Crossover Ini Terinspirasi Dari Mobil Balap China

12/03/2021

Mobil baru

3 menit

Lynk & Co 02 Sport adalah crossover atau bisa juga mini SUV yang terinspirasi dari mobil balap China yang berlaga di ajang World Touring Car Camphionship (WTCR)

Lynk & Co merupakan salah satu merek asal China yang mampu menggemparkan dunia. Tak terkecuali di ajang motorsport, karena mobil balap China ini lewat model Lynk & Co 03 TCR mampu menyabet total 8 kemenangan, 21 podium dan 122 lap leads sepanjang musim balap WTCR tahun 2019. Kini, pabrikan asal China ini juga membuat sebuah crossover yang terinspirasi dari mobil balap mereka.

Merek China Berjantung Swedia

Sekadar informasi, Lynk & Co adalah sebuah merek mobil Cina-Swedia yang dimiliki oleh Zhejiang Geely Holding Group. Merek ini didirikan pada tahun 2016, produk-produk Lynk & Co akan diposisikan di antara merek Geely dan merek Swedia yakni Volvo yang dibeli oleh Geely pada tahun 2010. Lynk & Co 03 sendiri adalah mobil berjenis sedan hasil kerjasama antara Swedia dan China yang pertama kali dijual pada bulan Oktober 2018.

Gambar tampilan depan Lynk & Co 02 Sport

Tampilan agresif berpadu dengan mesin kencang

Lynk & Co 02 Sport ini didaulat sebagai crossover hatchback buatan China yang cepat dengan tenaga mencapai 254 HP. Dikutip dari CarNewsChina.com mobil ini berbasis dari platform CMA dan tersedia dengan berbagai varian mesin, mulai dari bensin hingga hybrid. Mesin yang paling bertenaga di Lynk & Co 02 sejauh ini adalah dari mesin 2.000 cc turbo yang mampu menghasilkan tenaga 190 HP.

>>> Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Wuling Khusus Untuk Lawan Pandemi

Kecepatan Maksimum 230 Km/Jam

Sebagai penjual mobil yang keren, dengan mendorong narasi pemasaran yang bersifat provokatif, Lynk & Co akhirnya memasukkan versi 254 HP yang didapat dari mesin Volvo 2.000 cc turbocharger di balik kap mesin. Dengan mesin tersebut, diklaim kecepatan tertinggi yang dapat di raih adalah 230 km/jam, yang artinya crossover yang terinspirasi dari mobil balap China ini tidak mengikuti kebijakan mobil produk massal Volvo yang biasanya dibatasi kecepatannya di 180 km/jam.

Foto tampilan belakang Lynk & Co 02 Sport 2021

Empat knalpot menyiratkan performanya

Lynk & Co 02 Sports ini juga tampil lebih agresif dengan digunakannya body kit baru bergaya mobil reli. Mobil ini juga memiliki track roda lebar guna menunjang kestabilannya di trek lurus maupun saat 'ditekuk' di tikungan tajam. Tak lupa empat pipa knalpot besar seakan menyiratkan performa mobil ini yang tidak main-main. Meski belum ada informasi soal harga Lynk & Co 02 Sport ini dikabarkan akan segera diluncurkan di pasar mobil China.

>>> Pilihan Mobil Merek China Model Terbaru di Bawah Rp 200 Juta

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top