Cintamobil TV: BMW X7 xDrive 40i Opulence SAV Termahal Tampil Lebih Segar

19/04/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
BMW X7 xDrive 40i Opulence kini hadir dengan status CKD atau sepenuhnya dirakit di Indonesia. Kendaraan yang disebut-sebut sebagai SAV termahal ini memiliki peningkatan desain dan fitur yang memuaskan hasrat berkendara Anda.

BMW Group Indonesia resmi meluncurkan unit Sport Activity Vehicle (SAV) termahalnya, yakni BMW X7 xDrive 40i Opulence. Sebelumnya, kendaraan mewah itu sudah pernah meramaikan pasar SAV domestik dalam bentuk CBU (Completely Built Unit) dengan nama BMW X7 xDrive 40i Pure Excellence. Namun, kini varian teranyarnya hadir kembali dan telah sepenuhnya dirakit secara lokal atau berstatus Complete Knock Down (CKD).

Tentunya bukan tanpa alasan X7 xDrive 40i Opulence digadang-gadang sebagai SAV termahal yang ada saat ini. Selain desainnya yang menitikberatkan pada kemewahan ala Eropa, mobil dari pabrikan BMW ini juga memiliki segudang fitur mutakhir yang mampu memuaskan hasrat berkendara Anda. Berikut informasi mengenai spesifikasi dan keunggulan dari BMW X7 xDrive 40i Opulence sebagai SAV termahal yang telah dirangkum oleh tim Cintamobil.com

Desain Eksterior BMW X7 xDrive 40i Opulence 

BMW X7 xDrive 40i Opulence tergolong mobil SAV termahal berukuran besar dengan dimensi panjang 5.151 mm, lebar 2.218 mm, tinggi 1.805 mm dan jarak sumbu roda 3.105 mm.
Selain namanya yang berganti dari Pure Excellence menjadi Opulence, desain eksteriornya juga memiliki banyak perbedaan dengan versi CBU. Dilihat dari sisi depan, versi CKD sudah menggunakan opulence package, yang ditandai dengan sentuhan aksen krom pada bagian bumper dan sekeliling mobil. 

mobil BMW

Bagian eksterior SAV termahal BMW yang mewah 

Menjadi SAV termahal membuat mobil tetap mempertahankan kidney grille ukuran raksasanya yang bersifat adaptif sehingga dapat menutup dan membuka secara otomatis. Terpampang pula emblem BMW paling besar yang ada di lini BMW Indonesia. Selain lampu berbentuk pipih yang mengapit grill dan lampu strip LED yang berfungsi sebagai foglamp, BMW juga dilengkapi dengan laserlight yang memiliki pencahayaan sangat terang dan visibilitas jauh, memudahkan Anda saat berkendara di malam hari.

Pada bagian samping, ada velg baru, Y-spoke 752 Bicolour 21 inci berbalut ban dengan profil 285/45 R21 yang memiliki pola dual tone. Aksen high-gloss chrome atau krom menyala juga terlihat pada ornamen air breather, side skirt dan frame kaca, mulai dari depan hingga ke belakang, menjadikan SAV termahal ini tampak lebih mewah dan agresif. Di bagian bawah side skirt, terdapat footstep berwarna silver yang berfungsi sebagai pijakan untuk membantu Anda masuk ke dalam kabin. Seperti versi CBU, X7 xDrive 4Oi ini mempertahankan fitur roof rail yang sudah tersedia sebagai standarnya.

Beralih ke bagian belakang. Terdapat lampu LED horizontal di sebelah kiri dan kanan yang terhubung dengan aksen krom satin atau krom menyala. Aksen krom menyala ini dipergunakan untuk memberikan image mewah, elegan, atau luxury, yang memang dititikberatkan pada flagship BMW satu ini. Perbedaan signifikan lainnya antara mobil ini dengan versi CBU-nya terletak pada radar di bagian bawah bumper yang mengindikasikan bahwa ada sematan fitur canggih baru.

