Cintamobil TV: Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2021

17/05/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012 menjadi varian tertinggi yang memiliki banyak fitur dengan harga terjangkau dibandingkan dengan rival-rivalnya. Simak selengkapnya!

Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012 akhirnya muncul di Indonesia. Mobil ini digadang-gadang akan merusak harga pasar dari rival-rival satu segmennya lantaran harganya dibawah Toyota Yaris dan Toyota Rush. Kali ini, tim Cintamobil TV akan mengendarai mobil ini sekaligus menjelaskan apa saja fitur dari mesin 1000cc turbo ini.

Eksterior Toyota Raize Sport TSS CVT 2012

Tampak depan Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012 biru

Toyota Raize GR-S TSS CVT memiliki fitur Adaptive Cruise Control

Sebagai mobil varian tertinggi, varian Raize GR memiliki tampilan yang lebih sporty pada bodykit dan velgnya. Untuk fitur di bagian fascia terdapat Adaptive Cruise Control sebagai radar yang memungkinkan Anda menjaga jarang di depan secara otomatis. Ada juga Lane Departure Assist, sehingga saat Anda meleng di jalanan bebas hambatan, mobil akan memberikan sinyal sehingga setir akan balik ke jalur semestinya sehingga lebih safety.

Pada bagian samping, ada Blind Spot Monitoring yang akan memberikan alert saat Anda berbelok tanpa melihat kendaraan lain di sekitar mobil. Fitur ini menjadi salah satu kelebihan Toyota Raize GR-S TSS CVT 2012 mengingat Blind Spot Monitoring biasanya disematkan di mobil dengan harga diatas Rp 500 jutaan. Di bagian belakang, ada kamera mundur dan sensor parkir. Sementara saat Anda masuk ke interior mobil, terdapat Keyless Entry yang praktis dan minimalis.

>>> Spesialis Cybersecurity Qihoo 360 Siapkan Mobil Listrik

Interior Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2021

kabin Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Kabin Toyota Raize full digital

Hal paling menarik saat Anda masuk ke bagian interior adalah pada bagian dashboard. Terdapat panel instrument yang sudah full digital baik untuk kecepatan mesin, putaran mesin, panas mesin, dan indikator BBM yang memungkinkan Anda untuk mengganti desainnya atau displaynya dengan ukuran 9 inchi. Total ada empat display yang bisa diganti jadi tampilan sporty hingga futuristis meskipun resolusinya kurang hi-definition untuk panel instrument.

Di bagian setir, Toyota memberikan desain yang keren dengan banyak fitur keselamatan. Seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist, Pre-Collision System yang bisa mengerem otomatis ketikan kecepatannya terlalu tinggi untuk mengurangi risiko atau kerusakan jika mobil mengalami kecelakaan. Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012 juga dilengkapi dengan headlamp full auto yang akan otomatis hidup saat melewati jalanan yang gelap.

Panel Instrument Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Ada empat pilihan desain pada panel instrumen

Untuk tempat penyimpanan, mobil ini tergolong banyak. Anda bisa menyimpan banyak folder di bagian door trim, di bagian tengah ada compartment terbuka untuk meletakkan gadget atau kunci. Sedangkan untuk bagian medium dan paling besar, ada di bagian bawah dashboard.

Sayangnya, ada sedikit kekurangan pada bagian interior. Meskipun built quality, mobil ini terasa kurang solid karena saat Anda menggeser pintu, pintu mobil langsung terasa goyang. Mungkin ini jadi salah satu cara menekan harga jual mobil dengan fitur yang sangat lengkap.

>>> Suzuki Jimny 5 Pintu Siap Meluncur Tahun Depan

Akomodasi Baris Kedua

SRS air bag Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Terdapat air bag hingga baris kedua

Untuk akomodasinya, secara mengejutkan mobil ini ternyata sangat lega. Posisi legroom dan headroom yang luar biasa aman karena jika dilihat dari luar desainnya memang terasa lebih tinggi. Jok di baris kedua terasa empuk kombinasi fabric dan leather. Penumpang bisa memundurkan posisi rebahan 2-3 cm.

