Daihatsu Rocky Masih Dites Jalan, Bagian Ini yang Dites

12/03/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Daihatsu Rocky Masih Dites Jalan, Bagian Ini yang Dites
Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hingga saat ini masih giat dites jalan oleh pabrikan Jepang itu, sebenarnya bagian apa saja sih yang dites pada mobil baru?

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize memang sudah berkali-kali tertangkap kamera. Bukan hanya oleh netizen tapi juga awak media. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang berkali-kali sudah memberikan hint mengenai mobil ini bahwa akan segera meluncur di Tanah Air. Tapi hingga artikel ini dibuat, mobil ini belum juga meluncur. Lantas sebenarnya komponen apa saja yang membutuhkan pengetesan hingga membutuhkan road test yang lumayan lama?

Komponen yang Dites Di Rocky Dan Raize

Para tester dan engineer baik dari prinsipal maupun lainnya (independet professional test driver) yang melakukan road test mobil Rocky / Raize ini harus berjalan tak kenal waktu untuk mencapai target kilometer yang sudah ditentukan. "Misalnya target jarak 30.000 kilometer. (Untuk mencapai) jarak yang ditentukan dalam singkat memang tidak mudah," tukas salah seorang narasumber teknik terpercaya kami yang mewanti-wanti agar namanya jangan sampai tertulis di Cintamobil.com.

Gambar Daihatsu Rocky dites jalan

Beberapa komponen perlu pengetesan lebih advance

Masih menurut pria yang juga ikut andil dalam berbagai project mobil baru di Indonesia ini, banyak parameter pengetesan yang diukur dalam uji coba jalan suatu mobil baru seperti Sonet ini. Misal "Noise, Vibration, and Harshness (NVH) itu pasti di ukur. Belum lagi oli mesin yang selalu di kontrol di laboratorium untuk kebutuhan pengetesan keausan parts," tambah pria ramah yang juga doyan jalan-jalan naik mobil ini.

>>> Prediksi Spesifikasi Daihatsu Rocky Dan Toyota Raize Indonesia

Daihatsu Rocky Dan Toyota Raize Bakal Indonesia Banget

Lahir sebagai produk Japan Domestic Market (JDM) membuat PT ADM tentunya akan melakukan beberapa penyesuaian terhadap spesifikasi Daihatsu Rocky yang akan dijual di sini, demikian juga dengan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang juga akan melakukan beberapa ubahan di Toyota Raize. Sebab, calon volume maker geng Astra ini nantinya akan segera dirakit di Indonesia.

Gambar interior Daihatsu Rocky

Fitur-fitur yang ada nantinya bakal disesuaikan untuk konsumen di Indonesia

Hal ini juga pernah diutarakan salah satu narasumber kami di bidang riset dan pengembangan pabrikan asal Jepang ini kepada tim Cintamobil.com, "Pasti ada penyesuaian, tapi saya belum boleh ngomong dulu ya, nanti dimarahin," kekeh pria yang namanya jelas ogah ngetop di media ini. Sebagai bocoran, fitur maupun penyesuaian di Rocky dan Raize ini akan membuatnya semakin terasa Indonesia, lalu bakal seperti apa? Tunggu hingga mobil ini meluncur tak lama lagi ya...

>>> Ini pendapat kami mengenai Daihatsu Rocky versi Jepang

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top