Daihatsu Rocky 1.200 cc 3-Silinder Masih Dites, Kapan Meluncur?

25/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Hingga kami melakukan test drive varian bermesin turbo kemarin (24/5) kami menemukan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 1.200 cc 3-silinder masih dites jalan

Selain varian bermesin turbo, Daihatsu Rocky juga mempunyai varian mesin non turbo yang belum dilaunching, Rocky yang mesinnya tak menggunakan sistem induksi udara paksa ini diprediksi akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan versi turbo. Apakah benar Daihatsu Rocky 1.200 cc ini masih menjalani pengetesan tahap akhir sebelum kemudian dipasarkan?

Daihatsu Rocky 1.200 cc 3-silinder Masih Dites Jalan?

Foto Daihatsu Rocky 1.0 R ADS CVT 2021

Di hari yang sama para jurnalis sedang mencoba Daihatsu Rocky turbo

Hingga tim Cintamobil.com usai melakukan test drive Daihatsu Rocky varian bermesin turbo kemarin (24/5), kami menemukan fakta bahwa Toyota Raize 1.2 tipe G atau model yang setara dengan Daihatsu Rocky 1.200 cc 3-silinder masih dites jalan di Test Course R&D Center (Research and Development) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Karawang, yang merupakan fasilitas R&D terbesar di Indonesia.

Foto Toyota Raize 1.200 cc

Inilah mobil yang kami foto dan disinyalir pakai mesin 1.200 cc 3-silinder terbaru

Yes, mobil berkelir kuning dan putih tersebut kami lihat langsung memutari trek sepanjang 2,7 kilometer tersebut seusai para jurnalis beristirahat di dalam paddock setelah selesai melakukan test drive di trek yang sama. Melihat beberapa alat yang tertempel di kaca, kedua mobil tersebut disinyalir sedang mengambil data tambahan untuk keperluan riset dan pengembangan. Sayangnya, tak didapat resmi mengenai data apa yang diambil atau sedang melakukan apa dua mobil tersebut.

>>> 10.000 Orang Kesengsem Daihatsu Rocky, Ini Dia Total SPK-nya

Strategi Marketing Atau Faktor Lain yang 'Belum Siap'?

Foto tampilan belakang Daihatsu Rocky 1.0 R ADS CVT 2021

PT ADM saat ini fokus memasarkan tipe R dulu dengan mesin turbo

Tak ingin bola liar bergulir begitu saja, saat ada sesi tanya jawab kami pun langsung menanyakan perihal kapan Daihatsu Rocky 1.200 cc ini meluncur. "Saat ini, Daihatsu hanya memperkenalkan (Rocky) 1.000 cc turbo. Tentunya detail mengenai hal tersebut (Daihatsu Rocky 1.200 cc 3-silinder) akan disampaikan kemudian," tukas Anjar Rosjadi, selaku Marketing Product Planning Division PT ADM.

Foto jajaran manajemen ADM saat event test drive Daihatsu Rocky

Daihatsu Indonesia lebih ingin tahu bagaimana animo mesin turbo di mesin 'ringkas' mereka

Meski demikian, pihak PT ADM juga mengakui jika animo terhadap Daihatsu Rocky bermesin 1.200 cc 3-silinder ini cukup tinggi dan banyak jadi pertanyaan calon konsumen Rocky. Hal senada juga disampaikan Amelia Tjandra, selaku Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM. "Pada dasarnya ini adalah strategi marketing kami," tegas Amel.

Gambar oli mesin Daihatsu

Benarkah karena oli? Tak ada jawaban resmi, tapi yang jelas oli 0W-16 masih jarang di pasaran

Namun di sisi lain, kami menemukan sebuah fakta menarik. Dari beberapa informasi yang kami himpun, mesin anyar 1.200 cc berjumlah silinder ganjil Daihatsu berkode WA-VE ini membutuhkan oli dengan viskositas (kekentalan) khusus agar bisa bekerja lebih efisien. Yakni oli dengan viskositas 0W-16. Yang artinya, lebih encer bila dibandingkan dengan oli 0W-20 yang direkomendasi untuk mesin turbo Daihatsu Rocky. Saat ini di pasaran oli dengan tingkat kekentalan 0W-16 masih terbatas.

>>> Inikah Sebab Peluncuran Daihatsu Rocky 1.200 3-Silinder Tertunda?

Keunggulan Mesin WA-VE 1.200 cc 3-Silinder Daihatsu

Gambar mesin WA-VE Daihatsu

Mesin terbaru andalan Daihatsu ini modern dan efisien

Mesin Daihatsu Rocky naturally aspirated menggunakan mesin yang total baru yakni berkode WA-VE yang sudah tersemat teknologi pengaturan katup variabel Dual VVT-i. Mesin berkubikasi bersih 1,198 cc ini punya 3-silinder yang masing-masing berdiameter piston (bore) 73,5 mm dan memiliki langkah (stroke) 94,1 mm. Kalau lihat brosur, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 88 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 11,5 Kgm (112,8 Nm) di putaran mesin 4.500 rpm.

Gambar mekanisme kerja Dual VVT-i

Teknologi Dual VVT-i membuat mesin bekerja lebih efisien tanpa kehilangan tenaga

Rasio kompresi (statis) mesin ini juga tak kalah tinggi, yakni 12,8 : 1. Artinya mesin ini membutuhkan BBM (Bahan Bakar Minyak) minimal oktan 92. Penggunaan kompresi tinggi juga bukan tanpa alasan, sebab dengan angka kompresi yang dipatok tinggi, maka efisiensi pembakaran bisa lebih baik dibandingkan kompresi rendah. Dengan kapasitas mesin yang sama namun mesin berkompresi tinggi, bisa dapet power lebih besar (dengan bahan bakar yang sesuai).

>>> Oli Mesin Daihatsu Rocky Turbo Bisa Pakai Kepunyaan Ayla & Sigra

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top