendapatkan wiper belakang yang akan sangat berguna saat berkendara dalam hujan.

>>> Serius, Renault Kiger Tantang Daihatsu Rocky?

Gambar fascia belakang Rocky

Pintu bagasi dihiasi aksen piano black dan sudah dibekali dengan wiper belakang

Beralih ke interior, Anda disuguhi oleh aksen silver pada setir, konsol tengah, dan panel AC, serta handel pintu chrome. Kluster instrumen juga sudah full digital, berbeda dengan tipe termurah yang masih analog dengan menggunakan jarum.

Tambahan Fitur Yang Meningkatkan Pengalaman Berkendara

Tak hanya peningkatan kosmetik, Anda juga mendapat beberapa penambahan fitur pada Daihatsu Rocky 1.2 X dibanding tipe termurahnya. Di bagian eksterior, Rocky tipe menengah ini dibekali dengan spion auto retract dengan pengaturan elektris.

Gambar tampilan interior Rocky 1.2 X

Tampilan interior Rocky 1.2 X

Masuk ke dalam kabin, Anda akan disambut oleh Welcome Lamp dan setir dengan tombol multifungsi yang tidak tersedia pada tipe termurah. Anda juga sudah tak perlu repot-repot memutar anak kunci untuk menyalakan mobil karena Rocky 1.2 X sudah dibekali dengan tombol start/stop.

Pengemudi juga lebih dimanjakan dengan adanya sensor parkir, penambahan USB connector, serta dua speaker tambahan di bagian belakang.

Semua yang kami jabarkan di atas dapat Anda dapatkan dengan selisih Rp 13 juta dari tipe termurah. Kami tidak yakin Anda bisa menghemat dana lebih besar dengan membeli Rocky tipe termurah dan memasang peningkatan kosmetik dan fitur tersebut sendiri.

Gambar Daihatsu Rocky

Semua peningkatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan menambah Rp 13 juta dari Rocky tipe termurah

Untuk semua perbedaan itu, menurut kami Daihatsu Rocky 1.2 X yang ditawarkan dengan harga Rp 202,4 juta untuk transmisi manual, dan Rp 219,1 juta untuk transmisi otomatis menghadirkan value for money yang tinggi.

>>> Dapatkan harga Daihatsu Rocky dan promo menarik lainnya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top