Cyan Racing Modernkan Volvo P1800, Pertahankan Aura Coupe Klasik

04/09/2020

Mobil baru

3 menit

Cyan Racing Modernkan Volvo P1800, Pertahankan Aura Coupe Klasik
Terkenal dengan prestasi di ajang WTCR bersama Volvo, Cyan Racing melakukan hal yang tidak biasa. Merestorasi Coupe legendaris P1800 yang sangat terkenal itu, bagaimana hasilnya?

Volvo P1800 diangap sebagai salah satu mobil paling indah yang pernah dibuat. Terkenal berkat film serial The Saint tahun 1960-an, desain mobil yang everlasting membuat coupe satu ini jadi idola petrolhead.

Volvo P1800 warna Silver

P1800 merupakan salah satu Coupe paling cantik yang pernah dibuat

Cyan Racing, tiga kali juara World Touring Car Cup (WTCR) yang identik dengan brand Volvo itu coba menghidupkan legenda Volvo P1800 dengan restomod yang sangat cantik.

Perpaduan teknologi klasik dan modern

Dibalik body coupe yang cantik dan ikonik itu hadir mesin inline-4 turbo berkapasitas 2.0 liter, yang dipakai oleh Volvo S60 TC1 saat menjuarai WTCR 2017. Tenaganya juga sangat impresif, 415 HP dan torsi 455 Nm.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Tenaga mesin ini disalurkan ke roda belakang melalui girboks manual tipe dogleg buatan Hollinger. Penggunaan transmisi yang identik ke mobil performa tahun 60-an itu memberikan feel yang sama seperti aslinya, selain meningkatkan kapasitas torsi yang dialirkan ke roda belakang. 

Girboks tersebut juga terintegrasi dengan limited-slip differential dengan suspensi belakang memakai suspensi independent double-wishbone yang dibuat khusus menggantikan live axle yang ada di mobil aslinya.

Tampilan depan atas Volvo P1800 restomod Cyan Racing

Tampilan samping dan belakang Volvo P1800 Cyan Racing

Tampilan Coupe legendaris P1800 setelah direstorasi Cyan Racing

Sasisnya juga mendapat beberapa perombakan dengan damper yang bisa diatur dua arah dengan hidrolik. Cyan Racing dapat menjaga bobot mobil dengan penggunaan material carbon fiber di rangka mobil sehingga berat kosong mobil sekitar 990 kg.

>>> Informasi model mobil baru 2020 dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di sini

Hadir dengan satu pilihan warna Cyan, Volvo P1800 Cyan Racing memakai roda yang lebih besar dengan tapak yang lebih lebar, hal ini terlihat dari wide fender yang dipakai. Pelek yang dipakai berukuran 18 inci Y-Spoke dengan rem cakram berkaliper merah.

Tentu ada beberapa ubahan styling, termasuk hilangnya aksen krom, bumper belakang yang jauh lebih minimalis, lobang udara kecil di fascia depan bagian bawah, knalpot di bagian tengah, sampai posisi kaca yang diubah untuk menyesuaikan visibilitas berkendara.

Pertahankan aura coupe klasik

Nah, di sini yang menarik. Cyan Racing menjaga berkendara khas Volvo P1800 dengan tidak menambahkan fitur berkendara, sekalipun rem ABS. Agak sedikit menyimpang dari pakem Volvo yang terkenal dengan safety, tapi tak apa lah, namanya juga mobil klasik.

Volvo P1800 restomod Cyan Racing

Spesifikasi P1800 buatan Cyan Racing akan dibuat sesuai pesanan

Volvo P1800 racikan Cyan Racing akan dibuat sesuai pesanan, namun dengan harga dan spesifikasi khusus yang dibuat sesuai pembeli. Hmm, kalau sudah begini mungkin harganya bisa sedikit mahal.

Bagaimana para pecinta mobil, ingin merasakan sensasi Volvo P1800 yang ikonik itu? Mungkin mobil restomod satu ini bisa dijadikan opsi.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top