Cintamobil TV: Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 Makin Canggih

21/04/2021

Mobil baru

3 menit

 Cintamobil TV: Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 Makin Canggih
Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 adalah varian termahal di kelasnya. Dengan desain gagah dan fitur canggih, mobil ini layak menjadi SUV Idaman.

SUV Idaman sejuta umat yang paling ditunggu-tunggu akhirnya secara resmi mengaspal di Indonesia belum lama ini. Adalah Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 yang hadir dengan segala kecanggihan dan tambahan fitur menyenangkan.

Tak hanya dibekali serangkaian fitur mutakhir, SUV unggulan Mitsubishi ini juga membawa beberapa perubahan dari segi eksterior maupun interior yang membuat tampilannya terkesan lebih gagah dan mewah. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 dibanderol dengan harga Rp 733.700.000. Penasaran dengan berbagai fiturnya? Simak detail informasi di bawah ini yang sudah dirangkum oleh tim Cintamobil.com berikut.

Eksterior Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 

Secara keseluruhan, Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 memiliki ukuran panjang 4.825 mm, 1.815 mm, lebar 1.835 mm dengan jarak sumbu roda 2.800 mm. Selain dimensinya yang lebih panjang hingga 40 mm dari pendahulunya, sisi eksterior Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 juga menyuguhkan penyegaran. Ubahan yang tampak paling menonjol adalah bagian depannya. Mempertahankan bahasa desain Advanced Dynamic Shield Concept, mobil ini semakin macho dengan bentuknya yang mengotak. 

Terdapat beberapa buah lampu pada bumper depan, yakni headlamp dengan proyektor dan LED, Daytime Running Lights, dan Active Cornering Lamp. Active Cornering Lamp akan otomatis menyala saat mobil berbelok atau menikung untuk membantu memberikan pencahayaan yang lebih baik bagi pengendara. Lalu, grill-nya tidak lagi menggunakan finishing krom, melainkan silver doff, menjadikannya lebih sederhana namun elegan. Terlihat pula logo Mitsubishi dengan material kaca, yang juga berfungsi sebagai radar, menandakan bahwa SUV flagship ini memiliki fitur-fitur canggih seperti Adaptive Cruise Control. Tak ketinggalan, ada 4 kamera di depan, kiri, kanan, dan belakang (Multi Around View Monitor) untuk membantu mengurangi titik buta dan membantu saat parkir di area sempit

, Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4

Tampilan luar Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4

Pada bagian samping, tampilannya tidak begitu berubah, yakni mempertahankan lekuk bodi yang berkarakter. Namun, ada perubahan pada desain velg. Kini velg-nya mengusung pola two tone warna hitam bercampur polish, dengan dimensi ring 18 inci yang dibalut dengan ban 265/60 R18. Di bagian bawah ada footstep untuk membantu Anda saat memasuki kabin. Spionnya menggunakan aksen krom, dilengkapi dengan sein LED dan fitur blind spot monitoring. Aksen krom yang tak berlebihan juga ditemukan pada frame kaca. Fitur roof tail masih tersedia di atap, bisa dijadikan alternatif untuk menaruh tambahan muatan saat melakukan perjalanan jauh. Fitur baru lainnya di bagian samping mobil adalah shark fin antenna sewarna bodi yang menambah kesan sporty.

Di bagian belakang juga ada beberapa perubahan. Fender tampak lebih mengotak dan kekar. Uniknya, Stop Lamp atau lampu belakang mobil ini memiliki desain futuristik yang mirip seperti air mata. Meski demikian, lampunya dilengkapi dengan LED dan memiliki visibilitas yang baik, sehingga mudah dipantau oleh kendaraan lain.  Spoiler belakang memiliki desain baru yang lebih besar dan lebih tangguh. Dan diffuser-nya tampak semakin futuristik dengan adanya reflektor tanpa embel-embel knalpot artifisial.

>>> Cari Inspirasi Modif Pajero Sport? Gak Harus Jadi Mobil Offroad Kok!

