Cintamobil TV: Review KIA Sonet Varian Tengah, Harga Lebih Murah & Fitur Lengkap

21/04/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Sempat hadir dalam varian tertinggi yakni KIA Sonet Premiere iVT, saat ini KIA Indonesia meluncurkan varian lebih murah, yakni KIA Sonet Dynamic iVT dan KIA Sonet Smart iVT. Apa saja pembedanya?

PT Kreta Indo Artha (KIA) menghadirkan varian baru untuk model Sonet, varian Sport Utility Vehicle (SUV) compact dengan harga lebih murah untuk menjangkau pasar otomotif di Indonesia. Total ada enam varian yang dijual dengan harga beragam, mulai dari Rp 193 jutaan hingga Rp 289 jutaan OTR DKI Jakarta.

Meskipun hadir dalam enam pilihan, tiga transmisi otomatis dan tiga transmisi manual, saat peluncuran Sonet, KIA sendiri hanya membawa varian termahalnya, yakni Sonet Premiere iVT. Sekarang sudah ada varian kedua termahal dan varian menengah, yakni Sonet Dynamic iVT dan Sonet Smart iVT. Tim Cintamobil TV akan mengajak Anda melihat seperti apa detail dan fitur yang ditawarkan pada setiap varian yang ada. Simak selengkapnya!

KIA Sonet Dynamic iVT

Eksterior Sonet Dynamic iVT

Tampilan belakang KIA Sonet Dynamic iVT putih

Bagian belakang Sonet Dynamic iVT yang tak jauh berbeda

Jika dibandingkan dengan varian termahal, eksteriornya tidak jauh berbeda, dari bemper, headlamp, grille, velg, sunroof, hingga lampu utama yang masih menggunakan LED. Termasuk juga di area samping, yakni chrome dan buritan sama persis dengan Sonet Premier iVT.

Interior Sonet Dynamic iVT

Interior KIA Sonet Dynamic iVT putih

Sonet Dynamic iVT tidak dilengkapi speaker Bose

Apa yang membedakan KIA Sonet Dynamic iVT dengan varian di atasnya dari sisi interior? Secara visual memang tak jauh berbeda, tetapi ada perbedaan dari sisi interiornya. Yang paling terlihat adalah bagian sing di kisi-kisi AC yang berwarna silver, tidak menggunakan speaker Bose, fungsi ventilated seat atau pendingin jok yang tak tersedia, hingga tidak adanya ambient light di bagian samping. Selebihnya, masih sama. Jok masih masih dilapisi kulit lengkap dengan stitching berwarna merah, setir lingkar kemudi yang sama, dan head unit yang masih disupport dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

>>> CintaMobil TV: 1.000 HP Siap Mengaspal di Indonesia, Ferrari SF90 Stradale 2021

Harga Sonet Dynamic iVT

tampilan head unit KIA Sonet Dynamic iVT

Tampilan head unit Sonet Dynamic iVT

Nah, jika berbicara masalah harga, untuk varian termahal Sonet Premiere iVT dijual dengan harga Rp 289 juta, sedangkan untuk varian Dynamic transmisi otomatis atau iVT dijual dengan harga Rp 265 juta. Dengan harga selisih Rp 24 juta, harga tersebut sebenarnya memiliki fitur dan tampilan yang tak jauh berbeda.

Berikut ini harga KIA Sonet 2021.

  • Sonet Premiere iVT Rp 289 juta
  • Sonet Dynamic iVT Rp 265 juta
  • Sonet Smart iVT Rp 251,5 juta
  • Sonet Smart M/T Rp 238,5 juta
  • Sonet Active M/T Rp 204,5 juta
  • Sonet Standard M/T Rp 193 juta

Operasi Mesin Sonet Dynamic iVT

Tampilan mesin KIA Sonet Dynamic iVT

Semua varian mesin Sonet sama

Untuk mesin, memang KIA membekali mesin yang sama untuk varian termurah sampai termahalnya. Untuk mesin Sonet Dynamic iVT 1497 cc menyuguhkan tenaga 113 hp dengan torsi 144 Nm. Mobil ini terbilang irit, untuk rute dalam kota bisa mencapai 14 km per liternya. Sementara rute tol bisa mencapai 19 km per liter dengan kecepatan rata-rata 90 km per jam. Untuk akselerasinya, mobil ini juga tergolong cepat bisa dengan 11 detik saja dari 0-100 km per jam.

