Cintamobil TV: Double Cabin Paling Gagah dan Nyaman, Ford Ranger 2.2 XLT 2021

07/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Hadir kembali ke Indonesia, Ford Ranger 2.2 XLT 2021 menjadi mobil untuk aktivitas outdoor yang menyenangkan.

Ford kembali ke Indonesia dengan amunisi utama Ford Ranger generasi T6 dan menjadi salah satu double cabin luar biasa yang harus Anda miliki, apalagi kalau Anda adalah penggemar fanatic Ford Ranger. Kali ini tim Cintamobil TV akan mereview double cabin paling gagah dan nyaman, Ford Ranger 2.2 XLT 2021, apa saja kelebihan dari mobil ini sehingga Anda harus upgrade ke mobil terbaru ini?

Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

Rasa-rasanya ungkapan jatuh cinta pada pandangan pertama mobil ini benar adanya. Saat melihatnya dari jauh, kesan maskulin dan super gagah sangat terasa daripada mobil lainnya. Namun, sebenarnya jika Anda familiar dengan desain Ford, mobil Ford Ranger 2.2 XLT 2021 ini memiliki desain yang serupa dengan Ford Everest saat pertama kali diluncurkan tahun 2015.

Tampak depan Ford Ranger 2.2 XLT 2021 abu abu

Mobil memiliki desain yang maskulin

Ford Ranger T6 menggunakan satu basis yang sama dengan Ford F150 yang tracknya dipendekkan sehingga mobil memiliki lebar yang lebih ramping dengan kaki-kaki yang serupa. Untuk bagian kaki-kaki menggunakan double wishbone di bagian depan yang siap melibas berbagai medan off road dengan penggerak 4x4.

Setiap membeli terbaru ini, Anda langsung mendapatkan rollbar di bagian belakang. Bukaannya pun masih mudah dan Anda bisa duduk di bak belakang sambil memanfaatkan berbagai lubang untuk meletakkan makanan atau minuman sambil beraktivitas outdoor.

>>> Ingin Mesin Diesel Awet? Jangan Abaikan Water Sedimenter

Mesin Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Mobil terbaru ini memiliki mesin yang sama dengan Ford Everest generasi terbaru sehingga menggunakan teknologi yang canggih dengan menggunakan bahan bakar diesel berkualitas. Untuk bukaan kap mesin, tersedia bukaan hidrolis yang memudahkan Anda mengangkat tanpa harus repot mengganjal kap.

mesin Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Mesin sama dengan Ford Everest

Ford Ranger 2.2 XLT 2021 mengadopsi mesin Duratorq 'Puma' dengan kode ZSD-422. Mesinnya berkapasitas 2200 cc dibantu Turbo dengan dapur pacu 157,7 HP dengan torsi 385 Nm di putaran mesin 1.600 rpm. Sehingga kelebihan mobil ini, bukan hanya bertenaga dan efisien lebih lama, mobil ini juga dilengkapi dengan electronic power steering dan lingkar kemudi yang lebih ringan untuk digunakan.

>>> Kabar Terbaru Tentang Toyota Avanza TNGA, Mundur Tahun Depan

Interior Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi sehingga Anda mungkin harus menginjak footstepnya untuk masuk ke bagian interior. Untuk interior, Ford masih mempertahankan ciri khas mobil Amerika dengan maskulinitasnya. Bahannya tahan lama dan mudah dibersihkan karena material plastic. Untuk fiturnya sudah menggunakan keyless entry sehingga masuk ke kabin semakin mudah dan Engine Start Stop untuk menyalakan atau mematikan mesin.

Mobil terbaru dilengkapi dengan head unit berukuran 4,5” yang bisa langsung dikoneksikan dengan smartphone melalui USB yang tersedia sehingga memberikan kenyamanan saat Anda melakukan perjalanan offroad dengan entertainment terbaik.

Head Unit Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Mobil ini dilengkapi dengan head unit 4,5"

Untuk posisi mengemudinya, mobil ini tergolong cukup rendah untuk sebuah SUV atau double cabin. Jok mudah diatur baik maju-mundur dengan pengaturan tuas dan reclining. Anda juga bisa mengatur posisi lingkar kemudi meskipun tidak ada pengaturan telescopic namun tetap nyaman saat dikendarai.

