Cintamobil TV: Coupe Mungil Paling Powerful, Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021

10/04/2021

Mobil baru

3 menit

Cintamobil TV: Coupe Mungil Paling Powerful, Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021
Memiliki mesin dengan julukan The Most Powerful 4-Cylinder Engine, sebuas apakah tenaga Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe?

Mercedes-Benz baru saja meluncurkan mobil sport terbaru bernama Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021 dan diklaim bakal jadi mobil sport terkencang di segmen kendaraan premium. Mobil ini menjadi varian CLA termahal dengan performa tinggi dan juga paling sporty dengan harga Rp 1,456 M (off the road).

Namun, jika Anda ingin memiliki Mercedes-AMG CLA 45s dengan warna Designo Mountain Gray Magno (Matte Finish) ada penambahan harga Rp 85 juta. Tim Cintamobil TV memberikan review dan mencari tahu apa hal menarik yang ditawarkan dari mobil ini. Simak selengkapnya!

>>> Lanjutkan Kolaborasi dengan Subaru, Toyota Perkenalkan GR86 2022

Eksterior Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021

Kesan sporty dan mewah saat melihat eksterior Mercedes-AMG versi CLA 45s terbaru ini. karena mobil ini merupakan Mercedes AMG yang terdapat signaturenya, seperti di bagian kap mobil ada Power Dome dan Panamericana Grille. Jika CLA standar memiliki aksen horizontal, maka signature AMG memiliki akses vertikal. Ciri khas pada versi terbaru ini adalah pada bagian bumper bawah yang memiliki tampilan atraktif dan terdapat bolongan untuk sistem pendinginan di mesin.

Ban Mercedes-AMG CLA 45s

Ban menggunakan Micheline Pilot Sport 4

Untuk bagian samping, karena mobil ini memiliki tenaga dan torsi yang besar, mobil ini membutuhkan performa pengereman yang sangat baik. Mercedes-AMG CLA ini menggunakan caliper rem dan disc brake yang sangat besar, bahkan sangat tipis dengan velg ukuran 18 inchi. Velg mobil juga didesain terbaru seperti di Mercedes AMG GLE 53 seperti yang sebelumnya sudah kami review. Penggunaan velg ini diklaim lebih ringan dan aerodinamis.

Sementara bagian bannya menggunakan Michelin Pilot Sport 4 ukuran 245/40 ZR 18. Jadi, bisa dibilang mirip dengan spek yang digunakan di ajang balapan Formula E. Antara ban depan dengan belakang memiliki kelebaran dan ketebalan yang sama karena mobil ini 4Matic Plus. Hal lain yang berbeda dengan CLA varian standard adalah bannya yang lebih keluar. Track wheelnya lebih lebar yang berfungsi untuk meningkatkan handlingnya saat mobil ini bermanuver.

Dari area belakang, jika dibandingkan dengan varian standard, mobil CLA versi terbaru ini lebih agresif. Ada total empat knalpot, masing-masing dua di bagian kanan dan kiri. Namun, sebenarnya seperti housing karena aslinya ada di bagian dalam. Menariknya lagi, ada bagian diffuser serta emblem CLA 45s.

>>> First Drive Honda CR-V Turbo Prestige 2021: Makin Aman Dan Tetap Sigap

Fitur Mercedes-AMG CLA 4Matic+ Coupe 2021

tampilan kabin Mercedes-AMG CLA 45s

Tampilan kabin Mercedes-AMG CLA 45s

Berhubung mobil ini adalah tipe coupe, jadi jendela berbentuk frameless dan tersedia Panoramic Sunroof. Begitu masuk ke dalam interior mobil ini, desain dashboardnya mirip dengan CLA sebelumnya. Beberapa part yang berbeda seperti setir dari AMG yang canggih, seperti memungkinkan Anda mengganti mode berkendara melalui setir. Tak hanya flat bottom, bagian samping setir memiliki tampilan agak gepeng, sehingga saat Anda melakukan manuver, setir tidak akan mentok ke area kaki ataupun paha.

track race Mercedes-AMG CLA 45s

Track race untuk mengetahui kinerja mesin

Hal berbeda lainnya ada pada head unit dan panel instrumennya yang khas AMG. Tampilan ataupun display-nya sangat sporty. Sudah tersedia Track Race yang biasa digunakan ketika di track circuit untuk mengetahui lap time, hitungan waktu, dan seperti apa kinerja mesin yang bisa Anda pantau melalui mobil ini. Anda juga bisa melihat penyaluran tenaga ke depan dan kebelakang. 