Desain Interior BMW X7 xDrive 40i Opulence 

Masuk ke bagian interior. Secara keseluruhan kabin SAV termahal BMW ini sangat luas dan memberikan kesan elegan. Desain dashboard BMW X7 xDrive 4Oi Opulence sangat minimalis dengan mengedepankan konsep driver-oriented. Di atas dashboard, terpampang dua layar multifungsi, yakni layar head unit berukuran 12,3 inci dan layar panel instrumen berukuran 10,7 inci serta tombol-tombol fungsional di sekitar setir yang akan memudahkan Anda dalam mengakses berbagai informasi serta fitur canggih lainnya.  

BMW X7 xDrive 40i Opulence

Interior SAV termahal milik BMW X7 xDrive 40i Opulence 

Mobil ini memiliki kapasitas enam kursi, dengan dua berada di depan, dua di tengah, dan dua di belakang yang semuanya dilapisi material kulit kelas atas nan empuk, vernavasca-perforated, untuk memanjakan para penumpang. Khusus dua kursi di depan, pemosisiannya dapat diatur secara elektrik dan dilengkapi dengan Lumbar Support.

Beralih ke belakang. Jok baris kedua milik kendaraan versi rakitan lokal ini terasa sangat lapang sehingga bisa memuat dua hingga tiga orang dewasa. Ruang kaki dan ruang kepalanya bisa dibilang cukup memadai untuk menaungi tubuh yang tinggi.

Sementara jok di baris ketiga, meski sebenarnya memiliki space yang lumayan besar, tetapi lebih cocok untuk mengakomodasi anak-anak ketimbang orang dewasa, mengingat ruang lututnya tidak  selapang di baris kedua. Di baris ketiga juga terdapat aplikasi sunroof yang jika dibuka akan membuat ruangan kabin terasa lebih lega dari semestinya.

Dengan dimensi lebih dari 5 meter, BMW X7 memiliki ruang bagasi yang lumayan luas.  Seperti pendahulunya, bagasi X7 yang berkonsep flat-floor ini dilengkapi dengan sistem bukaan split-tailgate otomatis yang berfungsi untuk memudahkan akses masuk barang ke dalam mobil. Bagian bibir pintu bagasi bisa Anda fungsikan sebagai tempat duduk lho. Namun, jika ingin memaksimalkan ruang bagasi, Anda hanya perlu melipat kursi di baris ketiga dengan menekan tombol Max Cargo. Setelah itu, baris ketiga otomatis akan terlipat menjadi rata dengan lantai dan Anda bisa memuat banyak barang.

>>> Harga 7 Mobil Sport BMW Yang Dijual di Indonesia

Fitur-Fitur Unggulan BMW X7 xDrive 40i Opulence

Dengan harga lebih murah Rp 100 juta, yakni Rp 2 miliar lebih, Anda akan tetap mendapatkan berbagai fitur kemewahan dari SAV termahal BMW X7 versi CBU di mobil ini. 

Pertama, ada fitur Display key yang berbentuk seperti remote kecil. Menggunakan Display Key, Anda bisa memantau keadaan dan memberi perintah kepada mobil Anda dari jarak jauh. Selanjutnya, mobil premium ini tentunya menggunakan sistem BMW Live Cockpit Professional  yang dilengkapi dengan head-up display. Jadi, informasi-informasi yang ada pada panel instrumen akan ditampilkan di jendela depan mobil, yang meningkatkan efisiensi dalam berkendara.

Demi memberikan kenyamanan maksimal di kabin, tersedia pula fitur konektivitas nirkabel, cup holder dengan fungsi panas dan dingin, wireless charging pad serta rear-seat entertainment dengan dua layar sentuh individual berukuran 10,2 inci di baris belakang.

