Daihatsu Rocky Siap Masuk Indonesia 2020, Ini 5 Alasan Terkuatnya

10/12/2019

Mobil baru

3 menit

Daihatsu Rocky Siap Masuk Indonesia 2020, Ini 5 Alasan Terkuatnya
Daihatsu Rocky belum lama ini diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2019, dan kini Daihatsu Rocky siap masuk Indonesia 2020. Dan inilah 5 alasan terkuatnya.

Bisa dibilang, kemunculan Daihatsu Rocky 2019 pertama kali di ajang Tokyo Motor Show 2019 minggu lalu adalah sebuah kejutan besar dari Daihatsu Motor Corporation. Meski saat itu tak ada emblem, namun SUV kompak itu dekat sekali dengan versi produksi. Karena jurnalis manapun di berbagai belahan dunia yang menyorot event akbar itu, hampir tak ada yang menyangka SUV kompak ini akan dipamerkan. Terlebih ia mengusung nama ‘Rocky’ yang mana itu adalah nama yang legendaris, apalagi di mata pecinta Daihatsu Taft. Dan mobil Daihatsu Rocky siap masuk Indonesia di 2020, dan ini 5 alasan terkuatnya:

1. Mesin Turbo Cocok Untuk Indonesia

Gambar menunjukkan Daihatsu THOR 2019

PT Astra Daihatsu Motor kini sedang menguji coba mesin 1.0 liter turbo di jalanan Indonesia dengan Daihatsu THOR

Saat ini, mesin dari Daihatsu Rocky 2019 ini sedang dites jalan oleh PT Astra Daihatsu Motor. Rocky akan dibekali mesin yang ringkas namun bertenaga. Mesin bensin 3-silinder dengan kode 1KR-VET dibenamkan di balik kap mobil ini. Secara konstruksi sebenarnya mesin ini mirip dengan mesin 1KR series yang digunakan oleh Daihatsu Ayla maupun Sigra di Indonesia. Hanya saja penggunaan materialnya berbeda karena mesin mobil ini juga telah dilengkapi dengan turbocharger.

Gambar menunjukkan Mesin 1KR-VET Daihatsu Rocky 2019

Mesin 1.000 cc dikawinkan dengan turbocharger akan menghasilkan torsi puncak yang besar dan cocok untuk stop and go

Tenaga yang dihasilkan mesinnya adalah 98 Ps atau sekitar 96,5 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsi puncak 140 Nm yang dihasilkan sudah mulai terasa dari putaran mesin 2.400 rpm hingga 4.000 rpm. Figur tenaga dan torsi itu rasanya tidak akan kesulitan untuk menghela mobil berbobot 1.050 kilogram ini. Apalagi karakter dari mesin overstroke di mesin ini cenderung mudah mengail torsi besar di putaran rendah. Mesin ini cocok untuk karakter lalu lintas Indonesia.

>>> Inikah Tampilan Suzuki Baleno 2020, Hatchback Terbaru Suzuki?

2. Dimensi Kompak Pas Untuk Millenials

Gambar menunjukkan tampilan belakang Daihatsu Rocky 2019

Rocky punya dimensi kompak, dan itu akan disukai oleh para millenials

Meski punya dimensi kompak yakni punya panjang 3,9 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,6 meter. Namun untuk keleluasan di dalam kabin, mobil-mobil rancangan Daihatsu tidak perlu diragukan keunggulannya. Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam mobil ini. Apalagi kapasitas bagasinya juga tidak main-main, mencapai 369 liter dalam kondisi semua kursi digunakan. Ketika nantinya Daihatsu Rocky siap masuk Indonesia, hal ini akan disukai oleh para millenial yang menginginkan mobil kompak namun tetap praktis.

3. Nama Besar 'Rocky' 

Gambar menunjukkan Daihatsu Taft Rocky dan Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky sudah memiliki nama yang lumayan besar di Indonesia

Desas-desus Daihatsu Rocky masuk Indonesia tahun 2020 memang masih disanggah oleh pihak Daihatsu. "Belum, kami itu masih studi," tukas Elvina Afny selaku Corp. Planning & Communication Div Head kepada tim Cintamobil.com. Namun, di sisi lain salah satu narasumber valid kami memprediksikan mobil ini akan segera masuk tahun depan. "Iya, Rocky tahun depan masuk," tukas pria yang namanya ogah ngetop ini. Tentu itu berita baik, karena Rocky punya nama kuat di Indonesia.

>>> Dapatkan berita mobil baru terlengkap hanya di Cintamobil.com

4. Fitur Lengkap

Gambar menunjukkan tampilan spidometer Daihatsu Rocky

Fitur Daihatsu Rocky yang lengkap akan disukai oleh pasar Indonesia

Daihatsu Rocky akan disukai oleh pasar tanah air. Bukan hanya karena bentuknya yang karen, melainkan fiturnya juga sangat lengkap. Sebut saja dari fitur keselamatan aktif maupun pasif yang sangat lengkap. Belum lagi fitur hiburan yang menarik, sampai fitur yang belum ditemukan di mobil lain sekelasnya, yakni layout interior yang bisa berubah-ubah. Hal ini akan digemari dan jadi trend di pasar mobil Indonesia.

>>> Tertarik membeli mobil Daihatsu, Cek koleksi dan harganya di sini!

5. Akan Jadi Daihatsu Berbasis DNGA Pertama Di Indonesia

Gambar menunjukkan Konsep DNGA Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky akan jadi produk DNGA pertama yang dijual di Indonesia

Daihatsu Rocky ini dibangun dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) ini merupakan konsep baru dari Toyota Group (termasuk juga Daihatsu) untuk memikirkan desain mobil dari pertama kali perancangannya. Mudahnya, mereka menyederhanakan basis mobil, mulai rancang bangun rangka dan power train agar serupa dan dapat digunakan bersama dengan produk-produk lainnya. Hal ini sekaligus dapat memangkas biaya pembuatan mobil di masa mendatang.

>>> Simak juga berita otomotif terkini lainnya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top