Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Meluncur di Indonesia 30 April

21/04/2021

Mobil baru

4 menit

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Meluncur di Indonesia 30 April
Daihatsu Rocky dan Toyota Raize siap meluncur di Indonesia. Melalui undangan yang diterima tim Cintamobil, keduanya bakal mengaspal pada 30 April 2021.

Setelah cukup laman dinanti akhirnya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize segera meluncur di Indonesia. Dalam undangan yang diterima tim Cintamobil, tampaknya baik Rocky maupun Raize akan diluncurkan serempak pada tanggal 30 April 2021. 

Meski tak disebutkan secara mendetail, namun dalam undangan tersirat bahwa Toyota dan Daihatsu bakal merilis Rocky-Raize. Seperti yang sudah-sudah, undangan peluncuran mobil baru hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu memang tak menyebutkan secara rinci. 

>>> Tenang! Meski Belum Meluncur, Toyota Pastikan Raize Dapat Diskon PPnBM

Tenang! Meski Belum Meluncur, Toyota Pastikan Raize Dapat Diskon PPnBM

Raize-Rocky bakal meluncur secara virtual

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Daihatsu Rocky

 

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Meluncur Virtual

Masih dalam suasana pandemi, Toyota dan Daihatsu bakal menayangkan peluncuran di akun Youtube masing-masing. Masyarakat pun bisa menyaksikannya lantaran peluncuran Daihatsu Rocky-Toyota Raize tak digelar tertutup. 

"Melalui surat ini, Toyota dan Daihatsu mengundang rekan-rekan media untuk menyaksikan penayangan acara Toyota dan Daihatsu Collaboration- Sinergi untuk Negeri," tulis undangan tersebut. 

Ya, Rocky dan Raize merupakan produk kolaborasi kelima Toyota-Daihatsu di Indonesia. Sebelum Rocky-Raize, Toyota dan Daihatsu telah melahirkan tiga mobil kembar yang terdiri dari Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra. Nyatanya tak ada produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang gagal. 

Keempat model kembar tersebut nyatanya bisa mendominasi segmen yang dihuninya. Misalnya Avanza yang telah belasan tahun mendominasi segmen Low MPV. Pun demikian dengan Xenia. Di segmen Low MPV terdapat Rush-Terios yang hingga saat ini kerap mengisi posisi puncak penjualan model sejenis. Begitu pula di segmen Low Cost Green Car (LCGC). Agya-Ayla maupun Calya-Sigra mampu mempertahankan segmennya tersendiri.

Mengenal Fitur Canggih yang Tersemat pada Daihatsu Rocky

Bakal jadi mobil kembar kelima garapan Toyota-Daihatsu di Indonesia

Tak ayal kehadiran Rocky-Raize pun diprediksi akan mendominasi di segmen baru yakni SUV sub-4 meter. Ditambah lagi, segmen SUV tengah naik daun di sejumlah negara tak terkecuali Indonesia. Hingga saat ini sudah ada dua pabrikan yang meluncurkan mobilnya di segmen itu yakni Nissan dengan Magnite lalu KIA lewat Sonet. 

>>> Dapat Diskon PPnBM, Daihatsu Rocky-Toyota Raize Bakal Diproduksi Lokal

Daihatsu Rocky-Toyota Raize Dapat Insentif PPnBM

diskon ppnbm

Dipastikan dapat PPnBM

Sinyal kehadiran Rocky dan Raize memang sudah terendus sejak tahun lalu. Kemudian tanda-tanda itu makin kelihatan beberapa bulan belakangan. Daihatsu misalnya rajin mengupas teknologi yang ada di dalam Rocky mulai dari mesin, interior, hingga fitur termutakhirnya. Beda dengan Daihatsu, Toyota terkesan kalem dan enggan memberikan komentar soal Raize. 

Sinyal itu menguat saat pemerintah merilis daftar mobil yang bisa memanfaatkan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada Maret lalu. Dalam daftar itu tercantum nama Rocky dan juga Raize. Secara tak langsung itu memastikan mobil bakal meluncur tahun ini dan juga diproduksi dalam negeri di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Keduanya bahkan ditaksir menggunakan komponen lokal sebanyak 70 persen. 

"Pokoknya Raize nggak usah khawatir sudah didaftarkan ke pemerintah dan mendapat PPnBM. Ulang tahun kita masih panjang, kemarin desas-desus meluncur 5 April, jadi insentifnya tetap ada jadi just a matter of launching timen, lagi dipersiapkan," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Toyota Raize

 

>>> Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Toyota Raize

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top