CintamobilTV: Nyaris Rp 500 juta, Kenapa Toyota Innova Venturer Tetap Laris?

24/05/2021

Mobil baru

5 menit

Innova Venturer adalah MPV 7 penumpang yang dijadikan ikon 50 tahun kemunculan Toyota di Indonesia. Dengan 500 jutaan, apakah mobil ini layak untuk dimiliki?

Bertepatan dengan 50 tahun kehadiran Toyota di Indonesia di tahun 2021, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Kijang Innova Limited Edition. Tim CintamobilTV memiliki pertanyaan besar mengenai kehadiran mobil ini, mengapa Toyota memilih Kijang Innova sebagai ikon 50 tahun kemunculannya di Indonesia? Padahal jika dilihat, masih banyak mobil ikonik dari Toyota yang lebih populer dibandingkan Kijang. Ternyata memang Kijang Innova merupakan bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia. Ibaratnya, Anda seperti membeli sejarah ketika membeli Toyota Innova Limited Edition ini. 

Lantas, apa perbedaan Toyota Innova Venturer biasa dengan yang Limited Edition? Dengan basis yang sama yaitu Kijang Innova Reborn, sisi eksterior Venturer Limited Edition tidak jauh berbeda dengan versi biasa. Perbedaannya hanya terletak pada stiker dan emblem yang tidak ada di mobil Kijang mana pun dan tidak diperjualbelikan di pasaran. Harganya yang tidak murah ternyata tetap membuat mobil ini laris manis di pasaran. Penasaran apa yang spesial dari Toyota Innova Limited Edition ini? Mari simak ulasannya!

Akomodasi Penumpang yang Muat Hingga 7 Orang

Sebagian besar masyarakat Indonesia ketika membeli mobil yang pertama kali dilihat adalah akomodasinya. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kebiasaan orang Indonesia yang lebih senang bepergian bersama keluarga besar. Tujuh penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman di Toyota Innova Venturer Limited Edition. Jok pengemudi telah dilengkapi dengan fitur electric seat sehingga semakin mempermudah dalam pengaturan posisi duduk. 

Sementara di baris kedua, Anda bisa merasakan kenyamanan duduk di kabin MPV menengah dengan captain seat yang telah dilengkapi armrest dan meja di depannya. Di baris ketiga mobil ini juga dilengkapi dengan jok yang sangat nyaman dan sandaran bangku bisa di-adjust sesuai dengan keinginan Anda. Apabila kursi baris ketiga tidak digunakan, Anda bisa melipatnya untuk menambah kapasitas bagasi. Kursi di bagasi belakang dapat dilipat dengan format ke atas, walaupun sedikit susah ketika proses melipatnya namun dapat membuat space bagasi menjadi semakin lega.

>>> 20 Mobil Terlaris April 2021, Kijang Innova Asapi Xpander

kapasitas bagasi yang lebih luas

Bagasi belakang yang sangat lega sehingga mampu mengakomodasi penumpang dan barang lebih banyak

>>> Bos Toyota Akio Toyoda Ikut Balap Fuji 24 Jam Pakai Mobil Hidrogen

Kepraktisan dan Fleksibilitas yang Mumpuni

Salah satu keunggulan mobil MPV adalah kepraktisannya dalam mengakomodir kebutuhan keluarga ketika digunakan perjalanan jarak jauh yakni mampu menyimpan barang bawaan yang lebih banyak. Di baris depan, Toyota menyematkan 5 cup holder, 5 tempat penyimpanan terbuka, dan 1 penyimpanan tertutup pada Innova Venturer Limited Edition. Pada baris kedua, ada total empat cup holder yang bisa dilipat apabila tidak terpakai. Hebatnya lagi di baris kedua mobil ini dilengkapi dengan holding table yang mampu menahan beban hingga 10 kg. 

Berbicara soal fleksibilitas, mobil ini telah memiliki ground clearance mencapai 180 mm. Jadi, Anda bisa merasakan kenyamanan dan keamanan tersendiri ketika melewati medan jalanan yang buruk. 

innova venturer memiliki ground clearence yang tinggi

Innova Venturer memiliki ground clearance cukup tinggi

Desain Interior dan Eksterior 

Yang membuat mobil edisi khusus ini spesial adalah tampilan warna White Pearl dengan balutan stiker emas yang menggambarkan perjalanan 50 tahun kehadiran Toyota di Indonesia.  Sayangnya, di bagian stiker emas ini Toyota tidak menambahkan pelindung khusus agar stiker tidak mudah terkelupas. Pada bagian eksterior terdapat emblem HUT ke-50 di bagian belakang kendaraan yang menceritakan perjalanan usia emas Toyota. Inilah yang menjadikan pembeda versi Limited Edition dengan yang standar. Selebihnya, di bagian eksterior seperti headlamp, fog lamp, grill, dan bumper masih sama dengan versi standar. Mobil ini juga dilengkapi dengan premium dark grey alloy wheel yang mampu memberikan kesan premium dan lebih advance.