Interior Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 

Masuk ke bagian dalam mobil. Mengingat mobil ini sudah dilengkapi dengan keyless entry, untuk masuk ke kabin Anda hanya perlu memencet tombol dan menyalakan mesinnya. Interior kabinnya terlihat lega dengan aksen gloss black yang menyeluruh, memberikan kesan sporty namun juga elegan.  Tampilan dashboard hampir sama seperti pendahulunya, walau tidak soft-touch, materialnya berkualitas, mudah dibersihkan, dan lebih awet sehingga menjadikannya sepadan dengan harga.

Lingkar kemudi mobil ini salah satu yang ternyaman karena dimensinya pas dan enak digenggam, serta memiliki beberapa tombol fungsional di sekitarnya yang mengatur berbagai fitur canggih. Di balik setir, tersemat pula fitur paddle shift berukuran besar layaknya mobil sport untuk menaik-turunkan transmisi tanpa melepas kemudi. Hal itu membuat Anda masih dapat “bersenang-senang” dengan mobil raksasa ini. Tuas transmisinya juga besar sehingga mudah dioperasikan.

SUV idaman

Tampak bagian depan mobil Pajero 

Hal menarik lainnya adalah Panel cluster 8 incinya yang full digital. Panel cluster berdesain minimalis dan unik ini menyajikan berbagai informasi mengenai kendaraan, seperti rpm, speedometer, serta fitur keselamatan. Tampilannya juga bisa diubah-ubah sesuai keinginan. Ada pula head unit besar yang juga berukuran 8 inci. Keunggulannya, head unit Dakar Ultimate 4x4 memiliki fitur konektivitas ke ponsel atau laptop.

Untuk kursi, baik di depan, tengah, maupun belakang, seluruhnya dibalut material kulit nan empuk, membuat Anda merasa nyaman saat mendudukinya. Di baris kedua, posisi kursi tidak berubah, masih tetap nyaman untuk ukuran mobil yang tinggi. Visibilitas penumpang ke depan dan ke samping juga baik. Ada handrest yang tersempil di bagian tengah baris kedua, yang dilengkapi cup holder tersembunyi. Untuk menambah kenyamanan, terpasang dua buah colokan 150 watt 220 volt yang bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel atau laptop Anda. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 juga masih menghadirkan fitur khasnya, yaitu fitur sunroof. Sunroof ini dapat dibuka secara elektris maupun tilt.

Anda pun mendapatkan akses yang mudah untuk masuk ke baris ketiga dari baris kedua. Posisi duduk di baris ketiga bisa dibilang tidak begitu nyaman. Hal ini dikarenakan ruang untuk kaki terbatas dan tidak bisa menopang paha orang dewasa dengan baik. Jika ingin melakukan perjalanan jauh, anak-anak lebih cocok ditempatkan di baris ketiga. 

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4

SUV idaman yang semakin canggih 

Beralih ke bagasi. Bagasi varian Dakar Ultimate ini memiliki fitur automatic tail gate system yang dilengkapi kick sensor.  Dengan kick sensor, Anda tinggal melakukan tendangan atau sapuan dari sisi bawah bumper, dan pintu bagasi otomatis terbuka. Bagasi ini sebenarnya cukup luas, namun berkonsep flat-floor atau rata lantai. Artinya, Anda bisa melakukan pelipatan kursi di  baris ketiga dan seterusnya dengan menarik tuas di tengah untuk mendapatkan space yang lebih lapang. 

Fitur unggulan  Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 

Tidak hanya mengalami pembaruan dari segi eksterior dan interior, varian Dakar Ultimate 4x4 juga menghadirkan banyak sekali fitur canggih untuk memberikan kemudahan berkendara.

