Daihatsu Rocky Hybrid Siap Mengaspal 2021, Pakai Teknologi Toyota

27/01/2021

Mobil baru

3 menit

Daihatsu Rocky Hybrid dikabarkan siap mengaspal tahun 2021. Kabarnya Daihatsu Rocky Hybrid yang meluncur itu menggunakan teknologi dari Toyota Motor.

Daihatsu saat ini tercatat sebagai satu-satunya pabrikan besar di Jepang yang belum memiliki produk berbahan bakar ramah lingkungan untuk dijual. Namun baru-baru ini Daihatsu dikabarkan tengah bersiap meluncurkan SUV kompak bertenaga hybrid.

Tenaga hybrid itu akan tersemat pada SUV Daihatsu Rocky. Diberitakan Nikkei Asia, Rabu (27/1/2021), Daihatsu Rocky akan mengusung teknologi fitur yang dikembangkan bersama dengan Toyota Motor. Kemudian akan ada minicar bertenaga hybrid lain yang meluncur. 

Gambar Daihatsu Rocky warna hitam

Rocky siap dibekali tenaga hybrid

>>> Inikah Sinyal Kuat Kehadiran Daihatsu Rocky 2020 di Indonesia?

Bukan Mobil Hybrid Pertama Daihatsu

Sinyal kehadiran mobil hybrid Daihatsu ini muncul seiring dengan rencana pemerintah Jepang untuk menghilangkan emisi karbon hingga tahun 2025. Dengan teknologi terbaru itu, Daihatsu Rocky Hybrid tampaknya memiliki harga lebih mahal dibandingkan versi bensinnya. 

Gambar Daihatsu Hijet Truck di Jepang

Dulu juga ada Hijet Hybrid dalam jumlah terbatas

Berbekal mesin hybrid, Daihatsu Rocky bisa lebih hemat 20-30 persen bahan bakar dibandingkan teknologi sebelumnya. Sebenarnya, Rocky Hybrid bukanlah mobil ramah lingkungan pertama yang dijual oleh Daihatsu. Sebelum Rocky, Daihatsu sempat menjual kendaraan komersial Hijet pada tahun 2010 dalam jumlah terbatas. 

Saat mengembangkan sistem hybrid pada mobil mini ataupun subkompak, produsen mobil biasanya menggunakan sistem penggerak yang mengusung motor listrik untuk mendukung mesin sekaligus hemat bahan bakar. 

Sekilas melihat sistem yang terpasang pada Toyota, Daihatsu mengembangkan sistem hybrid sepenuhnya sehingga motor listrik bisa menjadi tenaga penggerak meskipun mesinnya mati. 

>>> Review Daihatsu Rocky 2019: Reinkarnasi Daihatsu Taft Rocky?

Diwanti-wanti Agar Harga Tak Mahal

Produsen yang berbasis di Osaka tersebut sudah menyiapkan berinvestasi besar lantaran adanya pengembangan mesin, baterai lithium-ion, dan komponen lainnya. Diprediksi Daihatsu bersiap mengeluarkan 10 juta dolar untuk sekadar pekerjaan mesin dan juga logam materialnya. 

Mobil dan truk Daihatsu cukup populer di Jepang karena harganya yang murah sekaligus pilihan untuk penyambung ke transportasi umum. Hal itu membuat Daihatsu diwanti-wanti agar harga jual mobil hybridnya nanti tak mahal meskipun dibekali tenaga hybrid.

Daihatsu Rocky

Rocky hybrid diprediksi meluncur tahun ini

Di Jepang, mobil-mobil bermesin konvensional kini tinggal menghitung hari. Pasalnya, pemerintah berencana seluruh kendaraan di sana sudah mengusung elektrifikasi pada tahun 2035. Namun pemerintah harus menghadapi tantangan berat karena mobil dan truk kecil di Negeri Sakura merupakan penyumbang 30 persen penjualan di Jepang. 

Sementara di Jepang Daihatsu Rocky Hybrid siap meluncur, di Tanah Air kabarnya SIV kembaran Toyota Raize itu baru akan mengaspal tahun ini. Sayang PT Astra Daihatsu Motor masih enggan buka-bukaan terkait rencana peluncuran tersebut. 

>>> Jadi Kebanggaan! Ekspor Mobil Made in Indonesia Bisa Tembus Jepang

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top