Fitur 4Matic Plus di mobil ini juga tergolong canggih, karena berbasis penggerak roda depan tapi dibuat All Wheel Drive dan tenaganya bisa disalurkan ke belakang mencapai 50%. Fitur display ini juga memungkinkan Anda melihat torsi ketika Anda gas dan berapa tenaga yang dikeluarkan.

Interior Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021

Jok Mercedes-AMG CLA 45s

Stitching kuning hanya ada di Mercedes-AMG CLA 45s

Untuk bagian interior, materialnya tentu saja sudah pasti berbeda dengan varian standard. Materialnya dari suede atau Alcantara. Pada bagian jok, saat Anda duduk ada perasaan nyaman karena tidak menjepit punggung. Joknya pun terbuat dari bahan suede di bagian bawah dan kulit artico dengan aksen stitching berwarna kuning yang membuat mobil ini semakin keren dan sporty. Sekadar info, stitching warna kuning ini hanya ada di interior varian CLA 45s.

Jok dari Mercedes-AMG CLA 45s ini masih full manual. Mungkin bagi beberapa pengemudi, fitur berkurang ini akan membuat kecewa. Namun, saat Anda membeli mobil performa tinggi sudah pasti ada beberapa yang dikurangkan, terutama untuk bobotnya. Dengan mekanisme manual ini, mobil akan berkurang bobotnya sehingga jadi lebih ringan.

Baris kedua Mercedes-AMG CLA 45s

Posisi masuk yang tricky karena coupe memiliki atap rendah

Bagian tengah interiornya terdapat compartment standard yang tak begitu menarik, kecuali banyak tombol di area bawah. Nah, saat Anda duduk di baris kedua, memang agak tricky karena atapnya tergolong rendah. Namun, bisa dibilang tipe ini tergolong lega saat Anda duduk di baris kedua. bagian headrest yang fix tidak bisa Anda atur lagi.  

Sementara untuk speaker, mobil ini dilengkapi dengan speaker standard Mercedes-Benz. Tidak begitu masalah, karena Anda mending mendengarkan suara raungan mobil yang merdu dibandingkan mendengar lagu.

>>> Coating Body Mobil: Cara Melindungi Kendaraan saat Musim Hujan

Mesin Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021

Mesin Mercedes-AMG ClA 45s 4Matic+ Coupe

Mobil ini mendapatkan julukan The Most Powerful 4-Cylinder Engine

Hal menarik lainnya dari mobil ini adalah bagian mesinnya. CLA 45s ini mendapat julukan mesin The Most Powerful 4-Cylinder Engine alias mesin 4-silinder yang sangat bertenaga di dunia. Mobil ini memiliki mesin 2.000 cc yang menghasilkan tenaga mencapai 421 HP dan torsi 500 Nm. Mobil 4Matic Plus ini menggunakan 8 percepatan otomatis dual-clutch, sehingga perpindahannya sangat cepat. Transmisinya diklaim lebih sigap dibandingkan generasi sebelumnya. Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe berkonsep one man one engine sehingga ada signaturenya.

signature mesin Mercedes-AMG CLA 45s

One man one engine pada mesin Mercedes AMG CLA 45s

Soal akselerasi, menurut klaim mobil ini dengan mesin 421 Hp dan torsi 500 Nm bisa 0-100 km/jam dalam empat detik saja. Bahkan media luar yang sudah mengetes mobil ini, menyebutkan bisa mencapai 3,7 detik dari 0-100 km/jam. Tak heran, dengan mobil yang compact dan ringan lalu dipasangkan mesin yang sangat buas, maka wajar jika akselerasinya bisa secepat itu.

Spesifikasi Mercedes AMG-CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021 

Spesifikasi Mercedes-AMG CLA 45s 4Matic+ Coupe 2021
Mesin 1.911 cc 4 silinder turbo
Tenaga 421 hp/6.750 rpm
Torsi 500 Nm/5.000 rpm
Transmisi AWD/Otomatis 8-percepatan
Dimensi PxLxT 4.693x1.857x1.413mm
Wheelbase 2.729 mm
Ukuran ban 245/40 R18
Harga Rp 1,465 miliar (off the road)

>>> Daftar harga mobil Mercedes-Benz & Promosi Januari 2021

Jadi bisa disimpulkan mobil ini memiliki nilai value for money yang sangat baik untuk segmen mobil performa. Karena dengan harga Rp 1,4 miliar Anda mendapatkan mobil yang performanya luar biasa. Bisa kita bayangkan seberapa ganasnya mobil ini karena tenaga dan torsi sangat besar, sangat sporty luar dalam, dan fitur-fiturnya yang sangat canggih khas sebuah Mercedes-Benz.  

>>> Baca Review Mobil Lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top