Coen Car, Mobil Otonom untuk Anak-anak dalam 6 Bentuk Unik

22/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Coen Car, Mobil Otonom untuk Anak-anak dalam 6 Bentuk Unik
Coen Car merupakan mobil otonom yang bisa ditumpangi anak-anak untuk berkeliling kota dan memiliki bentuk seperti peralatan yang ada di taman bermain.

Kendaraan otonom untuk orang dewasa rasanya masih butuh pengembangan lebih lanjut sehingga seseorang benar-benar tak perlu lagi berada di balik kemudi. Semua harus diserahkan pada kendali penuh sistem komputerisasi pada kendaraan tersebut sehingga pengguna bis amelakukan aktifitas lain selama diperjalanan.

Tapi kendaraan otonom untuk anak-anak rasanya bukan perkara sulit untuk diwujudkan. Coba saja lihat produk bernama Coen Car ini. Dibuat oleh Nendo bermitra dengan DeNA, kendaraan otonom ini dibuat menyerupai benda-benda yang ada di taman bermain anak-anak. Namun kendaraan ini bisa bergerak kesuatu tujuan tergantung kemana anak Anda ingin pergi.

>>> BMW dan Mercedes Tunda Proyek Kolaborasi Mobil Otonom

Coen Car Punya Fungsi Ganda

Coen Car punya 6 bentuk unik

Bentuk Coen Car menyerupai beragam permainan di taman anak-anak

Dikutip dari Autoevolution, Rabu (21/10/2020), Coen Car adalah kendaraan dengan ukuran sangat kecil yang bisa diperasikan dengan teknologi Artificial Intelegence (AI) untuk anak-anak. Tanpa perlu dikemudikan, kendaraan ini bisa mengantarkan anak Anda kesuatu tempat, bahkan hingga berkeliling kota selama beberapa jam.

Namun disatu sisi, Coen Car juga bisa beralih fungsi sebagai perabot atau alat permainan si buah hati. Ini karena bentuk kendaraan otonom tersebut mirip dengan bentuk-bentuk benda yang ada di taman bermain. Nendo dan DeNA memang mendesain kendaraan ini sebagai perabot permainan yang bisa bergerak.

Ide dibalik proyek ini adalah membawa teknologi baru dengan menargetkan anak-anak. Inspirasinya adalah memindahkan tempat bermain anak-anak namun dengan tingkat kenyamanan yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.

>>> Waspada! Anak-anak Bisa Tewas di Dalam Mobil karena Kepanasan

Mobil Masa Depan Anak-anak

Coen Car otonom

Orang tua bisa pantau kemana perginya si buah hati saat menggunakan mobil ini

>>> Review Subaru Impreza 2019: Wajah Baru Subaru dengan Sistem Semi-Otonom EyeSight

Menurut Nendo, mereka berusaha mendesain sebuah mobil masa depan untuk tempat bermain anak-anak. Sebenarnya ada 6 model kendaraan otonom Coen Car yang dirancang. Masing-masing menyajikan bentuk aktifitas yang berbeda berdasarkan gerakan yang ada di peralatan pada taman bermain anak-anak, yaitu memanjat, berputar, mengayun, meluncur, istirahat, dan melompat.

Nama "Coen" sendiri berarti taman dalam bahasa Jepang. Hal ini menginspirasi Nendo untuk menciptakan sebuah teknologi kendaraan yang mampu mengantarkan anak-anak dari satu taman ke taman lainnya atau menuju sbeuah acara khusus.

"Kelebihannya adalah bagaimana anak-anak akan terlihat seperti mengemudi di jalan. Selain itu ada aplikasi khusus yang memungkinkan pengguna mengetahui kemana arah pergerakan mobil dan jam berapa pengemudi tiba di taman terdekat," tulis keterangan remsi Nendo.

Hal unik dari Coen Car ini adalah keenam jenis mobil otonom tersebut bisa digunakan terpisah atau digabungkan. Mobil ini terbagi atas Agaru, Mawaru, Yureru, Suberu, Haneru, dan Yasumu. Agaru menyerupai troli yang memungkinkan anak-anak duduk atau berdiri di dalamnya. Sementara Mawaru menyerupai bentuk landak yang berputar dan bisa dipakai anak untuk memanjat.

Untuk Yureru memungkinkan anak berpegangan dan memanjat pada paku. Bentuk Suberu berupa perosotan, sementara Haneru sebagai trampolin yang bisa diisi bola-bola kecil. Dan untuk Yasumo berbentuk menyerupai kereta lengkap dengan lokomotifnya berupa tanaman dalam pot.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top