CintamobilTV: Akankah 3 Mobil Baru Ini Masuk Indonesia?

11/05/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Tiga mobil baru baru saja meluncur di pasar global berhasil mencuri perhatian. Kira-kira mobil apa saja itu? Akankah mobil tersebut masuk pasar Indonesia?

Ada yang spesial dari review tim CintamobilTV kali ini, karena dilakukan secara virtual tiga mobil baru yang sudah diluncurkan di pasar global. Ketiga mobil ini pada dasarnya sudah cukup populer di Indonesia karena populasinya tergolong banyak dari tahun ke tahun. Kira-kira mobil apa saja yang akan direview? Dan kira-kira apakah akan masuk di pasar Indonesia? 

1. Honda Odyssey 2021

Di Jepang, Honda Odyssey 2021 baru saja mendapat pembaruan tampilan yang lebih elegan dan dilengkapi dengan fitur penunjang kepraktisan yang membuat mobil ini terasa semakin premium. 

Spesifikasi Honda Odyssey 2021: Tampilan Eksterior

MPV premium dari Honda ini memiliki tampilan yang sangat elegan. Tentu saja Honda memberikan perbedaan pada tampilan Odyssey pasar Jepang dan global. Di Indonesia sendiri, salah satu mobil baru ini bersaing dengan Nissan Elgrand dan Toyota Alphard. 

Kesan mewah selalu menjadi andalan salah satu mobil baru ini karena termasuk dalam kelas MPV premium. Ubahan paling signifikan terlihat pada grill depan yang memiliki aksen krom lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya. Diapit dengan lampu depan yang lebih stylish dan dipisahkan oleh bumper model maskulin. Di bagian belakang terlihat tidak terlalu berubah secara signifikan. Desain pintu belakang terlihat lebih halus dengan garis-garis bodi yang tidak terlalu menonjol. Termasuk lampu belakang yang terlihat baru dan sein sekuensial yang mirip dengan CR-V 2021. 

>>> 5 Pilihan Mobil Baru Merek Jepang 2021 yang Pas Untuk Bergaya Saat Lebaran

honda odyssey 2021 warna hitam

honda odyssey, mpv premium dari honda

Fitur Honda Odyssey 2021

Honda menyematkan fitur terbaru yang sangat canggih di mobil ini yaitu gesture control. Fitur ini dapat membantu Anda untuk membuka pintu samping dengan mudah hanya dengan melambaikan tangan pada sensor di bagian pintu. Sementara untuk fitur keselamatan, Odyssey disematkan teknologi Honda Sensing yang menjadi fitur standar di semua varian mobil ini. Seperti tersedianya Adaptive Push Control (APC), Collision Mitigation Brake System (CMBS) dan Lane Keeping Assist System (LKAS).

Interior Honda Odyssey 2021

Masuk di bagian interior, Honda menambahkan aksen kayu imitasi di bagian dashboard untuk menambahkan kesan lebih elegan di dalam kabin. Mobil ini dilengkapi dengan sistem infotainment 10.0 yang terpasang di bagian tengah dashboard. Salah satu keunggulan Odyssey 2021 adalah kursi berlapis kulit dengan pengaturan yang mudah akan menemani Anda selama berkendara. Tidak ketinggalan, tombol pengatur suhu untuk menambah kenyamanan Anda. Odyssey mendapatkan kursi magic slide seperti layaknya di penerbangan kelas satu. Kursi ini dapat digeser maju, mundur dan ke samping sesuai dengan kenyamanan pengendara. Untuk menciptakan tata letak yang berbeda, kursi di baris ketiga bisa dilepas dengan mudah sehingga bagasi akan terlihat lebih luas. 

bagian interior odyssey

kursi penumpang yang nyaman di dalam honda odyssey 2021

Spesifikasi Mesin Odyssey 2021

Honda Odyssey 2021 di sektor mesin diisi oleh empat unit silinder i-VTEC DOHC dengan kapasitas 2.400 cc dan 2.000 cc. Mobil ini tidak menawarkan pilihan transmisi manual. Di Jepang mobil ini ditawarkan dengan harga yang setara Rp 480 jutaan. Kira-kira, kapan ya mobil baru ini masuk ke pasar Indonesia?

>>> Honda Odyssey 2021 Dirilis, Hadirkan Fitur Baru Penunjang Mobilitas

2. Ford Ranger 2021

Pasar mobil double cabin sangat besar di Thailand, inilah yang membuat Ford mengeluarkan Ranger 2021 sebagai mobil baru untuk bersaing di segmen pick up yang menjadi andalannya. Dalam facelift kali ini, Ranger mendapatkan banyak penyegaran. Mulai dari tampilan yang terasa lebih elegan serta peningkatan teknologi pada mesin. 

ford ranger 2021 double cabinf

ford ranger 2021 bersaing di segmen pick up 

Spesifikasi Ford Ranger 2021: Tampilan Eksterior

Perubahan yang paling terlihat pada mobil baru ini adalah grill yang memiliki desain lubang hidung ganda bergaya trapesium bisa ditemukan pada generasi Ford Ranger terbaru. Sementara untuk membedakan varian, Ford memberikan masing-masing warna eksterior mobilnya. Sementara, tampilan yang lain masih tetap sama dengan generasi sebelumnya.