Review KIA Sonet Smart iVT

Eksterior Sonet Smart iVT

tampilan depan KIA Sonet Smart iVT putih

Tampilan depan KIA Sonet Smart iVT

Untuk varian menengah yakni KIA Sonet Smart iVT, dari sisi eksteriornya tetap sama dari velg, bemper, headlamp, dan gril dibandingkan dengan varian KIA Sonet Premiere iVT dan KIA Sonet Dynamic iVT. Hal yang membedakan di eksteriornya ada di bagian bahu hingga atap dengan dual tone yang membuat mobil ini lebih elegan. Sayangnya, mobil ini tidak dilengkapi dengan sunroof. Meskipun selebihnya masih ada fitur keyless entry yang membuka dan mengunci mobil jadi lebih praktis. Dari sisi belakang eksterior juga masih tersedia kamera mundur dan sensor parkir.

>>> Bocoran Harga MPV Mewah Hyundai Staria di Indonesia

Harga Sonet Smart iVT

Bagaimana dengan harganya? Sonet Smart hadir dalam transmisi iVT dan juga manual. Untuk KIA Sonet Smart iVT dijual dengan harga Rp 251,5 juta, sedangkan Sonet Smart M/T dijual dengan harga Rp 238,5 juta.

Interior Sonet Smart iVT

Jok KIA Sonet Smart iVT

Jok Sonet Smart iVT memiliki material fabric

Dari sisi eksteriornya memang tak ada banyak ubahan. Namun dari bagian interior ada yang berbeda signifikan di bagian joknya. Untuk Sonet Dynamic, jok menggunakan pelapis kulit. Sementara varian Sonet Smart menggunakan material fabric. Jadi untuk Anda yang lebih suka jok fabric karena lebih empuk dan tak begitu gerah saat menyetir lama-lama, Sonet Smart bisa jadi pilihan.

Perbedaan selanjutnya ada di bagian transmisi. Mobil ini dilengkapi transmisi manual enam-percepatan—termasuk performa yang belum pernah ada di Sonet transmisi manual. Ada beberapa fitur yang tak tersedia pada Sonet Smart iVT, seperti bagian setir yang tidak memiliki cruise control, juga wireless charging yang tak tersedia di bagian tengah, sunroof, dan tidak ada fitur Drive Mode.

Selebihnya untuk beberapa interior dan fitur tersedia. Seperti mobil ini disupport dengan Apple CarPlay dan Android Auto, masih ada autolamp, wiper yang tidak otomatis di setiap varian Sonet, hingga material yang digunakan juga masih sama seperti material kulit pada bagian door trim.

Spesifikasi Sonet Dynamic & Smart 2021

KIA Sonet Dynamic & Smart 2021
Mesin 1.497 cc 4 silinder
Tenaga 115 ps/6.300 rpm
Torsi 144 Nm/4.500 rpm
Transmisi FWD/Otomatis CVT & Manual 6 Percepatan
Dimensi PxLxT 4.120x 1.790 x 1.617 mm
Wheelbase 2.500 mm
Ukuran ban 215/60 R16
Harga Rp 265 juta (Dynamic) & Rp 251,5 juta / Rp 238,5 juta (Smart AT/MT)

>>> Jual beli mobil Kia bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Jawa Barat

Tonton video review KIA Sonet selengkapnya di YouTube Cintamobil.com

Bisa disimpulkan dengan banyaknya varian pada KIA Sonet, customer jadi memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget dan fitur yang dibutuhkan. Dengan enam pilihan, Anda jadi lebih leluasa memilih mobil apa yang akan menjadi keunggulan dari mobil yang dimiliki. Namun, dengan harga terjangkau dan fitur-fitur yang tersedia, memang kedua mobil ini bahkan di semua lini produk KIA Sonet memiliki value for money yang sangat baik. Nah, mobil mana yang jadi favorit Anda?

>>> Baca Review Mobil Lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top