Fitur Keselamatan

Mengingat pajero sangat mengedepankan safety, maka tak heran kalau mobil ini memiliki banyak fitur keselamatan yang dapat diaktifkan melalui sejumlah tombol yang ada di lingkar setir. Ada fitur Adaptive Cruise Control, untuk mengurangi kecepatan dam menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Forward Collision Warning, untuk membuat mobil secara otomatis mengerem saat jarak dengan kendaraan lain di depannya terlalu dekat. Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS), menjaga agar mobil Anda tidak mengalami kecelakaan beruntun. Fitur ini menggunakan teknologi sensor radar yang masing-masing terpasang 4 di depan dan 4 di belakang. Nantinya, sensor-sensor ini akan mengirim sinyal apabila terdeteksi hambatan di depan atau di belakang mobil.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021

Tampak belakang mobil Pajero warna putih

Lalu ada fitur Blind Spot Warning - Lane Change Assist untuk memberi tahu lokasi kendaraan lain kepada pengendara, sehingga membantu ketika ingin menyalip atau berpindah jalur. Ada pula Fitur Rear Cross Traffic Alert dengan sensor di belakang mobil yang akan mempermudah Anda dalam mendeteksi kendaraan lain saat keluar dari tempat parkir, menghindari tabrakan. Rem parkirnya dilengkapi sistem Electric Parking Brake dengan fitur Brake Auto Hold.  Tak ketinggalan, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan 7 buah airbags berkualitas tinggi untuk mengamankan pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan. 

Selain itu fitur-fitur di atas, ada pula fitur standar lainnya, seperti Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Rigid Lightweight body dan  teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) body. 

Fitur Mitsubishi Remote Control

Fitur ini memungkinkan mobil terkoneksi dengan ponsel Anda. Melalui aplikasi Mitsubishi Remote Control, Anda dapat mengoperasikan berbagai fitur atau menjalankan fungsi mobil melalui ponsel secara jarak jauh. Misalnya, membuka pintu mobil, atau menghidupkan AC mobil. Aplikasi ini juga bisa memberikan informasi terkait lokasi parkir mobil Anda saat Anda lupa.

Fitur Sistem 4x4

Mengingat ini adalah varian termahalnya, Mitsubishi Pajero Sport Ultimate 4x4 juga memiliki fitur super select 4WD yang berfungsi untuk memindahkan mode penggerak roda dengan memutar tombol saja. Fitur ini memiliki 4 pilihan fungsi, yakni 2 High, 4 High, 4 High-Lock, 4 Low-Lock. Lalu ada pula fitur Hill Start Assist, Hill Descent Control untuk menjaga mobil tetap terkendali saat melewati tanjakan dan jalan yang curam, atau di medan off-road.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 

Varian Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 dibekali dengan jantung mekanis terbaik di kelasnya, yakni mesin diesel 4 silinder berkapasitas 2.442 cc dengan teknologi 4N15 Mivec Turbocharged. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 hp pada 3.500 rpm dengan torsi puncak Nm pada 2.500 rpm. Kemudian, tenaga itu akan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 8-percepatan. 

suv idaman

Pajero Sport warna hitam yang terlihat mewah 

Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021 

Di balik segala kemutakhirannya, Dakar Ultimate 4x4 tak lepas dari kekurangan. Salah satunya, jok baris ketiga kurang luas dan tidak bisa diduduki oleh orang dewasa dengan nyaman untuk jangka waktu lama karena ruang kakinya sangat terbatas. Tak hanya itu, meski unik, desain lampu belakangnya kerap menimbulkan kontroversi terlepas dari kegunaan yang ditawarkan. Terakhir, konsumsi bahan bakarnya sangat tinggi mengingat mobil ini berbadan bongsor dan berbobot sekitar 2 ton.

Itulah informasi mengenai spesifikasi, kelebihan serta kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membeli Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4. Dari gagahnya desain serta kecanggihan fitur yang ditawarkannya, wajar saja varian dakar ini dinobatkan sebagai SUV idaman sejuta umat. 

>>> First Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021: Menjajal SUV Ladder Frame Terbaik Di Kelasnya

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top