Cintamobil TV: Benarkah Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe Cocok untuk Harian?

30/04/2021

Mobil baru

3 menit

 Cintamobil TV: Benarkah Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe Cocok untuk Harian?
Mobil yagn hadir sebagai salah satu mobil harian yang nyaman untuk digunakan sehari-hari ini ditunjang berkat fleksibilitas dan keunggulan fitur-fiturnya.

Bursa otomotif Tanah Air kerap diramaikan oleh berbagai varian mobil sport nan mewah dengan beragam fitur canggih. Salah satunya adalah Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA), selaku distributor resmi kendaraan Mercedes-Benz, meluncurkan dua kendaraan teranyarnya, yakni Mercedes-Benz GLE Coupé dan Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupé dalam ajang pameran Star Expo yang berlangsung di Ashta District 8 SCBD Desember 2020 lalu.

Mobil ini digadang-gadang sebagai salah satu kendaraan yang menyandang gelar “The Perfect Daily AMG”, alias mobil AMG yang asyik untuk digunakan sehari-hari, dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp 2,399 miliar. Seperti apa spesifikasi, desain, serta kekurangan dan kelebihan mobil ini? Tim Cintamobil.com sudah merangkumnya dalam informasi berikut.

Eksterior Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe

Mobil Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe memiliki dimensi panjang 4.961 mm, lebar 2.157 mm, tinggi 1.716  mm dengan jarak sumbu roda 2.995 mm. Pada dasarnya, eksterior  mobil ini mengusun desain yang sangar dan sporty dengan trim bodi AMG Line. GLE 53 hadir dengan aerodinamika yang lebih disempurnakan dari pendahulunya, sehingga dapat mengurangi hambatan angin hingga 9 persen.  

Signature mobil AMG ini terlihat jelas dengan adanya powerdome pada kap mesin, yang menjadikannya lebih tangguh. Desain bumper depan mengesankan dan maskulin berkat gril Panamericana khas AMG dengan 15 strip krom vertikal. Headlamp-nya dilengkapi multibeam full LED yang jika dinyalakan akan berputar atau “menari”. Pada malam hari, lampu ini akan otomatis menyala untuk membantu memberikan penerangan yang lebih baik.

tampak luar mobil mercedes-amg gle 53 4matic

tampak luar mobil gle 53 4matic+ coupe

Beralih ke samping. Ada fender melengkung yang warnanya senada dengan mobil. Tampak velg light alloy desain baru dengan ukuran 20 inci berbalut ban 275/50 R20 lengkap dengan logo AMG. Tak ketinggalan, ada footstep elegan untuk memudahkan Anda saat masuk ke mobil. Sementara untuk bagian buritan, terdapat lampu belakang full LED dengan desain yang lebih menarik ran ramping.  Kemudian ada lips spoiler dan strip diffuser dua knalpot kembar yang dilapisi dengan aksen krom, untuk mempertegas kesan sporty pada Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe 2021

Interior Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe

Selain eksterior yang garang, bagian interior Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe juga tak kalah menarik. Mobil ini mengambil basis dari Mercedes-benz GLE sebagai SUV sejati, sehingga bahasa desainnya memang maskulin sekaligus elegan. Hal itu juga bisa dilihat dari sentuhan-sentuhan panel kayu dan silver satin di berbagai interior kabin.  Joknya berlapiskan material Nappa leather yang lembut dipadu dengan bahan Dinamica microfiber yang menghadirkan aura balap. Terdapat pula logo mobil AMG yang khas pada sandaran kursinya. Logo AMG juga ditemukan pada lingkar kemudi mobil ini yang hadir dengan tampilan gagah dan futuristis dan enak digenggamnya. Di sekitarnya terdapat knop putar dan tombol fungsional untuk mengatur mode berkendara dan audio serta konektivitas.

bagian interior mobil yang mewah

interior mobil mercedes amg-gle terlihat mewah 

Posisi mengemudi di mobil ini sangat mudah diatur, semuanya bisa dioperasikan secara elektris, fleksibel dan bisa menyesuaikan postur tubuh serta visibilitas yang Anda inginkan. Selain itu pada dashboard-nya yang memiliki bahan berkualitas tinggi, terpampang head unit instrument cluster dengan tampilan baru yang lebih macho. 