Sebagai sebuah double cabin mobil ini juga sudah dilengkapi dengan pendingin udara climate control. Namun, satu kritik pengaturan pendingin udara sebaiknya menggunakan knop daripada tombol yang sedikit menyulitkan saat di posisi mengemudi.

Fitur Keselamatan 

lubang belakang Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Adanya lubang di bagian belakang untuk aktivitas outdoor

Untuk fitur keselamatannya sudah dipenuhi dengan keselamatan luar biasa. Tentunya ada airbag, traction control atau electronic stability control yang akan membantu kontraksi jika kemiringan suspensi tidak tepat sehingga posisinya tetap dalam kondisi aman. Biasanya fitur ini bisa ditemukan di mobil mewah, tetapi saat Anda membeli mobil ini Anda akan mendapatkan fitur seperti ini sehingga menjadi value for money yang sangat baik.
Ada juga fitur Hill Descent Control yang siap untuk mengajak Anda offroad berat, tombol di sebelah lingkar kemudi bagian kanan untuk menyalakan lampu di bagian toolbar sehingga menerangi Anda saat loading atau unloading barang di bak dalam kondisi gelap.

>>> Jual beli mobil Ford Ranger bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Baris Kedua Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Baris kedua Ford Ranger 2.2 XLT 2021

Baris kedua tidak nyaman untuk perjalanan jauh

Memang saat Anda masuk kebagian belakang atau baris kedua, tentu saja Anda tidak bisa mengharapkan ruang lega atau posisis duduk yang nyaman karena Anda tidak bisa mengatur reclining jok di bagian belakang. Posisi duduknya pun cukup tegak dan kurang menyenangkan jika digunakan untuk perjalanan jauh.

Namun, untuk dalam kota, mobil ini sudah cukup baik, ditambah dengan adanya hand rest, cup holder, dan 12 volt untuk charger gadget Anda. Hal baik lainnya adalah posisi duduk di belakang agak tinggi sehingga akomodasi kaki da paha bisa ditopang dengan baik.

>>> Toyota Raize Diburu Orang Indonesia, dalam 7 Hari Sudah Dapat Ribuan SPK

Spesifikasi Ford Ranger 2021

Berikut ini adalah spesifikasi mobil ini:

Mesin Ford Ranger 2.2 XLT 2021
Seri mesin

 Duratorq 'Puma' ZSD-422, 4-Silinder, DOHC, TDCi

Pasokan Bahan Bakar

 Common Rail Direct Injection

Rasio Kompresi

 N/A
Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 160 PS @ 3.200 rpm

Torsi Maksimum

 385 NM @ 1.600 - 2.600 rpm

Kapasitas Silinder

 2,198 cc

Bore X Stroke

 86,0 mm X 94,6 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis, 6-Percerpatan, Penggerak Empat Roda (4WD)

Rangka Ford Ranger 2.2 XLT 2021
Panjang X Lebar X Tinggi

 5.426 mm X 1.860 mm X 1.848 mm

Jarak Sumbu Roda

 3.220 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

 237 mm

Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang
Dimensi Bak Angkut

 1.549 mm X 1.560 mm X 511 mm

Radius Putar

 N/A
Kapasitas Tangki

 80 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Ford Ranger 2.2 XLT 2021
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Double Wishbone with Coil Spring

 Belakang: Leaf Spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, with EPAS (Electronic Power Steering)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD

Teknologi Safety Sasis

 By Ford®

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Pick Up Segment

Velg

 Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

 Dunlop AT 22 Grandtrek, 265/65R17

>>> Mercedes Benz S600 Bekas Sultan Qatar Bakal Dilelang, Apa Istimewanya?

Lantas berapa harga Ford Ranger 2.2 XLT 2021? Untuk Anda yang penasaran, mobil terbaru ini dijual dengan harga Rp 585.000.000 on the road DKI Jakarta. Jika Anda memang sangat berminat, Anda bisa langsung mendatangi dealer Ford RMA Indonesia karena mobil ini banyak diincar. Harganya memang terbilang mahal dibandingkan rival-rivalnya. Namun, Ford Ranger 2.2 XLT 2021 ini sangat layak Anda miliki dengan fitur canggih di dalamnya. 

>>> Baca artikel lainnya tentang review mobil di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top