Tak hanya itu,  jok baris kedua ada fitur menarik, yaitu comfort cushion atau bantalan di bagian kepala, yang akan membuat perjalanan Anda terasa nyaman. Ada pula fitur Panoramic Glass Roof Sky Lounge dengan cahaya LED yang menerangi lebih dari 15.000 pola grafik, untuk memberikan efek langit berbintang. Fitur ini bisa membuat Anda beristirahat dengan maksimal saat melakukan perjalanan jauh, khususnya pada malam hari.

SAV termahal

Salah satu keunggulan yang BMW X7 xDrive 40i Opulence adalah remote pada kunci

Fitur Ambient Lighting, termasuk Welcome Light Carpet dan Dynamic Interior Light juga tersedia di mobil ini. Terdapat  pula fitur Automatic Air Conditioning 5-zone control, yang memungkinkan Anda mengatur suhu AC ideal secara otomatis, serta Ambient Air package atau parfum dengan sistem Air Ionisation. Tak hanya membuat mobil terasa harum, Air Ionisation juga dapat mengatur sirkulasi udara di kabin. 

Tidak ketinggalan, untuk menambah kemewahan pada mobil ini, tersemat fitur sound system yang ditingkatkan ke level yang lebih premium menggunakan Bower & Wilkins Diamond Surround System. Sound system ini dilengkapi 22 speaker, dengan 4 di antaranya di berada bagian atap untuk memberikan kesan 3D-Surround System dengan pola Fibonacci Effect. Speaker-nya berkualitas dan berkekuatan 1.508 watt, dua kali lipat dibandingkan dengan yang sebelumnya hanya 800 watt, sehingga mampu menghasilkan efek suara tiga dimensi.

berbagai fitur berkendara. Ada fitur semi otonomos baru bernama Active Cruise Control dengan fungsi stop and go, yang memungkinkan pengendara mengikuti alur kendaraan yang ada di depannya, serta mempertahankan jarak aman, bahkan di tengah kemacetan lalu lintas. Selain fitur semi otonomos, ada pula fitur keamanan aktif yang disisipkan yakni Front Collision Warning with brake intervention, Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Crossing Traffic Warning Rear, dan Rear Collision Prevention.  

mobil BMW tahun 2019

BMW X7 xDrive401 Pure Excellence dipekrenalkan pada 2019

Sebagai mobil dengan kasta tertinggi di BMW dan menjadi SAV termahal, xDrive 40i Opulence 2021 tentunya juga dibekali dengan xoff-road package yang cukup andal. Fitur ini menawarkan empat mode berkendara, yakni Sand, Gravel, Rock, and Snow. Anda bisa mengatur mode berkendara berdasarkan medan yang dilalui. Sistem ini juga bisa mengatur ketinggi dan rebound suspensi udara.

Tak ketinggalan, fitur-fitur tambahan penting seperti sensor, radar, Parking Assistant plus, untuk membantu Anda memarkir secara paralel maupun normal, Reversing Assistant, dan Surround (360 derajat) View System dengan Top View, Panorama View, dan 3D View juga tersedia. Perpaduan fitur-fitur tersebut akan sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

Mesin BMW X7 xDrive 40i Opulence 

Tidak berbeda dengan versi CBU, SAV termahal BMW X7 xDrive 40i Opulence juga ditenagai oleh mesin BMW TwinPower Turbo 6 silinder segaris dengan kapasitas 3.000 cc. Mesin tersebut  dapat menghasilkan tenaga 340 hp pada putaran mesin 5.500 - 6.500 rpm dengan torsi maksimum 450 Nm dari 1.500 rpm. Tenaga itu kemudian akan disalurkan keempat roda atau penggerak All-Wheel Drive melalui transmisi 8-percepatan otomatis. Besarnya tenaga yang dihasilkan memungkinkan kendaraan ini melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam.

>>> BMW Seri 5 Generasi Terbaru Meluncur Dijual Mulai Rp 1,1 Miliar

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top