Daihatsu Kembali Bocorkan Kisi-Kisi Daihatsu Rocky: Sekarang CVT-nya

16/03/2021

Mobil baru

3 menit

Perlahan tapi pasti, teknologi yang diprediksi akan disematkan pada Daihatsu Rocky diperkenalkan ke publik, setelah fitur keselamatan kini giliran CVT-nya

Setelah fitur keselamatan, kini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek dagang Daihatsu di Indonesia kembali membocorkan teknologi-teknologi yang diyakini akan disematkan pada calon produk baru mereka yakni Daihatsu Rocky. Kali ini pabrikan yang bermarkas di Sunter, Jakarta Pusat itu membeberkan teknologi CVT-nya Daihatsu Rocky.

Teknologi CVT Daihatsu

Continuously Variable Transmission atau yang lebih dikenal dengan CVT, merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced dibanding transmisi otomatis (A/T) konvensional. Walaupun sama-sama bertransmisi otomatis dan tidak perlu menginjak kopling, transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT.

Gambar Daihatsu Rocky warna merah

Rocky versi Indonesia akan pakai teknologi transmisi ini

Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Gambar bagian dalam transmisi CVT

Transmisi matik CVT punya berbagai kelebihan dibandingkan matik konvensional

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT  bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih efektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

>>> 5 Rekomendasi Pilihan Mobil Bekas Seukuran Panjang Daihatsu Rocky

Transmisi Dual-Mode CVT Daihatsu Rocky

Akselerasi Daihatsu Rocky juga semakin sempurna dengan penerapan transmisi Dual-Mode CVT (D-CVT). Sistem D-CVT ini mengandalkan planetary gear set setelah CVT sebelum menuju roda. Jadi saat high speed, CVT-nya di by pass pakai planetary gear tersebut. Jadi tenaga mesin lebih besar tersalurkan ke roda. Kalo 'dipaksa' melalui CVT akan ada potensi slip, sedangkan dari roda gigi tidak alias lebih presisi.

Gambar tuas transmisi Daihatsu Rocky

Transmisi pintar ini mampu menambah torsi hingga 8%

"Biasaya semua mobil, rpm tinggi itu torsi emang loyo, ini bisa naekin torsi di rpm tinggi sampai nambah sekitar 8% wah lumayan sih, D-CVT dipasang di mobil-mobil Daihatsu yang cc nya kecil-kecil, jadi emang perlu planetary gear buat nambahin kekurangan torsi dari mesin. Konsepnya mirip Direct CVT, cuma yang direct CVT enggak punya planetary gear langsung ke roda. Mungkin karena powernya udah gede, jadi enggak perlu planetary gear untuk nurunin rasio, agar torsi naik." jelas salah satu narasumber teknik Cintamobil.com yang namanya ogah terkenal dan juga punya nomor induk karyawan Astra.

Foto Daihatsu Tanto Custom

Daihatsu Tanto Custom DNGA sudah pakai teknologi ini

Di negara asal Daihatsu di Jepang, sebagian besar model Daihatsu sudah menggunakan teknologi CVT ini. Sebut saja Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon. Khusus untuk Daihatsu Rocky yang diluncurkan pada November 2019 lalu di Jepang, saat ini bahkan sudah mengusung teknologi D-CVT. 
D-CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Gambar Daihatsu Rocky full aksesoris

Meski full aksesoris, Rocky tak akan kehilangan daya akselerasinya dengan transmisi ini

Dengan D-CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

>>> Daihatsu Rocky Masih Dites Jalan, Bagian Ini yang Dites

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top