Beralih  ke belakang. Kursi di baris kedua dan ketiga sudah cukup mumpuni, dalam artian tidak sempit sama sekali alias lega. Kaki dapat tertopang dengan baik, ruang kaki dan ruang kepala memadai, dan sandaran kursi juga tidak terlalu tegak.  Untuk bagasi, kapasitasnya bisa dibilang lumayan dan cukup memadai untuk membawa barang-barang Anda. Anda bisa membuka bagasi ini secara elektris dengan melakukan sapuan di sisi bawah mobil.  Mengingat mobil ini menggunakan suspensi udara, Anda bisa menurunkan posisi suspensi bagasi menjadi lebih rendah jika ingin menaruh barang-barang berat.

Fitur-fitur Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe

Jika berbicara soal fitur, GLE 53 4MATIC+ sudah tidak diragukan lagi keunggulannya. Entah fitur hiburan, fitur kenyamanan maupun keselamatan, semuanya sudah dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pengendara. GLE 53 tentunya dilengkapi dengan Keyless Entry guna memudahkan akses masuk, serta Engine Start Stop Button, agar menyalakan dan mematikan mesin menjadi praktis. Fitur hiburan utama di mobil ini, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, terdapat head unit layar sentuh  ukuran 12, 3 inci yang menyatu dengan instrument cluster ukuran 7 inci. Pada head unit, tersemat sistem multimedia Mercedes-Benz User Experience (MBUX) yang informatif dan dapat dipersonalisasi, serta mendukung konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu, instrument cluster-nya menghadirkan tampilan baru “super sport” yang lebih berkarakter.

tampak samping mobil mercedes amg-gle

tampilan mobil mercedes yang lebih berkarakter

Nuansa premium dalam kabin didukung oleh ambient light dengan 64 pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan suasana hati Anda. Selain itu, untuk fitur kenyamanan, terdapat Panoramic Sunroof ukuran besar tanpa partisi, sehingga bisa dibuka secara menyeluruh. Fitur Panoramic Sunroof menjadikan mobil ini tampak sangat eksklusif. Kualitas suara pada GLE 53 pun sangat luar biasa berkat sound system burmester dengan 13 buah speaker. Fitur menarik lainnya adalah head up display pada jendela depan mobil, yang memudahkan pengendara serta informatif. Tampilannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan. 

Menginginkan air dingin atau air hangat saat sedang berkendara kini bukanlah kemustahilan lagi, karena ada fitur penghangat dan pendingin di cup holder bagian depan. Ada pula fitur 4 Zone Climate Control di bagian belakang, dengan ventilasi AC tak hanya di bagian tengah tetapi juga atas untuk mengalirkan suhu yang merata ke seluruh kabin. Di baris kedua, tepatnya di balik sandaran kursi pengemudi, terdapat plastik tutup yang multifungsi. Sementara itu, untuk bagian luar, ada fitur third brake lamp dan kamera 360 derajat di balik logo AMG. Peletakan kedua komponen tersebut sangat unik, tersembunyi, tetapi jelas fungsional. 

tampak mobil mercedes amg-gle

desain yang mewah dan berkarakter membuat mobil ini digilai banyak penggemarnya

Selain fitur hiburan dan kenyamanan, Mercedes-AMG GLE juga memiliki beberapa fitur keselamatan standar tinggi. Salah satunya adalah Forward Collision Mitigation untuk membantu pengendara mengerem ketika di depan ada kendaraan namun belum sempat mengurangi kecepatan. Selain itu ada pula fitur pengereman otomatis lain seperti Rear Cross Traffic Alert untuk membantu Anda mundur, yang memberi sinyal apabila di belakang ada kendaraan lain. Tak kalah penting, ada fitur Active Lane Keeping Assist untuk membantu kendaraan berada di jalur yang tepat. Fitur-fitur keselamatan lain yang tersedia tentunya 7 buah Airbags,  Hill Descent Control, Anti-lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution, Active Brake Assist, Active Parking Assist, Electric Parking Brake, dengan Parktonic, Kamera 360 derajat, Blind Spot Assist, Tyre Monitoring System, Stability Control dan banyak lainnya.