Untuk kelengkapan baris kedua, terdapat USB port, cup holder, dan airbag hingga ke area belakang. Sementara di bagian bagasinya, terdapat partisi non-permanen yang bisa Anda lepas pasang dan bisa Anda adjust untuk membawa barang lebih banyak. Mobil dilengkapi dengan ban cadangan tipe full size, yang jarang sekali ditemukan di mobil sekecil ini.

>>> 7 Tips Membeli Land Rover Bekas, Si Sangar yang Bertenaga

Mesin Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Toyota Raize 1.0T GR Sport 2012 dilengkapi dengan mesin 1KR-VET, 3 silinder segaris 1.0 liter turbo DOHC 12 katup VVT-I dengan tenaga maksimum 97 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm sehingga jika dibandingkan dengan rivalnya, mobil ini terasa kurang impresif.

mesin Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Mesin Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012 cocok digunakan untuk di perkotaan

Dengan mesin tiga silinder, karakter responnya yang cukup terasa getarannya. Untuk di putaran bawah mesin turbonya agak sedikit lemot. Mesinnya memang agak kurang responsif di putaran bawah tetapi di menengah sudah terasa ok. Sementara handlingnya, setirnya enteng sehingga untuk digunakan di jalur perkotaan, terasa mudah digunakan dan manuver juga cukup mudah mengingat dimensinya juga kecil. Sementara untuk bantingan suspensinya terbilang di posisi “tengah-tengah”, tidak empuk dan juga tidak keras banget.

>>> Keistimewaan Toyota Fortuner VRZ, Varian SUV Terlaris di Indonesia

Harga Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Dengan fitur dan mesin yang dimiliki Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012, mobil yang dijual dengan harga terjangkau ini akan menjadi pusat perhatian di Indonesia. Untuk detail harga Toyota Raize adalah sebagai berikut.

Model 

Harga

Toyota Raize 1.0T G M/T One Tone  

Rp 219.900.000

Toyota Raize 1.0T G M/T Two Tone  

Rp 222.200.000

Toyota Raize 1.0T G CVT One Tone  

Rp 233.100.000

Toyota Raize 1.0T G CVT Two Tone 

Rp 235.400.000

Toyota Raize 1.0T GR CVT One Tone 

Rp 244.700.000

Toyota Raize 1.0T GR CVT Two Tone  

Rp 247.000.000

Toyota Raize 1.0T GR CVT TSS One Tone  

Rp 263.700.000

Toyota Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone  

Rp 265.900.000

Spesifikasi Toyota Raize 2021

Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Mesin Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012 kurang responsif

Setelah mengupas berbagai fiturnya, berikut spesifikasi Toyota Raize 2021 GR Sport 1.0T.

Dimensi Toyota Raize 2021 GR Sport 1.0T

Panjang x Lebar x Tinggi

4.030 mm x 1.710 mm x 1.635 mm

Jarak Poros Roda

2.525 mm

Ground Clearance

200 mm

Jarak Pijak (Depan/Belakang)  

1.475 mm/1.470 mm

Mesin dan Drivetrain Toyota Raize 2021 GR Sport 1.0T

Tipe

1KR-VET, 3 silinder segaris, turbo, intercooler, DOHC 12 katup VVT-i

Kapasitas

998 cc

Tenaga

97 hp/6.000 rpm 

Torsi 

140Nm/2.400 rpm - 4.000 rpm

Transmisi

CVT (1.0T GR Sport)

Sasis Toyota Raize 2021 GR Sport 1.0T

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Torsion beam 

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Tromol

Ban & Kemudi 

205/60 R17, rack & pinion (EPS)  

Fitur Toyota Raize 2021 GR Sport 1.0T

Fitur Keselamatan

ABS, VSC, HSA, airbag, Pre Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring

Fitur Pengemudian

Adaptive Cruise Control, parking assist, power mode 

Fitur Kenyamanan

MID TFT 7 inci, Power Mode Switch, kemudi berlapis kulit, Auto headlamp, paddle shift, Auto AC, keyless, start/stop engine, head unit 9 inci, auto mirror 

Jika disimpulkan, mobil perpaduan antara city car dan SUV kompak ini menjadi alternatif yang baik untuk pemakaian dalam perkotaan, apalagi dengan harga yang terbilang terjangkau dan banyak fitur. Nah, bagaimana menurut Anda?
 

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top