Daihatsu Rocky Resmi Meluncur, Ini 6 Rival Kuat Sekelasnya

30/04/2021

Mobil baru

5 menit

Daihatsu Rocky Resmi Meluncur, Ini 6 Rival Kuat Sekelasnya
Daihatsu Rocky resmi meluncur dengan harga mulai Rp 210 jutaan, nah, berikut ini 6 rival kuatnya yang sekelas, beberapa di antaranya siap meluncur di Indonesia

Daihatsu Rocky hari ini (30/4) resmi diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor di Indonesia. SUV kompak bermesin 1.000 cc 3-silinder turbo ini dibanderol dengan harga mulai Rp 210 jutaan untuk trim termurahnya. Kelas ini sebenarnya akan semakin ramai kedepannya, nah berikut ini adalah 6 rival kuatnya yang sekelas dengan Daihatsu Rocky tersebut, bahkan dari informasi yang diterima tim Cintamobil.com beberapa di antaranya siap meluncur di Indonesia.

1. Nissan Magnite

Foto Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT warna putih

Magnite jadi rival pertama sesama pengguna mesin 3-silinder 1.000 cc turbocharger

Nissan Magnite meluncur pada bulan Desember 2020 tepatnya di tanggal 21. Mobil yang dibangun di atas platform CMF-A+ ini selayaknya Renault Triber yang diberi label Datsun. Namun, oleh karena merek Datsun sudah disuntik mati, maka Magnite menjadi SUV murah dengan brand Nissan. Mesin yang diusung adalah unit berkode HR0A dengan konvigurasi 3-silinder 1.000 cc turbo. Harganya mulai Rp 208.800.000 hingga yang termahal di angka Rp 238.800.000.

2. KIA Sonet

Foto KIA Sonet 7-Seater 2021

KIA Sonet punya range luas, karena terdapat 11 trim dari mulai harga Rp 193 juta hingga Rp 296 juta

Di bawah payung PT Kreta Indo Artha yang merupakan anak perusahaan Indomobil, KIA tampil agresif di pasar mobil Tanah Air. Buktinya, mereka berhasil mencuri start terlebih dahulu dengan meluncurkan KIA Sonet tanggal 11 November tahun lalu. Meskipun KIA Sonet saat ini tampil sebagai SUV dengan fitur berlimpah dan harga yang terjangkau dan juga tersedia dalam varian 7-seater, namun Sonet akan mendapatkan lawan yang tangguh dari beberapa produk mobil baru sekelasnya di tahun ini.

3. Hyundai Creta

Gambar Hyundai Creta

Hyundai Creta jadi salah satu andalan Hyundai Indonesia tahun depan

Hyundai Creta bakal jadi kuda hitam di kelas yang juga dihuni oleh Daihatsu Rocky ini. Dan Hyundai bakal langsung tancap gas ketika pabriknya di Indonesia nanti rampung tahun 2022. Kabar menyebut pabrik Hyundai di Cikarang akan memproduksi empat model. Salah satu diantaranya adalah adalah crossover kompak berkapasitas lima penumpang bernama Hyundai Creta. Bahkan sejak bulan Mei tahun 2020 lalu Creta dikabarkan telah tertangkap kamera sedang tes jalan di Indonesia.

>>> Profil Hyundai Creta, Sang Kuda Hitam Di Kelas SUV Murah

4. Suzuki Vitara Brezza

Gambar Suzuki Vitara Brezza 2021

Suzuki Vitara Brezza juga berani 'ngelawan' Daihatsu Rocky

SUV kompak andalan PT Suzuki Indomobil Sales ini sebenarnya sudah 'mejeng' sejak tahun 2016 tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Sayangnya, mobil tersebut belum juga dijual hingga hari ini. Dan sampai berita ini diturunkan, pihak Suzuki Indonesia pun masih enggan untuk memberikan komentar terhadap Vitara Brezza. Di India mobil ini mengusung mesin K15B seperti di Suzuki Ertiga. Suzuki Indonesia tampak sangat hati-hati untuk produk ini.

5. Honda ZR-V

Gambar Honda ZR-V

Bulan depan Honda siap meluncurkan mobil barunya secara global, apakah itu Honda ZR-V?

Honda kini sedang giat membuat adik dari model SUV yang ada sebelumnya, yakni Honda ZR-V. Rival Daihatsu Rocky ini sengaja mengambil nomenklatur ZR-V yang diambil dari generasi Z, atau dengan kata lain SUV kompak ini memang disiapkan untuk menggaet konsumen millenial. Maklum, semakin kesini umur pembeli mobil jadi semakin muda. Honda secara resmi sudah mendaftarkan paten nama untuk Honda ZR-V tepat pada tanggal 17 April 2020.

6. Toyota Rocky

Gambar Toyota Raize

Toyota Raize juga bisa jadi rival Daihatsu Rocky

Toyota Raize merupakan kembaran dari Daihatsu Rocky dan sama-sama dirakit di pabrik milik Daihatsu. SUV kompak 5-seater yang juga meluncur pada hari ini ditawarkan dengan pilihan trim yang lebih sedikit. Terdapat dua pilihan mesin, yakni 1.200 cc dan 1.000 cc Turbo yang masing-masing berkonvigurasi 3-silinder. Untuk varian 1.200 cc hanya ada satu tipe yakni tipe G dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Sedangkan varian 1.000 cc Turbo dapat dua trim yakni tipe G (Manual dan CVT) serta trim GR Sport dan GR Sport with TSS (Toyota Safety Sense) hanya punya satu pilihan transmisi yakni CVT.

>>> Dapatkan promosi menarik Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top