>>> Rahasia Dibalik Kenyamanan Mobil Mercedes-Benz

Performa Mesin Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe

Kelebihan lain Mercedes-AMG GLE terletak pada performa mesinnya mengingat mobil ini murni AMG, bukan sekadar disematkan aksesoris AMG belaka. Mesin yang digunakan adalah mesin AMG berkapasitas 3.000 cc 6 silinder segaris dengan bantuan turbocharger ganda. Tenaga yang dihasilkan mesin berkualitas ini mencapai 435 Hp pada putaran 6.100 Rpm dengan torsi 520 Nm pada putaran 1.800-5.800 Rpm. Menariknya lagi, tenaga sebesar itu disalurkan melalui transmisi 9 percepatan otomatis (9G-TRONIC automatic transmission dengan paddle shift. Ini menandakan bahwa GLE 53 tidak hanya memiliki performa mesin yang luar biasa, tetapi juga efisiensi yang lumayan baik meski bertenaga besar.  

performa mobil mercedes yang super mumpuni

mobil ini memiliki performa mesin yang luar biasa 

Akselerasinya juga tidak main-main, yakni 5,5 detik berdasarkan uji akselerasi yang dilakukan oleh tim Cintamobil.com dari 0 hingga 100 km/jam. Hanya berbeda 0.2 detik dari klaimnya. Selain itu, suara knalpotnya juga sangat menghibur. Untuk menambah kenyamanan pengendara, mobil ini memiliki beberapa mode berkendara baik di medan yang halus maupun offroad karena dibekali penggerak all wheel drive (4MATIC+), yakni comfort, individual, sport, sport class, snow, slippery, trail, sand yang bisa diaktifkan melalui knop putar di panel tengah.  Berubahnya mode berkendara, tentu suspensi udara juga dapat menyesuaikan kebutuhan dengan teknologi AMG Ride Control+. Tak hanya itu, ada pula beberapa fitur berkendara yang dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan, menjadikannya sangat praktis sekaligus mewah.

Meski berbadan bongsor, GLE 53 tidak bisa dibilang sebagai mobil SUV paling boros di kelasnya. Di dalam kota, mobil ini dapat menempuh 8,1 km/liter dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam. Cukup irit untuk sebuah mobil dengan tenaga raksasa. Sementara di tol, dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, mobil ini menuntaskan 14,2 km/liter. 

tampilan bagian depan mobil mercedes GLE 53

desainnya yang mewah dan berkarakter membuat mobil ini tampak sangat premium

Kekurangan Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe

Meski begitu banyak kelebihan yang ditawarkan, mobil ini juga punya kekurangan. Salah satu kekurangan yang cukup fatal dari mobil sekelas Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupe adalah tidak adanya fitur Adaptive Cruise Control yang bisa sangat berguna untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan dan menjaga jarak aman. Dengan harga 2 miliar lebih, juga sangat disayangkan mobil ini tidak memiliki fitur Wireless Charging untuk memberi kemudahan bagi para penumpang. Selain itu, volume bagian atas bagasi sangat terbatas.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan GLE 53 4MATIC+.  Mobil ini sangat layak untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya karena fitur-fitur yang ditawarkan, tetapi juga karena fleksibilitasnya, terutama di kawasan perkotaan dengan contour yang buruk. Ground clearance-nya lebih tinggi dari sedan, serta dilengkapi air suspension dan mesin bertenaga yang menjadikannya nyaman dikemudikan. 

>>> Mercedes-AMG dan Alpine Luncurkan Mobil F1 2021 di Hari Yang Sama

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top