>>> Jangan Salah Kaprah! Deretan Mobil Toyota Ini Lahir di Pabrik Daihatsu

Pada sisi interior, Kijang Innova Venturer Limited Edition dilengkapi dengan jok kulit berwarna coklat muda yang mampu memberikan kesan damai selama perjalanan. Kemudian di bagian karpetnya juga telah disematkan detail HUT Toyota ke-50. Ini yang tidak bisa Anda dapatkan di Toyota Innova Venturer standar.

eksterior innova venturer

Desain eksterior Innova Venturer limited edition yang mampu menggambarkan sejarah toyota di indonesia

Fitur yang Spesial telah Disematkan oleh Toyota

Dengan harga mobil yang nyaris Rp 500 jutaan, ternyata fitur yang ada pada Toyota Innova Venturer Limited Edition masih banyak kurangnya. Mobil ini telah dilengkapi Head Unit besar dan menggunakan layar hiburan berukuran 9 inci yang mengadopsi teknologi Miracast dan Smartphone Connection. Sayangnya, fitur Apple Carplay masih belum tersematkan di sini. Fitur sunroof yang biasanya terdapat pada MPV kelas premium juga belum tersematkan di mobil ini. Padahal jika Toyota mau membuat sunroof pada kelas Innova, jelas akan menggeser popularitas Voxy dan Alphard. 

Selain itu, parking brake yang ada di mobil ini masih memiliki model yang konvensional, sementara untuk mobil lain dengan harga yang sama sudah memiliki model elektrik. Fitur adaptive cruise control juga tidak akan Anda temukan di sini mengingat mobil keluaran terbaru jaman sekarang sudah banyak yang memiliki fitur ini. 

Walaupun masih banyak kekurangannya, mobil ini juga memiliki beberapa keunggulan. Toyota Venturer Limited Edition memiliki 3 mode berkendara yaitu power mode, normal mode, eco mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mobil ini juga disematkan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang mampu meningkatkan kualitas udara di dalam kabin. Dan khusus untuk varian Limited Edition ini telah dilengkapi dengan special tuned JBL Audio System.

Dari fitur keselamatan, mobil ini juga sudah terbilang lengkap karena telah disematkan tujuh airbags berupa dual, knee, side, dan curtain shield airbags. Kemudian di baris kedua juga telah dilengkapi Rear Seat Entertainment yang sangat membantu ketika Anda membawa anak-anak dalam perjalanan jauh.

>>> Kijang Innova Limited Edition, Kado Ulang Tahun Toyota untuk Indonesia

bagian dalam innova venturer

Fitur spesial yang ada di Innova Venturer limited edition

Performa Mesin Diesel yang Luar Biasa

Berbicara soal mesin, Innova Venturer Limited Edition memang patut dibanggakan. Mobil ini memiliki dua jenis mesin yaitu bensin dan diesel. Untuk mesin bensin 2.000 cc memiliki tenaga 139 HP dan torsi 189 Nm. Sementara untuk diesel menggunakan mesin 2.400 cc yang menghasilkan tenaga 147 HP dan torsi mencapai 359 Nm. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan. Silakan cari rival mana yang bisa menandingi performa seperti ini. 

>>> Intip Daftar Harga Low MPV Sebelum Dapat Diskon PPnBM

Kenyamanan Mobil Ketika Dikendarai

Harus diakui bahwa mobil ini memiliki bantingan suspensi yang empuk sehingga sangat nyaman ketika dikendarai. Kekedapan kabinnya juga bagus sehingga tidak banyak suara dari luar yang masuk. Bahkan suara mesin diesel-nya sendiri tidak terdengar dari dalam kabin. Jok di mobil ini juga terasa sangat empuk dengan desain yang lebar sehingga mampu menyangga dengan baik penumpang berbadan besar hingga 100 kg. Overall, mobil ini memang terasa sangat nyaman di bagian interior. 

innova venturer nyaman saat dikendarai

Mobil ini memiliki bantingan suspensi yang empuk sehingga cocok sekali sebagai mobil keluarga

Secara keseluruhan, Toyota Innova Venturer Limited Edition ini memang mobil yang mampu mengusung sejarah Toyota di Indonesia. Sayangnya, versi Limited Edition ini hanya dijual sebanyak 50 unit saja, yaitu 30 unit bensin dan 20 unit diesel. Dan semuanya telah habis terjual sehingga jika Anda tertarik untuk memilikinya hanya bisa memilih yang versi standar saja. 

>>> 10 Mobil MPV Bekas untuk Liburan Keluarga Rekomendasi Cintamobil

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top