Interior Ford Ranger 2021

Bagian kabin terlihat tidak terlihat begitu mewah, namun Anda bisa menemukan material soft touch di bagian atas dashboard. Head unit layar sentuh 8.0 inci dengan pengaturan AM/FM radio dan bluetooth serta Port USB telah disediakan bagi penumpang baris depan. 

bagian dalam mobil ford ranger 2021

bagian kabin dengan sentuhan material soft di bagian atas dashboard 

Mesin Ford Ranger 2021

Ford tidak memberikan banyak perubahan pada mesin 2.200 cc turbo diesel maupun bi-turbo  2.000 cc yang digunakan. Mesin 2.000 cc masih menawarkan tenaga hingga 213 PS dan rotsi 500 Nm. Kedua mesin tersebut disandingkan dengan girboks otomatis 10-percepatan. Dengan rasio gigi yang lebih banyak akan membuat nafas mesin jadi lebih panjang. Inilah yang membuat mesin terasa lebih agresif terutama pada putaran mesin rendah. Mobil baru ini dibanderol dengan harga setara Rp 316 jutaan untuk varian terendah, sementara untuk varian tertinggi setara dengan Rp 464 jutaan. 

3. Subaru BRZ 2021

Mobil baru ini merupakan supercar compact yang terkenal dengan karakteristik fun to drive. Ini yang dipertahankan pada evolusi terbaru yang dirilis pada tahun 2021. Awalnya, Subaru BRZ diperkenalkan pada tahun 2012 yang berkolaborasi dengan Toyota. Jika membahas tentang BRZ memang bukan mesinnya yang bertenaga, namun mengajarkan pada para petrolhead di seluruh dunia bahwa mobil yang asik dikemudikan tidak datang dari mesinnya yang kencang. 

mobil subaru brz 2021 dari bagian luar

subaru brz 2021 adalah mobil supercar dengan karakteristik fun to drive

Spesifikasi Subaru BRZ 2021: Tampilan Eksterior

Tidak ada bahan yang mencolok pada generasi terbaru Subaru BRZ.  Bentuk lampunya terlihat lebih besar dengan dua buah lampu projector LED dan LED Daytime Running-Lights di bawahnya. Desain grilnya juga baru dengan desain bumper depan yang baru tanpa fog lamp. Pindah ke belakang mobil, fender serta tapak roda belakang lebih lebar, bumper belakang yang di bawahnya dihiasi knalpot ganda seakan menunjukkan performa mobil sport ini.

>>> Merakit Supercar Impian untuk Anak

Interior Subaru BRZ 2021

Dibandingkan pendahulunya, dasbor BRZ baru terlihat lebih langsing dengan layout dua susun. Subaru menyisipkan tombol dan knop di sisi kanan dan kiri head unit.Beralih ke kokpit, Subaru BRZ kini menggunakan instrument cluster digital 7 inci dengan tampilan yang lebih modern. Agar dinamika berkendara khas sportscar semakin terasa, posisi duduk Subaru BRZ dibuat sangat rendah namun dengan visibilitas yang tetap baik.

bagian dalam mobil brz yang mewah

bagian interior subaru brz yang mewah

Fitur Subaru BRZ 2021

Subaru BRZ 2022 menggunakan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan sistem multimedia SUBARU STARLINK versi terbaru. Untuk sensasi berkendara yang berbeda saat trackday, Subaru menawarkan lima settingan berbeda untuk Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control dan Stability System, yang didesain secara khusus untuk memberi peran lebih ke pengemudi sebelum mengaktifkan kontrol traksi.

>>> Subaru Comeback ke Indonesia, Luncurkan Mobil Baru di Akhir Tahun

Mesin Subaru BRZ 2021

Pada generasi ini, kapasitas mesin naik menjadi 2.400 cc, namun mesin tidak diberi sistem induksi paksa seperti Turbocharger, atau Supercharger. Tenaga mobil naik menjadi 228 HP dengan torsi 250 NM. Angka tersebut tidak terlalu spesial untuk ukuran sebuah mobil performa tinggi. Sementara untuk harganya, kemungkinan mobil yang akan dijual tahun 2022 ini dibanderol dengan harga yang setara dengan Rp 380 jutaan.

tampilan subaru brz dari belakang

tampilan supercar brz dari bagian belakang 

Itu dia tiga mobil baru yang sudah meluncur di pasar global. Dengan desain yang keren dan model yang compact, tentunya membuat mobil-mobil tersebut cukup menarik perhatian. Tertarik membelinya? 

>>> Lanjutkan Kolaborasi dengan Subaru, Toyota Perkenalkan GR86 2022

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top