Daihatsu Ayla Baru Punya 'Sentuhan' Turbo

19/03/2020
PT Astra Daihatsu Motor baru saja menyegarkan tampilan mobil Low Cost Green Car hatchbacknya yakni Ayla. Desain baru Daihatsu Ayla memiliki sentuhan turbo.

PT Astra Daihatsu Motor baru saja menyegarkan tampilan mobil LCGC (Low Cost Green Car) hatchbacknya yakni Ayla. Penyegaran ini dirasa perlu dilakukan oleh Daihatsu untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang menginginkan mobil penuh gaya disertai fitur-fitur canggih di dalamnya. 

Tak sembarangan, desain baru Daihatsu Ayla yang dirilis berbarengan dengan Sirion hari ini, memiliki sentuhan turbo. Tapi jangan salah dulu, sentuhan turbo di sini tak berpengaruh pada tenaga Ayla model terbaru. Melainkan hanya terinspirasi dari desain Ayla turbo yang sempat dipamerkan beberapa waktu lalu.

Daihatsu Ayla model terbaru

Daihatsu Ayla Turbo saat diuji beberapa waktu lalu

>>> Daihatsu Luncurkan 2 Mobil Sekaligus, Daihatsu Ayla dan Sirion

1. Terinspirasi Ayla Turbo Concept

Sebagai gambaran, Ayla Turbo Concept dibekali mesin 3NR-VE 1.2 liter 4-silinder yang digunakan sudah dirombak banyak area, dimana fokus utama ubahan mesin yaitu hadirnya sistem turbo Garrett dengan spesifikasi Turbo A/R 0,5 dan Compressor A/R 0,6 serta didukung open air filter, intercooler, waste gate & blow off system.

Tak hanya itu saja, dari segi mesin dan transmisi juga banyak mengalami perombakan. Mulai dari piston low compression, extra 2 fuel injector, connecting rod yang lebih kuat, sampai ke sistem piggyback.

Sedangkan Ayla biasa tak dibekali turbo sebagai tenaga tambahannya. 

"Hal yang menginspirasi Ayla adalah Ayla turbo. Ayla turbo konsep ini adalah mobil yang kami pamerkan di GIIAS 2 tahun lalu. Kami menerima sangat banyak feedback dari customer, sangat positif terutama untuk desain. Jadi mereka ingin kami mewujudkan dengan hadirnya mobil ini," ungkap Head of Styling Design Department PT Astra Daihatsu Motor, Mark Widjaja saat peluncuran. 

Daihatsu Ayla model terbaru diluncurkan berbarengan dengan Sirion

Wajah terbaru Daihatsu Ayla yang terinspirasi dari Ayla Turbo Concept

Butuh waktu hingga hampir dua tahun bagi Daihatsu untuk bisa mewujudkan Ayla model baru ini. Sebagai informasi, Ayla Turbo sengaja dipamerkan di GIIAS 2018 untuk membuktikan bahwa LCGC Daihatsu tersebut bisa dimodifikasi dengan gaya racing.

>>> Toyota New Agya Meluncur dengan Tampilan Kian Segar, Harga Mulai Rp 143 Juta

2. Tersemat Beragam Fitur Baru

Daihatsu juga sempat mengajak awak media untuk menguji ketangguhan Ayla Turbo Concept belum lama ini. Tapi tak sepenuhnya konsep yang ada pada Ayla Turbo tersemat pada Ayla model terbaru kali ini. 

"Tentu saja karena ini adalah versi produksi maka kami harus melakukan adjustment di sana-sini supaya dream come true. Jadi selama ini kami mengembangkan mobil itu, kemudian poin-poin yang paling penting kami ambil dari Ayla turbo adalah big grille dikombinasi dengan piano black garnish kemudian kita tambahkan beberapa elemen lain supaya tampil sporty," jelas Mark. 

>>> Seperti Inilah Rasanya Daihatsu Ayla Turbo, Kreasi Mobil Konsep Daihatsu Buatan Anak Bangsa

"Pada segmen interior kita tambahkan floating tape centre cluster yang didalamnya kita tambahkan digital aircon jadi sudah tidak ada tombol2 lgi isinya knob2 di sana. Kemudian untuk fitur kenyamanan kita tambahkan audio with parking kamera dan satu lagi retractable auto mirror. Untuk urusan safety sendiri kita tambahkan ABS dan EBD. Selain itu ada dual SRS airbag yang sebenenarnya sudah ada di Ayla sebelumnya," sambung Mark. 

Bagi Anda yang berminat meminang Daihatsu Ayla dengan sentuhan turbo ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp 100 jutaan. Berikut harga lengkap Daihatsu Ayla. 

Tipe mobil Harga 
Ayla 1.0 D MT Rp 101.650.000
Ayla 1.0 D+ MT Rp 113.850.000
Ayla 1.0 M MT Rp 124.650.000
Ayla 1.0 X MT Rp 124.650.000
Ayla 1.0 X AT Rp 133.700.000
Ayla 1.0 X MT Deluxe Rp 132.000.000
Ayla 1.0 X AT Deluxe Rp 141.050.000
Ayla 1.2 X MT Rp 135.950.000
Ayla 1.2 X AT Rp 145.950.000
Ayla 1.2 R MT Rp 142.900.000
Ayla 1.2 R AT Rp 155.400.000

>>> Berita otomotif menarik lainnya bisa Anda baca di sini

Dina Rayanti

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain